Mazmur 53

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mazmur 53 (Penomoran Septuaginta: Mazmur 52) adalah sebuah mazmur dalam bagian ke-2 Kitab Mazmur di Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Mazmur ini digubah oleh Daud.[1][2]

Teks[sunting | sunting sumber]

Tradisi Yahudi[sunting | sunting sumber]

Jika Mazmur 14 dianggap sebagai nubuat hancurnya Bait Allah yang pertama (yang dibangun raja Salomo), maka mazmur ini dianggap menubuatkan hancurnya Bait Allah kedua, yang diselesaikan beberapa tahun sebelum kelahiran Yesus oleh raja Herodes.[3]

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

Bagian awal Mazmur ini (yang sama dengan Mazmur 14) dikutip oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma dalam bentuk yang agak berbeda, kecuali ayat 4 yang tepat sama, untuk mengingatkan bahwa semua manusia sudah berdosa dan tidak sanggup menyelamatkan dirinya dari hukuman (Roma 3:10–12).

Penomoran ayat[sunting | sunting sumber]

Dalam Alkitab Indonesia, mazmur ini terdiri dari 7 ayat, di mana ayat 1 adalah pengantar "Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud." (versi Terjemahan Baru dari Lembaga Alkitab Indonesia). Dalam Alkitab Inggris, kalimat pengantar ini tidak diberi nomor ayat, sehingga seluruhnya hanya ada 6 ayat, di mana ayat 1 bahasa Inggris sama dengan ayat 2 bahasa Indonesia dan seterusnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Marie C. Barth, BA Pareira, Kitab Mazmur 1-72, pembimbing dan tafsiran. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 1998.
  2. ^ (Indonesia) WS Lasor, Pengantar Perjanjian Lama 2, sastra dan nubuatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 1994.
  3. ^ The Artscroll Tehillim, halaman 110.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]