Grand Prix Turki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Turkish Grand Prix)
Grand Prix Turki
Istanbul Park
Informasi lomba
Jumlah gelaran9
Pertama digelar2005
Terakhir digelar2021
Terbanyak menang (pembalap)Brasil Felipe Massa (3)
Terbanyak menang (konstruktor)Italia Ferrari (3)
Panjang sirkuit5.338 km (3.317 mi)
Jarak tempuh309.396 km (192.250 mi)
Lap58
Balapan terakhir (2021)
Pole position
Podium
Lap tercepat
Istanbul Park is in a rural area and is paved with tarmac. It has large concrete and gravel run-off areas, large grandstands and a substantial pit building and paddock.
Pemandangan udara Istanbul Park.

Grand Prix Turki (Turki: Türkiye Grand Prix) merupakan sebuah event balapan reguler dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu, yang dimulai sejak musim 2005 sampai dengan musim 2011, dan dari musim 2020 hingga musim 2021, dua yang terakhir disebabkan oleh pandemi COVID-19.[3] Grand Prix Turki di gelar di sirkuit Istanbul Park, yang dibangun oleh Hermann Tilke. Felipe Massa dan tim Ferrari masing-masing adalah pembalap dan konstruktor tersukses, masing-masing telah berhasil memenangkan balapan ini sebanyak tiga kali.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari tantangan besar yang terlibat, termasuk sepenuhnya bagian dari perjalanan dengan perahu, tim membawa peralatan mereka dari pabrik mereka di benua Eropa ke trek ini untuk setiap pertemuan, kecuali pada balapan musim 2020.

Sifat sirkuit ini menghasilkan akhir pekan perdana Grand Prix Turki 2005 yang menampilkan aksi on-track yang menarik, dengan banyak pembalap yang keluar jalur sepanjang akhir pekan karena terlalu memaksakan diri, terutama di Tikungan 8 di mana Juan Pablo Montoya melaju melebar dengan dua putaran tersisa setelah berbenturan dengan Tiago Monteiro dari tim Jordan. Hal ini memungkinkan Fernando Alonso untuk menempati posisi kedua di belakang Kimi Räikkönen, sebuah peristiwa yang memiliki pengaruh yang signifikan pada pertarungan mereka untuk Kejuaraan Dunia menuju puncaknya.

Setahun kemudian, Felipe Massa berhasil meraih posisi pole pertamanya, dan meraih kemenangan di Tuzla. Tim Ferrari berada di posisi 1–2 di tahap awal balapan, dengan Massa di depan Michael Schumacher. Putaran Vitantonio Liuzzi mengeluarkan mobil keselamatan dan tim Ferrari harus masuk ke dalam pit di putaran yang sama. Alonso mampu melewati Schumacher, dan urutan ini bertahan sampai dengan akhir balapan. Massa mengulanginya pada musim 2007 di depan rekan setim barunya, yaitu Räikkönen.

Pada tahun 2008, perlombaan ini diadakan pada bulan Mei. Massa dengan strategi dua kali pit stop berhasil memenangkan balapan ini di depan Lewis Hamilton dengan strategi tiga kali pit stop, meskipun Hamilton telah berhasil melewatinya selama balapan ini berlangsung.

Untuk tahun 2011, balapan ini diragukan karena Bernie Ecclestone ingin menggandakan biaya untuk menjadi tuan rumah balapan. Ecclestone kemudian menegaskan, bagaimanapun, bahwa balapan itu akan ditampilkan pada kalender musim 2011, yang akan berkembang menjadi dua puluh balapan dengan penambahan Grand Prix India (meskipun pembatalan Grand Prix Bahrain berarti bahwa hanya akan ada sembilan belas Grand Prix saja yang diadakan).[4]

Pada tanggal 30 Juli 2011, diumumkan secara resmi bahwa Grand Prix Turki tidak akan ada dalam kalender mulai dari musim 2012 karena kurangnya kesepakatan tentang biaya tahunan.[5] Penyelenggara balapan ini mengklaim bahwa biaya untuk menyelenggarakan balapan terlalu tinggi, sementara Ecclestone menyalahkan promosi yang buruk atas kurangnya profitabilitas balapan.[6] Pada tanggal 9 Januari 2013, pemerintah lebih memilih untuk tidak menyetujui kesepakatan Formula 1, yang akan menggelar balapan di Tuzla pada musim 2013.

Proyek tersebut, yang menelan biaya total Turki sekitar 20 juta dolar, perlu menerima 13 juta dolar dana negara. Namun, pemerintah tidak memberikan persetujuannya, dan proyek tersebut pun gagal.[7]

2005[sunting | sunting sumber]

Pemenang Grand Prix Turki perdana adalah Kimi Räikkönen (McLaren-Mercedes), Fernando Alonso (Renault F1) berada di urutan kedua, diikuti oleh Juan Pablo Montoya (McLaren-Mercedes).

Putaran balapan tercepat diraih oleh Juan Pablo Montoya, dengan catatan waktu 1'24.770, waktu yang belum terlampaui.

2006[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Turki 2006 berhasil dimenangkan oleh Felipe Massa (Ferrari), yang memimpin jalannya lomba ini dari awal hingga akhir, Fernando Alonso (Renault F1) menjadi juara kedua, dan juara dunia tujuh kali, yaitu Michael Schumacher, finis di urutan ketiga.

Putaran balapan tercepat diraih oleh Michael Schumacher, dengan catatan waktu 1'28.005.

Sebagai bagian dari upacara podium setelah balapan tahun 2006, piala pemenang dipersembahkan oleh Mehmet Ali Talat, yang diperkenalkan kepada pemirsa televisi melalui judul sebagai presiden Republik Turki Siprus Utara, sebuah negara yang hanya diakui oleh Turki. FIA mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden ini, sebagai kemungkinan pelanggaran netralitas politik organisasi. Identitas orang yang akan menyerahkan trofi pemenang dibiarkan sampai menit terakhir, sehingga FIA tidak punya waktu untuk memveto pilihan tersebut. Beberapa komentator khawatir insiden ini dapat membahayakan masa depan Grand Prix Turki, dan mungkin juga putaran Kejuaraan Reli Dunia Turki, seri lain yang disetujui oleh FIA.[8] Itu diakhiri dengan denda sebesar 5 juta dolar,[9] yang kemudian dikurangi setengahnya.[butuh rujukan]

2007[sunting | sunting sumber]

Pemenang Grand Prix Turki 2007 adalah pembalap asal Brasil, yaitu Felipe Massa (Ferrari), yang berhasil memenangkan balapan ini untuk tahun kedua secara berturut-turut setelah lolos di posisi terdepan. Selama konferensi pers setelah balapan, dia berkomentar bahwa "Taman Istanbul adalah trek tempat dia mengubah kariernya, dan akhirnya mulai memenangkan balapan." Dia juga memuji trek serta kotanya.

Putaran balapan tercepat berhasil diraih oleh Kimi Räikkönen, dengan catatan waktu 1'27.295.

2008[sunting | sunting sumber]

Pemenang Grand Prix Turki 2008 adalah pembalap asal Brasil, yaitu Felipe Massa (Ferrari), yang berhasil memenangkan balapan ini untuk tahun ketiga secara berturut-turut, juga start dari posisi terdepan.

Putaran balapan tercepat berhasil diraih oleh Kimi Räikkönen, dengan catatan waktu 1'26.506.

2009[sunting | sunting sumber]

Pemenangnya adalah pembalap asal Inggris, yaitu Jenson Button, dari tim Brawn GP, dengan Mark Webber asal Australia dan Sebastian Vettel asal Jerman dari tim Red Bull Racing menyelesaikan podium.

Putaran balapan tercepat berhasil diraih oleh pemenang akhirnya, yaitu Jenson Button, dengan catatan waktu 1'27.579.

2010[sunting | sunting sumber]

Pemenangnya adalah pembalap asal Inggris, yaitu Lewis Hamilton, dari tim McLaren, dengan rekan setim dan sekaligus juga rekan senegaranya, yaitu Jenson Button, finis di urutan kedua, dan pembalap asal Australia, yaitu Mark Webber, dari tim Red Bull Racing finis di urutan ketiga. Webber memulai balapan ini dari posisi terdepan, dan sempat memimpin jalannya balapan, sampai dia bertabrakan dengan rekan setimnya, yaitu Sebastian Vettel.

2011[sunting | sunting sumber]

Sebastian Vettel berhasil memenangkan event 2011 untuk tim Red Bull Racing, mengungguli rekan setimnya, yaitu Mark Webber, dan pembalap Ferrari, yaitu Fernando Alonso. Perlombaan tersebut menampilkan rekor jumlah pit stop dan manuver menyalip terbesar dalam sebuah balapan yang digelar di dalam kondisi kering dalam sejarah ajang F1.

2020[sunting | sunting sumber]

Karena pandemi COVID-19 pada tahun 2020, beberapa balapan yang semula dijadwalkan dibatalkan. Grand Prix Turki ditambahkan ke kalender yang direvisi pada bulan Agustus 2020, dan balapan akhir pekan diadakan antara tanggal 13 dan 15 November 2020.[10] Akhir pekan balapan ini telah dirusak oleh trek yang baru dilapisi ulang, yang tidak disadari oleh Pirelli dan tidak dapat menguji atau membawa ban yang sesuai, dan hujan lebat memperburuk kondisi yang sudah licin. Lance Stroll dari tim Racing Point berhasil mengambil posisi terdepan dalam kondisi basah. Pemenang balapan itu adalah Lewis Hamilton dari tim Mercedes, yang memulai lomba ini dari urutan keenam, yang memimpin di tahap pertengahan balapan, dan memimpin untuk memenangkan balapan ini dan merebut gelar juara dunia ketujuhnya, menyamai rekor Michael Schumacher.

2021[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Turki pada awalnya diadakan sebagai pengganti Grand Prix Kanada untuk Kejuaraan Dunia Formula Satu musim 2021 karena pembatasan masuk Kanada.[11] Balapan tersebut kemudian ditunda karena pembatasan perjalanan dari Turki yang diberlakukan oleh Pemerintah Inggris, dengan Grand Prix Styria yang menggantikannya.[12] Perlombaan ini kemudian ditambahkan kembali ke dalam kalender untuk menggantikan posisi Grand Prix Singapura yang telah dibatalkan.[13] Balapan ini berhasil dimenangkan oleh Valtteri Bottas untuk tim Mercedes, yang start dari posisi terdepan, dan memimpin sebagian besar jalannya balapan.

[sunting | sunting sumber]

Daftar pemenang Grand Prix Turki[sunting | sunting sumber]

Daftar pemenang (pembalap)[sunting | sunting sumber]

Pembalap dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini.

Jumlah kemenangan Pembalap Tahun menang
3 Brasil Felipe Massa 2006, 2007, 2008
2 Britania Raya Lewis Hamilton 2010, 2020
Sumber:[15]

Daftar pemenang (konstruktor)[sunting | sunting sumber]

Konstruktor dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini.

Jumlah kemenangan Konstruktor Tahun menang
3 Italia Ferrari 2006, 2007, 2008
2 Britania Raya McLaren 2005, 2010
Jerman Mercedes 2020, 2021
Sumber:[15]

Daftar pemenang (produsen mesin)[sunting | sunting sumber]

Manufaktur dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini.

Jumlah kemenangan Manufaktur Tahun menang
5 Jerman Mercedes * 2005, 2009, 2010, 2020, 2021
3 Italia Ferrari 2006, 2007, 2008
Sumber:[15]

* Dibangun oleh Ilmor pada musim 2005

Berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

Semua Grand Prix Turki diselenggarakan di Istanbul Park.[15]

Tahun Pembalap Konstruktor Laporan
2005 Finlandia Kimi Räikkönen McLaren-Mercedes Laporan
2006 Brasil Felipe Massa Ferrari Laporan
2007 Brasil Felipe Massa Ferrari Laporan
2008 Brasil Felipe Massa Ferrari Laporan
2009 Britania Raya Jenson Button Brawn-Mercedes Laporan
2010 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes Laporan
2011 Jerman Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault Laporan
2012

2019
Tidak digelar
2020 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2021 Finlandia Valtteri Bottas Mercedes Laporan
Sumber:[15]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lewis Hamilton berhasil menetapkan waktu tercepat di sesi kualifikasi, tetapi menerima penalti grid turun sepuluh tempat karena melebihi kuota mesin pembakaran internalnya.[1] Valtteri Bottas dipromosikan ke posisi terdepan untuk menggantikannya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hamilton set for Turkish GP grid penalty after taking new Mercedes engine". Formula1. 8 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-08. Diakses tanggal 8 October 2021. 
  2. ^ "Bottas claims pole for Turkish GP as fastest driver Hamilton takes grid penalty". Formula1. 9 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-09. Diakses tanggal 9 October 2021. 
  3. ^ "Turkey set to be dropped for 2012". BBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-30. Diakses tanggal 2018-04-10. 
  4. ^ "F1 set for record 20-race season". BBC News. 16 April 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-13. Diakses tanggal 2023-02-14. 
  5. ^ "Turkey set to be dropped for 2012". BBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-30. Diakses tanggal 2018-04-10. 
  6. ^ Richards, Giles (22 April 2011). "Turkey grand prix heads for the scrapyard over $26m price tag". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-04. Diakses tanggal 23 January 2021. 
  7. ^ Daily Hürriyet newspaper Turkey 9 January 2013
  8. ^ "News | Planet F1 | Formula One News". Planet F1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2012. Diakses tanggal 8 November 2012. 
  9. ^ "Turks fined only $5m". Grandprix.com. 19 September 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-25. Diakses tanggal 8 November 2012. 
  10. ^ "Formula 1 to return to Turkey as four more races are added to the 2020 F1 calendar". www.formula1.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-01. Diakses tanggal 2020-08-27. 
  11. ^ "Turkey to replace Canada on 2021 F1 race calendar". Formula1.com (dalam bahasa Inggris). 28 April 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-04. Diakses tanggal 28 April 2021. 
  12. ^ "2021 F1 calendar reshuffled, as Turkey drops off and extra Austria race added". www.formula1.com (dalam bahasa Inggris). Formula One. 2021-05-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-15. Diakses tanggal 2021-05-14. 
  13. ^ Benson, Andrew (25 June 2021). "Formula 1: Turkey to replace Singapore on calendar". BBC Sport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-25. Diakses tanggal 25 June 2021. 
  14. ^ "DHL the official title sponsor of 2011 Turkish race". Formula 1. 6 May 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-09. Diakses tanggal 6 May 2011. 
  15. ^ a b c d e "Turkish GP". ChicaneF1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-14. Diakses tanggal 3 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]