Lance Stroll

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lance Stroll
Lance Stroll 2017 Malaysia 2.jpg
Lance Stroll pada tahun 2017
Lahir29 Oktober 1998 (umur 23)
Montreal, Quebec, Kanada
Karier Kejuaraan Dunia Formula Satu
KebangsaanBendera Kanada Kanada
Nomor mobil18
Jumlah lomba84 (83 starts)
Juara dunia0
Menang0
Podium3
Total poin168
Posisi pole1
Lap tercepatN/A
Lomba pertamaGrand Prix Australia 2017
Lomba terakhirGrand Prix Monako 2021
Karier European Formula Three Championship
Musim debut2015
Tim saat iniPrema Powerteam
No. mobil1
Start62
Menang15
Pole14
Lap tercepat13
Hasil terbaik1st di 2016
Ajang sebelumnya
2015
2014
2014
Toyota Racing Series
Italian Formula 4 Championship
Florida Winter Series
Gelar juara
2016
2015
2014
Euro F3 Championship
Toyota Racing Series
Italian Formula 4 Championship

Lance Stroll (lahir 29 Oktober 1998) adalah seorang pembalap mobil profesional asal Kanada, yang pada saat ini sedang bersaing di dalam ajang Formula Satu.

Profil[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lance Stroll, lahir pada tanggal 29 Oktober 1998, adalah putra dari seorang miliarder pengusaha asal Kanada, yaitu Lawrence Stroll, dan ibunya bernama Claire-Anne-Stroll. Pada saat ini, Lawrence Stroll juga merupakan pemilik dari sebuah tim Formula Satu asal Inggris, yang berbasis di dekat Sirkuit Silverstone, Northamptonshire, Inggris, yaitu Aston Martin (sebelumnya bernama Racing Point), yang merupakan sebuah tim F1 yang ia beli sebelum berlangsungnya balapan Grand Prix Belgia 2018 pada saat tim tersebut masih bernama Force India, di mana Lance Stroll juga merupakan salah satu dari dua pembalap F1 utama di dalam tim ini sejak tahun 2019.

Karier Awal (2008-2014)[sunting | sunting sumber]

Sama seperti kebanyakan pembalap mobil profesional pada umumnya, sang pembalap asal Kanada yang berbasis di Jenewa, Swiss, ini memulai karier motorsport-nya di dalam ajang karting, dan telah mencatatkan berbagai balapan dan kejuaraan menang di Kanada asalnya dan Amerika Utara.

Ia dinominasikan oleh Fédération de Sport Automobile du Québec sebagai "Rookie of the Year" pada tahun 2008. Ia juga berhasil memenangkan Coupe de Montreal Championship, dan dinobatkan sebagai Kanada Champion pada tahun yang sama. Ia juga berhasil memenangkan penghargaan "Driver of the Year" pada tahun berikutnya. Pada tahun 2010, ia berhasil memenangkan tidak kurang dari empat gelar di dalam ajang Florida Musim Dingin Tour, di ASN Championship Kanada, dan Coupe de Quebec. Pada tahun 2011, Stroll berlari bersama dengan Dino Chiesa Tim di dalam ajang Kart Championship Italia, dan selesai di urutan kedelapan belas, sementara di WSK Euro Series dengan 44 poin untuk mengambil tempat kesembilan di kejuaraan kelas KF3. Pada tahun 2012, sang pembalap muda asal Kanada ini terus menambah pengalamannya bersama dengan tim ini, dan kemudian berhasil memenangkan Las Vegas Trophy, finish di urutan keempat di WSK Master, kelima di Kejuaraan Dunia CIK-FIA, delapan di Euro CIK-FIA, dan kedua belas di WSK Euro. Pada tahun 2013, jalan untuk berkompetisi di kategori KF di CIK dan WSK Kejuaraan sekali lagi dengan tim Chiesa Corse, dan diakui sebagai Rookie terbaik.

Karier Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa (2015-2016)[sunting | sunting sumber]

2015[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2015, Stroll berhasil memenangkan ajang Toyota Racing Series, yang berbasis di Selandia Baru, dengan mencetak 10 podium - termasuk diantaranya meraih empat kemenangan - dari 16 balapan yang telah dimulai. Pada tahun yang sama, ia juga dilombakan di dalam ajang FIA Euro F3 Series dengan sebuah tim asal Italia, yaitu Prema Powerteam, memenangkan satu balapan langsung, dan mencapai 17 atas enam selesai lomba secara keseluruhan dalam ultra-kompetitif seri 33-lomba, dengan mengendarai Dallara F312 Mercedes. Stroll ditutup sibuk musim 2015 nya - yang bertarung 50 balapan di semua - membuat debutnya secara resmi di dalam sebuah ajang tahunan Macau Formula 3 Grand Prix. Stroll adalah bagian dari Ferrari Driver Academy, dan pembalap termuda yang kedua yang kelak nantinya akan ditandatangani dengan sebuah tim Formula Satu. Pada tanggal 11 November 2015, diumumkan secara resmi bahwa Stroll akan meninggalkan Ferrari, untuk melayani sebagai pembalap tes untuk tim F1 asal Inggris yang berbasis di Grove, Inggris, yaitu tim Williams.

2016[sunting | sunting sumber]

Stroll tetap bersama dengan tim Prema Powerteam, untuk tahun ketiga secara berturut-turut, untuk kontes Euro F3 Series untuk tahun kedua secara berturut-turut. Dia memulai musim 2016 dengan menyelesaikan perlombaan di posisi ke-5 di dalam ajang tahunan Rolex 24 Hours of Daytona bersama dengan tim Ford Chip Ganassi, dan memasuki Ford EcoBoost Prototype, untuk menjadi pembalap yang termuda tertinggi ditempatkan finisher secara keseluruhan dalam sejarah acara tersebut. Di dalam seri Euro F3 musim 2016, Stroll mengambil sebelas kali kemenangan, dan berhasil mengklaim gelar di balapan kedua yang berlangsung di Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola), dengan memegang keunggulan lebih dari seratus poin dari saingan utamanya, yaitu Maximilian Günther asal Jerman.

Karier Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Williams F1 (2017-2018)[sunting | sunting sumber]

2017[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 November 2016, tim Williams Martini Racing secara resmi mengumumkan bahwa Stroll akan mendorong salah satu dari dua mobil mereka pada ajang Formula Satu musim 2017. Dia akan menjadi pembalap F1 asal Kanada yang pertama sejak Juara Dunia Formula Satu musim 1997, yakni Jacques Villeneuve, yang secara kebetulan juga memulai kariernya di dalam ajang F1 bersama dengan tim Williams, pada tahun 1996. Setelah tiga kali mundur dari perlombaan secara berturut-turut, finish yang pertama untuk Stroll di dalam ajang F1 pada akhirnya datang juga di putaran keempat pada musim ini di Rusia, di mana ia selesai di urutan kesebelas, meskipun mobilnya sempat berputar di putaran pertama. Di Grand Prix Spanyol, Stroll finis di urutan keenam dan terakhir dari semua pembalap yang berhasil menyelesaikan lomba ini. Dua minggu kemudian, Stroll harus rela mundur dari perlombaan setelah mengalami kegagalan rem pada mobilnya di Monako, tetapi ia masih diklasifikasikan di urutan ke-15. Stroll mencetak poin pertamanya di dalam ajang F1 di Grand Prix yang berlangsung di rumahnya sendiri di Montréal, Kanada, setelah berakhir di posisi ke-9. Stroll berhasil naik podium untuk yang pertama kalinya di dalam ajang F1, dengan finis di urutan ketiga di Grand Prix Azerbaijan 2017, dan menjadikannya sebagai Rookie termuda kedua dan pembalap termuda kedua setelah Max Verstappen yang pernah naik podium di dalam ajang Formula 1, pada usia 18 tahun dan 239 hari. Lebih jauh, Stroll juga berhasil mendapatkan lebih banyak posisi di lap pembuka daripada seluruh lawan-lawannya di musim ini.

Pada tanggal 2 September 2017, Stroll mendaftarkan waktu tercepat ke-4 selama berlangsungnya sebuah sesi kualifikasi yang berlangsung dalam kondisi yang sangat basah untuk Grand Prix Italia. Karena duet pembalap tim Red Bull, yaitu Daniel Ricciardo dan Max Verstappen (yang masing-masing mencatatkan waktu terbaik ke-3 dan ke-2), mengambil penalti grid, maka Stroll dipromosikan ke posisi ke-2 di grid awal, dan menjadikannya sebagai pembalap Formula Satu yang termuda yang pernah memulai sebuah balapan F1 di barisan terdepan perlombaan, di usia 18 tahun dan 310 hari. Stroll sendiri finish di urutan ke 7 di dalam lomba ini.

Pada balapan ketiga hingga terakhir di musim 2017, yaitu Grand Prix Meksiko, Stroll berhasil naik ke urutan keenam dalam balapan ini, setelah sebelumnya start dari urutan ke-11 di grid, dipromosikan dari urutan ke-12 setelah Daniel Ricciardo (yang pada awalnya berada di posisi ke-7) diturunkan karena hukuman, dan selesai di posisi itu juga pada hari ulang tahunnya yang ke-19, menempatkannya di depan rekan setimnya sendiri, yaitu Felipe Massa, pada poin yang dicetak untuk yang pertama kalinya pada musim ini.

2018[sunting | sunting sumber]

Stroll memulai musim 2018 dengan awal yang kasar, dengan banyaknya insiden yang dialami olehnya, dan juga kesalahan di dalam beberapa lomba pertama. Meskipun berada di posisi ke-8 di Azerbaijan, Stroll mencetak poin berikutnya di Monza, setelah sebelumnya ia gagal mencetak poin di balapan yang berlangsung di rumahnya sendiri di Montréal, Kanada, ketika ia bertabrakan dengan Brendon Hartley.

Racing Point (2019-2020)[sunting | sunting sumber]

2019[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 November 2018, tim Racing Point (sebelumnya dikenal sebagai Force India) secara resmi mengumumkan bahwa Stroll akan membalap untuk mereka pada musim 2019, dengan menggantikan posisi Esteban Ocon, setelah sebelumnya ayah Stroll, yakni Lawrence Stroll, membeli seluruh aset dari tim ini yang sudah ada sebelumnya. Pada Grand Prix Tiongkok 2019, Stroll terpaksa harus rela tersingkir di babak pertama sesi kualifikasi untuk tujuh balapan secara berturut-turut, dan mengkritik strategi tim setelah sebelumnya ia menyelesaikan di luar posisi penilaian poin untuk kedua balapan secara berturut-turut.[1][2]

2020[sunting | sunting sumber]

Stroll dan Pérez dipertahankan oleh tim Racing Point untuk tahun 2020.[3] Karena otoritas olahraga nasional Kanada mengundurkan diri dari mandatnya dari FIA, maka perlombaan Stroll berada di bawah lisensi Amerika, tetapi masih tetap ditampilkan sebagai orang Kanada pada setiap pengakuan resmi selama akhir pekan perlombaan.[4] Selama Grand Prix Austria 2020, ia lolos babak kualifikasi di posisi ke-9, tetapi kemudian terpaksa harus rela mundur dari balapan ini, karena ia mengalami masalah mesin pada mobilnya. Stroll berhasil finis di posisi ke-4 di Grand Prix Hongaria 2020, setelah sebelumnya berhasil lolos babak kualifikasi di urutan ketiga, dan di Grand Prix Italia 2020, ia mengamankan podium yang kedua untuknya di dalam ajang Formula Satu, dengan menyamai posisi finis terbaik sebelumnya di posisi ke-3.[5] Setelah perlombaan ini selesai, dia menyarankan agar dia tidak salah menilai balapan dimulai kembali setelah dikibarkannya bendera merah untuk membersihkan mobil Ferrari milik Charles Leclerc yang terdampar, dia bisa berada dalam posisi untuk memenangi perlombaan tersebut.[6] Stroll juga berada di dalam posisi yang kuat untuk mengamankan posisi podium yang lain di balapan berikutnya di Grand Prix Toskana yang perdana di dalam sejarah ajang Formula Satu, tetapi kemudian ia terpaksa harus rela tersingkir dari perlombaan ini, setelah ia mengalami kegagalan ban pada mobilnya, yang menyebabkan dia mengalami sebuah tabrakan tunggal yang sangat besar.[7]

Stroll terpaksa harus rela tersingkir dari Grand Prix Rusia pada lap pertama, setelah Charles Leclerc melakukan kontak pada mobilnya, dan menyebabkan mobil Stroll berputar dan menabrak dinding. Dia mengundurkan diri dari gelaran balapan Grand Prix Eifel yang perdana di dalam sejarah ajang Formula Satu, yang berlangsung di sirkuit Nürburgring, Nürburg, Jerman, karena ia sakit setelah duduk di sesi latihan bebas ketiga.[8] Timnya kemudian mengonfirmasi bahwa dia tidak mengidap COVID-19, dengan mengatakan bahwa sebelumnya dia telah lulus di dalam semua tes FIA yang diperlukan dalam hal ini.[9] Ia digantikan untuk sesi kualifikasi dan juga sesi perlombaan yang berlangsung pada hari Minggu oleh Nico Hülkenberg.[10] Tidak lama setelah gelaran balapan Grand Prix Eifel berakhir, Stroll dinyatakan positif mengidap COVID-19. Dia menyelesaikan masa isolasi selama 10 hari, dan kembali lagi berlomba ke dalam ajang Formula Satu di Grand Prix Portugal yang pertama sejak tahun 1996,[11] di mana dia bertabrakan dengan Lando Norris. Hal ini menyebabkan Stroll pada akhirnya terpaksa harus rela mundur dari perlombaan, untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut tanpa bisa finis. Stroll berhasil mengambil posisi terdepan yang pertama baginya di Grand Prix Turki, setelah menjalani sesi kualifikasi yang berlangsung di dalam kondisi yang sangat basah. Dengan melakukan itu, maka ia menjadi pembalap F1 asal Kanada yang pertama yang mengambil posisi terdepan sejak Jacques Villeneuve di Grand Prix Eropa 1997 yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol.[12] Stroll memimpin perlombaan selama 32 dari 58 lap, tetapi kemudian ia melaporkan kerusakan ban yang parah pada mobilnya, dan pada akhirnya jatuh ke posisi kesembilan pada akhir perlombaan ini. Setelah berakhirnya perlombaan ini, tim Racing Point kemudian menemukan kerusakan pada sayap depan mobil Stroll, yang mereka namakan sebagai penyebab masalah ban pada mobilnya.[13] Tidak lama setelah Grand Prix Bahrain dimulai kembali setelah terjadinya sebuah kecelakaan hebat yang telah menimpa Romain Grosjean, mobil Stroll terbalik setelah melakukan kontak dengan Daniil Kvyat di tikungan yang kedelapan. Stroll sama sekali tidak mengalami cedera apapun, dan dirinya pun dapat keluar sendiri dengan selamat dari mobilnya yang telah mengalami kerusakan yang parah akibat dari terjadinya tabrakan tersebut.[14]

Aston Martin F1 Team (2021 hingga sekarang)[sunting | sunting sumber]

2021[sunting | sunting sumber]

Stroll akan terus membalap untuk tim Racing Point pada tahun 2021, karena mereka berubah nama menjadi Aston Martin.[15] Dia akan bermitra bersama dengan Juara Dunia Formula Satu musim 2010-2013 asal Jerman, yaitu Sebastian Vettel, yang menggantikan posisi Pérez di dalam tim ini.[16] Diketahui, Stroll akan terus berada di Tim Aston Martin bersama Sebastian Vettel di musim 2022 berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stroll criticises Racing Point's China strategy". PlanetF1. 15 April 2019. Diakses tanggal 15 April 2019. 
  2. ^ Polychronis, Jacob (13 April 2019). "F1 Chinese Grand Prix 2019: Daniel Ricciardo finally ends Renault qualifying hoodoo as Valtteri Bottas takes pole". Fox Sports. Diakses tanggal 15 April 2019. 
  3. ^ "Racing Point: Lance Stroll and Sergio Perez confirmed for 2020 season". 30 Agustus 2019. Diakses tanggal 2 September 2019 – via www.bbc.co.uk. 
  4. ^ "Canadian F1 pair Stroll and Latifi to race under American licenses". 11 Februari 2020. Diakses tanggal 18 Februari 2020 – via www.racefans.net. 
  5. ^ "Gasly beats Sainz to maiden win in Monza thriller, as Hamilton recovers to P7 after penalty". 6 September 2020. Diakses tanggal 6 September 2020 – via www.formula1.com. 
  6. ^ "Stroll admits poor restart cost him victory chance". RaceFans.net. 
  7. ^ "Stroll blames puncture or suspension failure for massive crash at Mugello". www.formula1.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-30. 
  8. ^ "Unwell Stroll misses Nurburgring FP3, Hulkenberg on stand-by". www.motorsport.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-10. 
  9. ^ "Stroll has flu-like symptoms but passed multiple COVID tests". The Race (dalam bahasa Inggris). 2020-10-10. Diakses tanggal 10 Oktober 2020. 
  10. ^ "F1 news: Hulkenberg replaces Stroll at Eifel GP". www.motorsport.com. 
  11. ^ Benson, Andrew (21 Oktober 2020). "Stroll tested positive after Eifel GP". BBC Sport. Diakses tanggal 21 Oktober 2020. 
  12. ^ "F1: Stroll On Pole For Turkey GP, Becomes 1st Canadian Since Villeneuve To Get P1". carandbike (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 November 2020. 
  13. ^ Rencken, Dieter; Collantine, Keith (16 November 2020). "Racing Point believe front wing damage caused Stroll's tyre trouble". racefans.net. Diakses tanggal 16 November 2020. 
  14. ^ "Hamilton wins Bahrain GP interrupted by huge Grosjean crash, as Perez suffers late heartbreak". formula1.com. 29 November 2020. Diakses tanggal 1 Desember 2020. 
  15. ^ "Vettel has one option less: Aston Martin sticks to current drivers". GP Blog (dalam bahasa Inggris). 18 Mei 2020. Diakses tanggal 18 Mei 2020. 
  16. ^ "Sebastian Vettel: Ferrari driver to join renamed Aston Martin team in 2021". BBC Sport. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]