Hallel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hallel (bahasa Ibrani: הלל, "Pujian") adalah doa dalam agama Yahudi, yang merupakan pembacaan lengkap Mazmur 113118 dari Alkitab Ibrani (atau Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen), sebagai Pujian Syukur pada hari-hari raya Yahudi. Mazmur 145-150, juga disebut "Hallel," khususnya dalam ibadah pagi. Mazmur 136 disebut sebagai "Hallel Agung".

Holy days[sunting | sunting sumber]

Hallel yang terdiri dari 6 mazmur (113–118) sebagai satu unit, dibaca dalam suasana gembira,[1] dengan suara lantang sebagai bagian dari ibadah pagi Shacharit setelah doa utama Shemoneh Esreh (="Delapan belas"). Juga dibaca saat doa petang di malam pertama Paskah Yahudi, kecuali orang Yahudi Lithuania dan Jerman. Dibaca oleh semua yang hadir setelah doa sehabis makan Birkat Hamazon dalam ibadah Seder dalam rangka Paskah Yahudi. Mazmur 113 dan 114 dinyanyikan sebelum makan, kemudian 4 mazmur berikutnya setelah makan.[2]

Mazmur 136 yang disebut "Hallel Agung" dalam liturgi Yahudi dibaca saat makan dalam Paskah Yahudi setelah "Hallel kecil". Refrainnya menyatakan bahwa kasih setia Tuhan untuk selama-lamanya. Sejumlah referensi mencatat bahwa Mazmur ini dipakai bersahutan dalam ibadah di Bait Allah.[3]

Pembacaan Hallel terutama dalam Paskah Yahudi, Shavuot, dan Sukkot, (tiga hari raya besar yang disebut dalam Taurat) serta Hanukkah, juga pada permulaan bulan baru Rosh Chodesh. Banyak komunitas Yahudi membaca Hallel pada hari kemerdekaan Israel Yom Ha'atzma'ut. Juga dibacakan pada hari peringatan penyatuan Yerusalem tahun 1967 Yom Yerushalayim.

Dalam perayaan Rosh Hashanah dan Yom Kippur, Hallel tidak dibacakan sama sekali, karena Talmud (Arachin 10b) menyatakan: "Apakah pantas untuk Raja saat duduk di tahta penghakiman, dengan kitab "Kehidupan dan Kematian" di hadapanNya dan untuk orang-orang untuk menyanyikan pujian bagiNya?"[4]

Paskah Yahudi, sebagaimana Sukkot, mempunyai struktur "hari raya utama" pembuka, diikuti oleh "hari-hari raya seminggu " (Chol ha-Moed), dan diakhiri dengan "hari raya utama" penutup. Karena Paskah merupakan "sebagian" dari penebusan orang Yahudi serta kehancuran orang Mesir, dan kurban yang sama dipersembahkan tiap-tiap hari selama hari raya Paskah ini di Bait Allah, maka hanya sebagian Hallel (Hallel Parsial) dibacakan selama 6 hari perayaan Paskah ini. Hallel Lengkap dibacakan seutuhnya pada hari raya Sukkot.

Hallel Parsial dibaca pada ibadah bulan baru Rosh Chodesh, karena hari raya ini mulai ditetapkan di kemudian hari.

Hallel tidak dibaca saat hari raya Purim, meskipun berhubungan dengan keselamatan yang ajaib, karena sejumlah alasan:

  • Mujizat tidak terjadi di tanah Israel. Hallel hanya dibaca pada hari-hari raya kecil berdasarkan peristiwa yang terjadi di Israel saja.
  • Setelah mujizat Purim, orang Yahudi tetap di bawah kekuasaan Kerajaan Persia. Sebaliknya, Hanukkah, memperingati kemenangan Yudas Makabe yang menghasilkan kemerdekaan dari kekuasaan raja Seleukid.
  • Pembacaan Kitab Ester merupakan pengganti Hallel.

Hallel Lengkap[sunting | sunting sumber]

Hallel Lengkap (Hallel Shalem הלל שלם) dibacakan tiap hari selama 7 hari perayaan Sukkot, pada perayaan Shmini Atzeret dan Simchat Torah, pada perayaan Shavuot, pada 2 hari pertama Paskah Yahudi (hanya hari pertama di Israel), dan selama 8 hari perayaan Hanukkah.

Hallel Lengkap terdiri dari Mazmur 113, Mazmur 114, Mazmur 115:1–11,12–18, Mazmur 116:1–11,12–19, Mazmur 117 dan Mazmur 118.

Doa berkat dibacakan di permulaan dan akhir Hallel Lengkap.

Hallel Parsial[sunting | sunting sumber]

Hallel Parsial (Chatzi Hallel חצי הלל Hallel Setengah) ("chatzi berarti "setengah atau separoh" dalam bahasa Ibrani) tidak menyertakan ayat 1–11 dari Mazmur 115 maupun seluruh Mazmur 116. Dibacakan pada 6 hari terakhir perayaan Paskah Yahudi dan pada ibadah bulan baru Rosh Chodesh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hallel - "Praise of G-d" - OU.ORG
  2. ^ Ryrie Study Bible page 936
  3. ^ Ryrie Study Bible-page 955
  4. ^ Talmud, Arachin, 10b

Lihat pula[sunting | sunting sumber]