Totodile

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Totodile
Totodile.png
Nomor Pokédex
Nasional
#158
Generasi II
Sebelumnya Selanjutnya
Typhlosion (#157) Croconaw (#159)
Regional
Johto #007
Hoenn #313
Penampilan perdana
Permainan
Seri Pokémon
Judul Pokémon Gold and Silver
Info produksi
Generasi II (Kedua) - 1999
Perancang Ken Sugimori
Info Pokémon
Tipe air
Spesies Pokémon rahang besar
Kemampuan Torrent (Arus Deras)
Sheer Force (Kekuatan Belaka) – tersembunyi
Tinggi 0,6 m (24 in)
Berat 9,5 kg (21 lb)
Rasio gender
Male black symbol.svg FemaleBlack.svg
87,5% jantan  •  12,5% betina
Evolusi
Totodile Arrow Blue Right 001.svg Croconaw Arrow Blue Right 001.svg Feraligatr
Nama dalam bahasa lain
Jepang ワニノコ Waninoko
Jerman Karnimani
Korea 리아코 Riako
Perancis Kaiminus
Tionghoa (Kantonis) 小鋸鱷 Síugeuingohk
Tionghoa (Mandarin) 小鋸鱷 / 小锯鳄 Xiǎojù'è

Totodile (ワニノコ Waninoko?) adalah nama untuk salah satu spesies karakter fiksi dari serial Pokémon bertipe air. Ia menjadi salah satu starter Pokemon di wilayah Johto bersama Chikorita dan Cyndaquil.

Profil[sunting | sunting sumber]

Totodile (nomor 158 di national Pokedex, 007 di Johto, 313 di Hoenn). Pokemon ini berbentuk seperti seekor buaya yang berwarna biru, mempunyai cakar dan gigi yang tajam walaupun ia masih kecil. Habitatnya yaitu tinggal di pinggir sungai, danau, atau pesisir pantai. Meskipun ia kecil, ia sangat tangguh apalagi berada di bawah air.

Sifatnya periang, mudah tertawa, tetapi mudah marah saat diganggu. Di sisi lain, ia dapat menyemburkan air yang lebih kuat saat terdesak. Karena bentuk yang kadang-kadang menyerupai naga, ia dapat mempelajari serangan Dragon Claw. Kebiasaannya yang aneh yaitu suka menggigit sesuatu di sekitarnya, termasuk pemiliknya.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Sebagai Pokemon air, Totodile dapat menyemburkan air cukup untuk menghantam lawannya. Teknik air yang biasanya diperlajari seperti Water Gun dan Hydro Pump. Selain itu, gigitannya yang menyakitkan kadang-kadang sangat dingin sebagai senjatanya. Dengan pandangan matanya yang tajam, ia dapat menakuti lawannya hingga kabur. Karena tampilannya yang menyerupai naga, ia dapat mempelajari jurus bertipe naga seperti Dragon Claw.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Seperti Pokemon jenis air lainnya, biasanya ia tinggal di pinggir sungai, danau, dan pesisir pantai. Meskipun demikian, sebagai Pokemon starter ia sangat jarang ditemukan.

Serial Animasi[sunting | sunting sumber]

Ash Ketchum (Satoshi) kemudian menangkap Totodile dalam The Totodile Duel, setelah berjuang untuk itu dengan Misty. Misty yang ingin memiliki Totodile akhirnya kalah saat bertarung memperebutkannya. Totodile, yang memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan, tetap dengan dia sepanjang petualangan Ash di Johto, sebelum di tinggal di laboratorium Profesor Oak.

Totodile milik Profesor Elm hilang dalam Don't Touch That 'Dile. Bahwa Totodile ditemukan Team Rocket dan mengunyah rambut Jessie. Ash dan teman-temannya berhasil mengembalikan kembali ke Profesor Elm.

Marina memiliki Feraligatr diberi nama Wani-Wani yang berevolusi dari Totodile yang ia terima dari Prof Elm dalam The Legend of Thunder!.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Totodile dapat dipilih sebagai Pokémon starter di Pokémon Gold dan Silver, serta versi remake yaitu Pokémon HeartGold dan SoulSilver yang akan dirilis pada tahun 2010 ini. Sementara di Pokemon Emerald dapat didapatkan dari Profesor Birch setelah melengkapi Pokedex wilayah Hoenn. Untuk di permainan versi lain, hanya dengan cara menukar dengan teman atau menggunakan kode curang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]