Chikorita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chikorita
Chikorita.png
Nomor Pokédex
Nasional
#152
Sebelumnya Selanjutnya
Mew (#151) Bayleef (#153)
Regional
Johto #001
Hoenn #307
Penampilan perdana
Permainan Pokémon Gold and Silver
Info produksi
Generasi II (Kedua) - 1999
Perancang Ken Sugimori

Chikorita (チコリータ Chikorīta?) merupakan salah satu spesies Pokémon jenis pepohonan/rumput.

Chikorita[sunting | sunting sumber]

Dikenal sebagai Pokémon silet, Chikorita merupakan Pokémon starter dalam seri video game Pokémon Gold dan Silver, dan juga versi remake-nya Pokémon HeartGold dan SoulSilver. Sementara dalam seri Pokémon Emerald, pemain bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan Chikorita bila mereka bisa melengkapkan Pokedex Hoenn. Chikorita juga tampil dalam game Nintendo GameCube Super Smash Bros. Melee dan sekuelnya dalam Nintendo Wii, Super Smash Bros. Brawl.

Chkorita merupakan seekor Pokémon reptil kecil berwarna hijau, dengan pola warna hijau yang tipis dan mata berwarna merah. Ciri lain yang membuat ia mudah dikenali adalah unsur daun tipis seperti silet pada bagian kepalanya.

Sama seperti jenis-jenis Pokémon tipe rumput yang lain, Chikorita menyukai daerah yang lembap dan hangat tetapi banyak air. Mereka mampu bertahan dalam kelembapan tinggi dan temperatur yang rendah. Sifatnya yang lain adalah, Chikorita termasuk Pokémon yang secara emosional sensitif. Chikorita juga termasuk Pokémon yang jarang bisa ditemui di alam bebas, nyaris sama seperti dua bentuk perubahannya, Bayleef dan Meganium.

Dalam serial animasi, Chikorita pertama kali terlihat sebagai Pokémon milik Casey. Ash Ketchum kemudian berhasil menangkap seekor Chikorita setelah ia menyelamatkannya dari badai salju hebat. Chikorita yang Ash miliki termasuk yang kuat dan handal, serta mudah beradaptasi dan bergaul dengan manusia. Chikorita lantas berubah menjadi Bayleef ketika ia sedang membantu Ash Ketchum untuk menghalau Team Rocket.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]