Mercedes AMG High Performance Powertrains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mercedes-Benz HighPerformanceEngines Limited
Privat
Didirikan11 Oktober 1983
PendiriMario Illen, Paul Morgan
Kantor
pusat
,
IndukDaimler AG
Situs webwww.mercedes-benz-hpe.com

Mercedes AMG High Performance Powertrains (sebelumnya dikenal dengan nama Mercedes-Ilmor, lalu Mercedes-Benz HighPerformanceEngines) adalah sebuah perusahaan mesin balap mobil yang bermarkas di Inggris, dan dimiliki oleh sebuah perusahaan mobil asal Jerman, yaitu Mercedes-Benz.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mercedes kembali lagi mengikuti ajang balap mobil F1 pada musim 1993. Peran mereka mulai tahun 1993 adalah sebagai pemasok mesin. Saat itu, mereka bekerjasama dengan sebuah perusahaan pembuat mesin balap mobil asal Inggris, yaitu Ilmor, yang didirikan oleh Mario Illien dan Paul Morgan pada tahun 1983, sebelum kemudian saham mereka dibeli oleh Daimler melalui Chevrolet pada tahun 1993 sebesar 25%. Pada tahun 2001, salah satu pendiri Ilmor, yaitu Paul Morgan, tewas di dalam sebuah kecelakaan pesawat, dan hal ini kemudian menjadi celah bagi Daimler untuk bisa meningkatkan sahamnya di Ilmor. Pada musim 2002, Daimler akhirnya meningkatkan saham mereka di Ilmor menjadi 55%, dan kemudiann mengubah nama perusahaan menjadi Mercedes-Ilmor, sebelum kemudian berganti nama lagi menjadi Mercedes-Benz HighPerformanceEngines Ltd.. Sebagai langkah baru dari hal ini, maka Mario Illien pun memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang telah ia dirikan ini, dan kemudian membentuk kembali sebuah perusahaan yang baru, yang bernama Ilmor Engineering Ltd., pada tahun 2003, dengan bantuan dari Roger Penske.

Ilmor memulai debut mereka di dalam ajang F1 sebagai pembuat mesin untuk Mercedes-Benz, ketika mereka menjadi pemasok mesin untuk tim Sauber, yang kemudian bertahan sampai dengan akhir musim 1994.[1] Pada musim 1995, mereka berpindah ke tim McLaren, dan kemudian berhasil meraih kemenangan perdananya pada musim 1997 di Australia. Pada musim 1999, Ilmor/Daimler kemudian membeli 40% saham tim McLaren. Dibawah pasokan mesin Mercedes-Benz dari Ilmor, tim McLaren berhasil memenangi tiga gelar juara dunia pembalap (Mika Hakkinen di musim 1998-1999 dan Lewis Hamilton di musim 2008) dan satu kali gelar konstruktor (1998). Pada musim 2009, Ilmor, yang kini telah berubah menjadi Mercedes-Benz HighPerformanceEngines Ltd., juga melebarkan sayap mereka, dengan menjadi pemasok mesin bagi tim Force India dan juga Brawn GP. Tim Brawn GP secara mengejutkan mampu menjadi juara dunia pembalap dan konstruktor di musim 2009, dan menjadi tim yang pertama dalam sejarah yang mampu menjadi juara dunia di musim perdana mereka, melalui duet pembalap Jenson Button dan Rubens Barrichello.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ilmor: Bowmen of the Silver Arrows". Atlasf1.autosport.com. Diakses tanggal 2010-02-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]