Gash Bell!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gash Bell!
Gash.jpg
Tokoh protagoni Gash Bell, Gash (kanan) dan Kiyo (kiri)
Genre aksi, petualangan, komedi, fantasi, Shōnen
Manga
Pengarang  Makoto Raiku
Penerbit  Japan Shogakukan
Canada United States Brazil VIZ Media
France Kana
Spain Norma Editorial
Germany Egmont
Singapore Chuang Yi (Chinese and English)
Thailand SIC
Anime
Sutradara  Tetsuji Nakamura
Studio Toei Animation
Film
  1. Konjiki no Gash Bell!!: 101 Banme no Mamono
  2. Konjiki no Gash Bell!!: Attack of the Mechavulcan
Portal Anime dan Manga

Gash Bell!, dikenal di Jepang sebagai Konjiki no Gash!! (manga) dan Konjiki no Gash Bell!! (anime) (金色のガッシュベル!! Konjiki no Gasshu Beru!!), adalah sebuah serial manga shōnen karya Makoto Raiku yang bercerita tentang perebutan kursi Raja Dunia Iblis.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setiap 1000 tahun sekali, seratus "iblis" (dikenal pula sebagai "mamono" atau "mamodo" dalam versi orisinalnya) turun ke Bumi untuk bertempur, memenangkannya, dan menjadi raja di dunia iblis. Setiap iblis membutuhkan seorang manusia yang kemudian dijadikan partner untuk menggunakan spell book milik iblis tersebut. Jika buku itu terbakar, iblis yang memilikinya harus kembali ke dunia iblis dan kehilangan kesempatan untuk menjadi raja. spell book itu berisi mantra-mantra yang hanya dapat dibaca oleh manusia yang menjadi partner sang iblis dan dapat digunakan untuk mengalahkan iblis (dan partnernya) yang lain. Iblis yang berhasil mempertahankan bukunya akan dinobatkan sebagai raja baru di dunia iblis.

Karakter utama cerita ini, Kiyomaro Takamine, adalah seorang anak SMP berusia 14 tahun. Ayahnya, Seitaro Takamine, secara tak sengaja menemukan seorang iblis bernama Gash Bell yang pingsan di sebuah hutan di Inggris. Ayahnya kemudian mengirim iblis tersebut kepada Kiyo. Tidak seperti iblis lainnya, Gash kehilangan ingatannya tentang dunia iblis. Kiyo dan Gash kini terjebak dalam pertarungan antariblis.

Tokoh-tokoh Gash Bell![sunting | sunting sumber]

Kiyomaro Takamine dan Gash Bell
Kiyomaro Takamine, pemegang buku merah Gash adalah anak SMP yang sangat jenius, jadi dia dipandang aneh oleh teman-temannya. Akhirnya Kiyomaro ini tidak punya teman dan mulai memandang rendah teman-teman yang lebih bodoh daripadanya. Ia berubah setelah bertemu Gash yang mengajarkannya indahnya berteman. Gash telah kehilangan ingatan ketika dia berada di dunia iblis karena ingatanya direbut oleh Zeon kakak kembar Gash. Gash adalah anak kedua dari Raja Dunia Iblis yang diasingkan dari istana karena Gash mewarisi Jurus "Bo" dari ayahnya yang sulit dikontrol. Jurus "Bo" yang diberikan hanya pada Gash membuat Zeon iri dan berusaha untuk mengalahkan Gash.
Megumi Oumi dan Tio
Megumi Oumi adalah seorang top idol yang memegang buku Tio. Megumi ini sepertinya menyukai Kiyomaro. Meskipun jurus shield Megumi dan Tio sangat kuat, tetapi jurus serangan mereka sangatlah lemah sehingga mereka sebisanya menghindari bertarung. Setelah diselamatkan Kiyomaro dan Gash, Megumi dan Tio selalu berlatih agar bisa terus membantu Kiyomaro dan Gash. Tio dijuluki Tio sang pencekik.
Sherry Belmond dan Brago
Sherry adalah wanita Perancis pemegang buku Brago. Sherry dan Brago adalah pasangan terkuat yang paling banyak menghabisi iblis saat ini. Di episode 77 anime, mereka mengalahkan 21 iblis sendirian. Tujuan utama Sherry adalah menghabisi Zophise, iblis yang mencuci otak sahabat baiknya, Koko. Tapi setelah melihat Brago membantunya mati-matian, Sherry pun bersumpah akan menjadikan Brago raja walaupun nyawa sebagai taruhannya.
Folgore dan Kyanchome
Folgore, seperti halnya Megumi adalah seorang idola, namun ia berasal dari Italia. Iblisnya, Kyanchome sangat pengecut seperti dirinya. Jurus Kyanchome rata-rata hanya untuk mengubah diri saja. Namun pada akhirnya Folgore dan Kyanchome mencoba berubah menjadi pemberani seperti halnya Kiyomaro dan Gash. Ketika melawan Clear Note (versi manga) Dufo membangkitkan kekuatan terpendam Kyanchome yaitu "Kekuatan untuk menipu hati lawannya". Kyanchome mampu untuk menciptakan ilusi yang tidak bisa dibedakan dengan kenyataan.
Kafka Sunbeam dan Umagon
Sunbeam adalah pemegang buku Umagon yang sebelumnya dirawat oleh Kiyomaro dan Gash. Awalnya Umagon menolak bertarung karena tidak mau menyakiti Gash, tapi akhirnya ia bertarung untuk melindungi Gash. Umagon yang merupakan kuda iblis ini berharap agar namanya diganti seperti nama dulunya, Sneider, namun karena ia cuma bisa bilang "merumerume" maka tidak ada seorangpun yang mengerti.
Lien dan Wonrey
Lien adalah gadis China pemegang buku Wonrey. Hubungan mereka sudah menjadi sepasang kekasih. Tetapi, ayah Lien, seorang bos mafia, tidak mengizinkan berhubungan dengan Wonrey karena Wonrey adalah iblis. Setelah Wonrey dibebaskan oleh Gash dan Kiyomaro, Wonrey bertarung bersama mereka. Mereka jago dalam hal bela diri. Wonrey bertujuan untuk menjadi "raja yang melindungi" dan Lien pun sangat ingin membantunya.
Dufo dan Zeon
Zeon, saudara kembar Gash dijuluki sang pangeran petir dengan sorot matanya yang tajam memiliki dendam pada Gash yang diwarisi jurus "Bo" oleh ayahnya. Dufo, partner Zeon sejak kecil diasingkan untuk bahan percobaan. Ia dijual oleh ibunya karena menginginkan uang. Dufo memiliki kemampuan "Menjawab pertanyaan" yang dimanfaatkan oleh orang jahat sebagai alat untuk menciptakan senjata.

Lagu tema anime[sunting | sunting sumber]

Jepang (Konjiki no Gash Bell!!)

Pembuka
  1. カサブタ / Kasabuta / "Scab" oleh Hidenori Chiwata (Episode: 1-50)
  2. 君にこの声が届きますように / Kimi ni Kono Koe ga Todokimasu yō ni / "So My Voice Is Able To Reach You" oleh Takayoshi Tanimoto (Episode: 51-100)
  3. 見えない翼 / Mienai Tsubasa / "Invisible Wings" oleh Takayoshi Tanimoto (Episode: 101-150)
Penutup
  1. "PERSONAL" oleh Aya Ueto (Episode: 1-30)
  2. "STARS ~you don't have to worry about tomorrow~" oleh KING (Episode: 31-58)
  3. つよがり / Tsuyogari / "A Bluff" oleh Eri Kitamura (Episode: 59-75)
  4. イデア / "Idea" oleh Tsukiko Amano (76-100)
  5. 今日より明日は / Kyou yori Ashita wa / "Tomorrow more so than Today" oleh Echiura (Episode: 101-125)
  6. ★遊FEVER 2005★ / "★Aso FEVER 2005★" oleh Tomoe Shinohara (Episodes: 126-149)
  7. カサブタ / Kasabuta / "Scab" by Hidenori Chiwata (Episode: 150)

Amerika Serikat (Zatch Bell!)

Pembuka
(1-52) "Zatch Bell! Theme" oleh VIZ Media
(53-) "Follow the Light" oleh VIZ Media
Penutup
(1-52, 71-74) "Zatch Bell! Theme (Instrumental)" oleh VIZ Media
(53-70, 75-) "Follow the Light (Instrumental)" oleh VIZ Media

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Dalam versi US, nama Gash menjadi Zatch. Banyak perubahan dalam nama seperti Kiyomaro menjadi Kiyo, Suzume menjadi Suzy.
  • Zophise (Zofis) dalam versi aslinya disebut merupakan perempuan seperti di fansub, namun di versi US disebut "he" (dia laki-laki)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]