Grand Prix F1 Azerbaijan 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Azerbaijan 2017
Lomba ke-8 dari 20 dalam Formula Satu musim 2017
← Lomba sebelumnyaLomba berikutnya →
Tata Letak Sirkuit Kota Baku.
Tata Letak Sirkuit Kota Baku.
Detail perlombaan[1]
Tanggal 25 Juni 2017
Nama resmi Formula 1 FlyEmirates Azerbaijan Grand Prix[2][3]
Lokasi Sirkuit Kota Baku
Baku, Azerbaijan
Sirkuit Sirkuit jalan raya sementara
Panjang sirkuit 6.003 km (3.730 mi)
Jarak tempuh 51 putaran, 306.049 km (190.170 mi)
Cuaca Cerah
Penonton 71,451[4]
Posisi pole
Pembalap Mercedes
Waktu 1:40.593
Putaran tercepat
Pembalap Jerman Sebastian Vettel Ferrari
Waktu 1:43.441 putaran ke-47
Podium
Pertama Red Bull Racing-TAG Heuer
Kedua Mercedes
Ketiga Williams-Mercedes
Pemimpin perlombaan

Grand Prix Azerbaijan 2017 (secara resmi bernama 2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix) adalah sebuah balapan mobil Formula Satu yang diadakan pada tanggal 25 Juni 2017 di Sirkuit Kota Baku di Baku, Azerbaijan. Perlombaan tersebut merupakan putaran yang kedelapan dari Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu musim 2017,[5] dan merupakan putaran yang perdana dari Grand Prix Azerbaijan sebagai sebuah putaran Kejuaraan Dunia Formula Satu. Ini merupakan kedua kalinya balapan ini digelar di sirkuit tersebut, dan kedua kalinya Grand Prix ini digelar di negara Azerbaijan.[6][N 1]

Pembalap Ferrari, yaitu Sebastian Vettel, memasuki babak tersebut dengan keunggulan dua belas poin atas pembalap Mercedes, yaitu Lewis Hamilton, di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Pembalap, sementara tim Mercedes memimpin atas tim Ferrari dengan keunggulan delapan poin di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Konstruktor. Lewis Hamilton mengawali balapan dari posisi terdepan.[7] Daniel Ricciardo dari tim Red Bull Racing berhasil pulih dari kecelakaan yang menimpa dirinya di sesi kualifikasi untuk mengklaim kemenangan yang kelima di dalam kariernya di depan pembalap Mercedes, yaitu Valtteri Bottas,[8] sementara Lance Stroll menjadi pembalap mobil profesional asal Kanada yang pertama yang berhasil naik ke atas podium sejak Jacques Villeneuve di Grand Prix Jerman 2001, dan pembalap termuda kedua yang finis di atas podium. Ini akan menjadi podium yang terakhir bagi seorang pembalap Williams hingga Grand Prix Belgia 2021.[9]

Balapan ini juga merupakan balapan yang terakhir yang mengibarkan bendera merah hingga Grand Prix Italia 2020.

Laporan[sunting | sunting sumber]

Sesi latihan bebas[sunting | sunting sumber]

Pembalap Red Bull, yaitu Max Verstappen, berhasil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama, dengan mencatatkan waktu 1,44:410. Dia diikuti oleh rekan setimnya, yaitu Daniel Ricciardo, di posisi kedua, dengan pembalap Ferrari, yaitu Sebastian Vettel, di posisi ketiga.[10] Pada sesi latihan bebas kedua, pembalap Red Bull, yaitu Max Verstappen, berhasil menjadi yang tercepat (meskipun sempat menabrak pembatas di Tikungan 1 pada tahap penutupan sesi FP2) diikuti oleh Bottas dan Ricciardo.[11] Sesi latihan bebas ketiga dan yang terakhir di hari Sabtu dipimpin oleh Bottas, dengan Kimi Räikkönen di posisi kedua dan Hamilton di posisi ketiga.[12] Bottas mencatatkan waktu tercepat dari ketiga sesi latihan bebas dengan catatan waktu 1.42.742.[12]

Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Jolyon Palmer gagal menetapkan waktu putaran di sesi Q1 karena mobilnya kebakaran pada saat sesi Latihan Bebas ke-3.

Di sesi Q3, Lewis Hamilton berhasil mengamankan posisi terdepan dengan catatan waktu 1:40,593, lebih cepat 0,434 detik dari rekan setimnya, yaitu Bottas, yang berada di posisi kedua, dan 1,100 detik lebih cepat dari Räikkönen yang berada di posisi ketiga. Lance Stroll berhasil mengungguli rekan setimnya, yaitu Felipe Massa, untuk yang pertama kalinya di musim ini. Daniel Ricciardo membentur tembok dan memulai jalannya balapan ini dari posisi kesepuluh.

Balapan[sunting | sunting sumber]

Hamilton berhasil memimpin jalannya balapan ini pada saat start, disusul oleh Bottas, Räikkönen, dan Vettel. Daniil Kvyat melebar di tikungan 1. Pada saat dia kembali lagi ke trek, rekan setimnya, yaitu Carlos Sainz Jr., melintir, untuk menghindari tabrakan. Di tikungan ke-3 tetapi masih di putaran pertama, kedua pembalap mobil profesional asal Finlandia (Bottas dan Räikkönen) bertabrakan sehingga menyebabkan ban kanan depan mobil Bottas bocor. Vettel mengambil keuntungan untuk merebut tempat kedua, diikuti oleh Sergio Pérez dan Max Verstappen. Bottas terpaksa berhenti di pit, tertinggal satu putaran di belakang pemimpin jalannya balapan ini.

Daniel Ricciardo di atas podium bersama dengan trofi pemenang balapan.

Ricciardo masuk ke dalam pit pada putaran ke-6 untuk menghilangkan serpihan dari rem mobilnya. Dia bergabung kembali di posisi ke-17. Rekan setimnya, yaitu Verstappen, terpaksa harus mundur karena masalah dengan mesin mobilnya pada putaran ke-12. Hamilton memimpin jalannya balapan ini atas Vettel hingga mobil keselamatan yang pertama dikerahkan pada putaran yang sama untuk menyingkirkan Daniil Kvyat dari tim Toro Rosso yang terhenti di tepi trek. Periode mobil keselamatan ini membuat Bottas bisa melepaskan diri. Pada putaran ke-17, balapan dilanjutkan tetapi mobil keselamatan yang lain segera dikerahkan untuk membersihkan lebih banyak puing dari lintasan, yang berasal dari mobil Ferrari milik Räikkönen.

Selama kedua periode mobil keselamatan tersebut, Hamilton berulang kali mengeluhkan mobil keselamatan yang bergerak terlalu lambat. Pada putaran ke-19, pada saat masih dalam kondisi mobil keselamatan, Vettel menabrak bagian belakang mobil Hamilton, merusak sayap depan dan diffuser belakang mobil Hamilton. Dia kemudian melaju di samping Hamilton dan berbelok ke arah mobilnya, untuk memprotes apa yang dia yakini sebagai pengujian rem yang telah dilakukan oleh Hamilton. Namun, tayangan ulang TV dan data mobil menunjukkan bahwa Hamilton tidak mengerem sama sekali pada tabrakan pertama. Panitia lomba menyelidiki insiden tersebut. Balapan ini dilanjutkan pada putaran ke-20 dengan Felipe Massa yang berhasil naik ke posisi ketiga dan memberi tekanan pada Vettel, namun dalam beberapa tikungan, duet pembalap Force India, yaitu Esteban Ocon dan Sergio Pérez, bertabrakan dan meninggalkan puing-puing di lintasan. Tabrakan itu membuat Ocon mengalami pecah ban, dan menjatuhkannya ke barisan belakang. Pérez kehilangan sayap depan mobilnya, dan mengalami kerusakan pada wishbone kiri depan mobilnya, yang memaksanya untuk mundur setelah memasuki jalur pit. Räikkönen, yang mengikuti kedua mobil Force India dari dekat, mengalami kebocoran ban akibat tertimpa puing-puing dari tabrakan tersebut, dan setelah ban pecah tersebut menyebabkan kerusakan pada lantai mobilnya serta sayap belakangnya, ia pun terdorong ke garasinya untuk mundur dari balapan tersebut. Mobil keselamatan yang ketiga kemudian dikerahkan segera, dan setelah Fernando Alonso mengeluh melalui radio tentang banyaknya puing, balapan tersebut diberi bendera merah pada putaran ke-22, sehingga para marshal bisa membersihkan lintasan.

Selama periode bendera merah, yang berlangsung lebih dari 20 menit, tim mengerjakan mobil mereka. Tim Force India mengganti ban mobil Ocon dan tim Ferrari menggantikan sayap depan mobil Vettel. Tim Mercedes mengerjakan diffuser belakang mobil Hamilton, yang hanya mengalami kerusakan kosmetik ringan saja. Pembalap yang lain keluar dari mobil mereka dan berbicara dengan insinyur dan kepala tim mereka. Mobil Räikkönen dan Pérez yang sebelumnya sudah mundur dari balapan ini juga sedang dikerjakan oleh tim mereka di garasi mereka. Pekerjaan selesai tepat pada waktunya dan kedua pembalap diizinkan untuk mengikuti kembali balapan, meskipun tertinggal satu putaran.

Setelah lintasan dibersihkan dari puing-puing, balapan ini dimulai kembali di belakang mobil keselamatan. Hamilton memimpin saat start ulang dari Vettel, Massa, Stroll, dan Ricciardo. Ricciardo berhasil melewati kedua mobil Williams di tikungan 1, dan menempati posisi ketiga. Namun, Massa mengalami masalah pada mobil Williams-nya, di mana suspensi depan mobilnya bergetar hebat pada kecepatan tinggi. Kevin Magnussen dari tim Haas yang tidak kompetitif berhasil memanfaatkan masalah yang dihadapi oleh Massa dan Nico Hülkenberg yang lemah untuk menyalip keduanya untuk merebut posisi ke-5, sementara Massa dengan mudah dilewati oleh seluruh pembalap di belakangnya. Hülkenberg kemudian bertabrakan dengan tembok pada putaran 25 dan, terpaksa mundur dari posisi ke-6 karena kerusakan suspensi. Pada putaran berikutnya, Massa mundur karena masalah pada mobilnya, yang ternyata adalah peredam suspensi rusak.

Pada putaran ke-29, Hamilton, Vettel, Ricciardo, dan Lance Stroll berhasil menjauh dari sisa pembalap yang lain, dan membangun selisih lebih dari 10 detik untuk kembali ke Magnussen di posisi ke-5. Namun, pada putaran ini, sandaran kepala mobil Hamilton tiba-tiba lepas. Dia pada awalnya mencoba untuk memperbaikinya sendiri dengan mendorongnya kembali ke posisinya, namun pada putaran ke-31, dia dipaksa oleh kontrol balapan untuk masuk ke dalam pit karena alasan keamanan. Pada putaran yang sama, Vettel mendapat penalti stop/and/go selama 10 detik karena gaya membalapnya yang berbahaya, atas insidennya dengan Hamilton. Vettel menjalani penaltinya pada putaran ke-33, dan bergabung kembali dengan trek di posisi ke-7 tepat di depan Hamilton, yang terjebak kemacetan setelah berhenti di luar jadwal. Ini berarti keunggulan diberikan kepada Ricciardo di depan Stroll, dengan Kevin Magnussen di urutan ketiga. Sekelompok pembalap cepat yang terdiri dari Ocon, Bottas, Vettel, dan Hamilton mulai mengejar pemimpin balapan ini, dan menyalip Alonso dan Magnussen dengan relatif nyaman. Bottas kemudian menyingkirkan Ocon untuk naik ke posisi ketiga dan podium, setelah bangkit dari ketertinggalan satu putaran. Räikkönen dan Pérez sama-sama diberikan penalti drive-through karena selama periode bendera merah, mobil mereka dikerjakan di garasi, bukan di dalam jalur pit. Kedua pembalap tersebut pada akhirnya mundur dari balapan.

Lance Stroll, peraih podium yang termuda kedua di dalam sejarah ajang Formula Satu.

Dengan Ricciardo yang memimpin jalannya balapan ini dengan nyaman, Stroll memiliki keunggulan 12 detik atas Bottas, Vettel dan Hamilton, tetapi dikejar dengan cepat. Hamilton meminta agar perintah tim diterapkan dan Bottas membantunya untuk menyalip Vettel dengan cara memperlambat laju mobilnya, namun tim menolak karena Bottas masih memiliki peluang yang bagus untuk mengejar Stroll di putaran-putaran penutup. Duet pembalap Sauber, yaitu Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein, bertabrakan pada saat mereka berdua sedang saling bertarung satu sama lain untuk memperebutkan posisi ke-10, tetapi kedua pembalap berhasil melanjutkan tanpa adanya kerusakan besar. Di bendera kotak-kotak, Ricciardo melaju menuju kemenangan, dan meraih kemenangan yang pertama bagi tim Red Bull di musim 2017. Bottas kemudian berhasil melewati Stroll di garis start-finish hanya beberapa meter saja dari garis finis, dan menempati posisi kedua dengan selisih 0,105 detik. Namun, Stroll tetap meraih podium perdananya di posisi ketiga, dan menjadi pembalap yang termuda kedua yang berhasil finis di posisi tiga besar. Vettel finis di urutan keempat, Hamilton di urutan kelima, Ocon di urutan keenam, Magnussen di urutan ketujuh, Sainz di urutan kedelapan, Alonso di urutan kesembilan (mencetak poin yang pertama bagi tim McLaren di musim ini), dan Wehrlein di urutan kesepuluh. Secara keseluruhan, sembilan konstruktor yang berbeda berhasil mencetak poin.

Sebagai hasil akhir dari balapan tersebut, Vettel meningkatkan keunggulannya atas Hamilton di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Pembalap menjadi 14 poin, sementara tim Mercedes meningkatkan keunggulannya atas Ferrari di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Konstruktor menjadi 24 poin.[13]

Rekapitulasi balapan[sunting | sunting sumber]

Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Pos. Mobil
no.
Pembalap Konstruktor Waktu kualifikasi Grid
akhir
Q1 Q2 Q3
1 44 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes 1:41.983 1:41.275 1:40.593 1
2 77 Finlandia Valtteri Bottas Mercedes 1:43.026 1:41.502 1:41.027 2
3 7 Finlandia Kimi Räikkönen Ferrari 1:42.678 1:42.090 1:41.693 3
4 5 Jerman Sebastian Vettel Ferrari 1:42.952 1:41.911 1:41.841 4
5 33 Belanda Max Verstappen Red Bull Racing-TAG Heuer 1:42.544 1:41.961 1:41.879 5
6 11 Meksiko Sergio Pérez Force India-Mercedes 1:43.162 1:42.467 1:42.111 6
7 31 Prancis Esteban Ocon Force India-Mercedes 1:43.051 1:42.751 1:42.186 7
8 18 Kanada Lance Stroll Williams-Mercedes 1:43.613 1:42.284 1:42.753 8
9 19 Brasil Felipe Massa Williams-Mercedes 1:43.165 1:42.735 1:42.798 9
10 3 Australia Daniel Ricciardo Red Bull Racing-TAG Heuer 1:42.857 1:42.215 1:43.414 10
11 26 Rusia Daniil Kvyat Toro Rosso 1:42.927 1:43.186 11
12 55 Spanyol Carlos Sainz Jr. Toro Rosso 1:43.489 1:43.347 151
13 20 Denmark Kevin Magnussen Haas-Ferrari 1:44.029 1:43.796 12
14 27 Jerman Nico Hülkenberg Renault 1:43.930 1:44.267 13
15 94 Jerman Pascal Wehrlein Sauber-Ferrari 1:44.317 1:44.603 14
16 14 Spanyol Fernando Alonso McLaren-Honda 1:44.334 192
17 8 Prancis Romain Grosjean Haas-Ferrari 1:44.468 16
18 9 Swedia Marcus Ericsson Sauber-Ferrari 1:44.795 17
19 2 Belgia Stoffel Vandoorne McLaren-Honda 1:45.030 183
Waktu 107%: 1:49.121
30 Britania Raya Jolyon Palmer Renault No time 204
Sumber:[7]
Catatan
  • ^1Carlos Sainz Jr. menerima penalti turun tiga grid karena telah menyebabkan tabrakan dengan Felipe Massa di balapan sebelumnya.
  • ^2Fernando Alonso menerima penalti turun empat puluh grid karena telah melebihi kuota komponen unit daya.
  • ^3Stoffel Vandoorne menerima penalti turun tiga puluh grid karena melebihi kuota komponen unit daya dan juga penalti turun lima grid karena penggantian girboks yang tidak terjadwal.
  • ^4Jolyon Palmer gagal menetapkan waktu putaran di sesi Q1, dan diizinkan untuk turun balapan atas kebijakan dari pengawas balapan.

Klasifikasi balapan[sunting | sunting sumber]

Pos. No. Pembalap Konstruktor Putaran Waktu/Tersingkir Grid Poin
1 3 Australia Daniel Ricciardo Red Bull Racing-TAG Heuer 51 2:03:55.573 10 25
2 77 Finlandia Valtteri Bottas Mercedes 51 +3.904 2 18
3 18 Kanada Lance Stroll Williams-Mercedes 51 +4.009 8 15
4 5 Jerman Sebastian Vettel Ferrari 51 +5.976 4 12
5 44 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes 51 +6.188 1 10
6 31 Prancis Esteban Ocon Force India-Mercedes 51 +30.298 7 8
7 20 Denmark Kevin Magnussen Haas-Ferrari 51 +41.753 12 6
8 55 Spanyol Carlos Sainz Jr. Toro Rosso 51 +49.400 15 4
9 14 Spanyol Fernando Alonso McLaren-Honda 51 +59.551 19 2
10 94 Jerman Pascal Wehrlein Sauber-Ferrari 51 +1:29.093 14 1
11 9 Swedia Marcus Ericsson Sauber-Ferrari 51 +1:31.794 17
12 2 Belgia Stoffel Vandoorne McLaren-Honda 51 +1:32.160 18
13 8 Prancis Romain Grosjean Haas-Ferrari 50 +1 Lap 16
141 7 Finlandia Kimi Räikkönen Ferrari 46 Kebocoran oli 3
Ret 11 Meksiko Sergio Pérez Force India-Mercedes 39 Setir mobil 6
Ret 19 Brasil Felipe Massa Williams-Mercedes 25 Suspensi 9
Ret 27 Jerman Nico Hülkenberg Renault 24 Kecelakaan 13
Ret 33 Belanda Max Verstappen Red Bull Racing-TAG Heuer 12 Tekanan oli 5
Ret 26 Rusia Daniil Kvyat Toro Rosso 9 Elektrik 11
Ret 30 Britania Raya Jolyon Palmer Renault 7 Mesin 20
Sumber:[8]
Catatan
  • ^1Kimi Räikkönen mengundurkan diri dari perlombaan, namun tetap diklasifikasikan karena ia telah menyelesaikan 90% jarak balapan pemenang.

Klasemen sementara Kejuaraan Dunia setelah perlombaan[sunting | sunting sumber]

  • Catatan: Hanya lima posisi teratas saja yang dimasukkan ke dalam tabel klasemen di atas ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sirkuit Kota Baku sebelumnya menjadi tuan rumah Grand Prix Eropa 2016 sebelum balapan tersebut menjadi Grand Prix Azerbaijan menjelang musim 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix". formula1.com. Formula One World Championship Limited. Diakses tanggal 20 June 2017. 
  2. ^ Mitchell, Malcolm. "2017 Formula 1 World Championship Programmes - The Motor Racing Programme Covers Project". Progcovers.com. Diakses tanggal 18 November 2018. 
  3. ^ Mitchell, Malcolm. "Baku City Circuit - The Motor Racing Programme Covers Project". Progcovers.com. Diakses tanggal 18 November 2018. 
  4. ^ "F1 reveals overall rise in 2017 attendance". Gpupdate.net. 8 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2017. 
  5. ^ "FIA Announces World Motorsports Council decisions". Fédération Internationale de l'Automobile. 30 November 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2016. Diakses tanggal 30 November 2016. 
  6. ^ "No German Grand Prix on F1 2017 calendar but Azerbaijan race is official". The Guardian. Reuters. 30 November 2016. Diakses tanggal 30 November 2016. 
  7. ^ a b "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix – Qualifying". Formula1.com. Formula One World Championship Ltd. 24 June 2017. Diakses tanggal 24 June 2017. 
  8. ^ a b "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix – Race Result". Formula1.com. Formula One World Championship Ltd. 25 June 2017. Diakses tanggal 25 June 2017. 
  9. ^ "Williams F1- Podiums". 
  10. ^ "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix – Practice 1". BBC Sport. Diakses tanggal 10 June 2017. 
  11. ^ "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix – Practice 2". Formula1.com. 
  12. ^ a b "2017 Formula 1 Azerbaijan Grand Prix – Practice 3". Formula1.com. 
  13. ^ "F1: Ricciardo wins Azerbaijan Grand Prix after Hamilton and Vettel clash – as it happened". Guardian. 25 June 2017. Diakses tanggal 4 July 2017. 
  14. ^ a b "Azerbaijan 2017 - Championship • STATS F1". www.statsf1.com. Diakses tanggal 8 March 2019. 


Seri sebelumnya:
Grand Prix Kanada 2017
Kejuaraan Dunia Formula Satu
musim 2017
Seri selanjutnya:
Grand Prix Austria 2017
Tahun sebelumnya:
Tidak ada
Balapan sebelumnya di Sirkuit Kota Baku: Grand Prix Eropa 2016
Grand Prix Azerbaijan Tahun selanjutnya:
Grand Prix Azerbaijan 2018