Parlemen Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Suasana sebuah sesi persidangan

Parlemen Jepang atau Kokkai (国会) adalah nama parlemen Jepang. Parlemen Jepang terdiri dari dua kamar: Dewan Perwakilan Rakyat (衆議院 shūgi'in) dan Dewan Penasihat (参議院 sangi'in). Kedua majelis dipilih secara langsung melalui sistem pemilihan paralel. Di samping memutuskan undang-undang, Kokkai bertanggung jawab memilih Perdana Menteri Jepang.

Menurut Konstitusi Jepang, Kokkai adalah "aparatur kekuasaan negara tertinggi" dan "satu-satunya aparatur negara yang menciptakan undang-undang" di Jepang. Selain undang-undang, anggota parlemen juga bertugas dalam menyetujui anggaran negara dan meratifikasi perjanjian negara.

Jumlah anggota tidak ditetapkan. Dewan Perwakilan Rakyat mempunyai 480 anggota (sejak tahun 1996) yang bertugas selama empat tahun. Meskipun begitu, majelis ini dapat dibubarkan kapanpun juga jika sang perdana menteri memutuskan untuk mengadakan pemilu sebelum berakhirnya masa tugas. Dewan Penasihat mempunyai 242 anggota yang bertugas selama enam tahun. Keanggotaan parlemen terbuka kepada warga Jepang yang berusia sekurangnya 25 tahun (untuk Dewan Perwakilan Rakyat) dan 30 tahun (untuk Dewan Penasihat). Gedung Parlemen Nasional (国会議事堂 kokkai-gijidō) terletak di Nagatacho, Chiyoda, Tokyo. Tahun 2017, Parlemen Jepang meloloskan undang-undang khusus yang memuluskan jalan Kaisar Jepang, Akihito, untuk mengundurkan diri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]