Lambang Negara dan Kekaisaran Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Negara dan Kekaisaran Jepang
Imperial Seal of Japan.svg
Detail
PemakaiNaruhito, Kaisar Jepang
Digunakan sejak1183
KepalaChrysanthemum

Lambang Kekaisaran Jepang atau Cap Kekaisaran Jepang , juga disebut Cap Krisan (菊 紋 kikumon), Cap Bunga Krisan (菊花 紋, 菊花 紋章 kikukamon, kikukamonshō) atau lambang krisan (菊 の 御 ik kikunogomon) adalah salah satu lambang nasional dan crest (mon) yang digunakan oleh Kaisar Jepang dan anggota Keluarga Kekaisaran. Ini berbeda dengan lambang Paulownia yang digunakan oleh pemerintah Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama periode Meiji, tidak ada yang diizinkan untuk menggunakan Segel Kekaisaran kecuali Kaisar Jepang, yang menggunakan krisan 16 kelopak dengan enam belas ujung deretan kelopak lain yang muncul di belakang deretan pertama..[1][2] Oleh karena itu, setiap anggota keluarga Kekaisaran menggunakan versi segel yang sedikit dimodifikasi.

Kuil-kuil Shinto memajang segel kekaisaran atau elemen-elemen yang tergabung dari segel ke dalam lambang mereka sendiri. Sebelumnya dalam sejarah Jepang, ketika Kaisar Go-Daigo, yang mencoba untuk mematahkan kekuasaan syogun pada tahun 1333, diasingkan, ia mengadopsi krisan tujuh belas kelopak untuk membedakan dirinya dari Kaisar Kōgon di Pengadilan Utara yang menjaga kekaisaran 16 mon.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Simbol dari lambang ini adalah krisan kuning atau jingga dengan garis dan latar belakang hitam atau merah. Disk pusat dikelilingi oleh set depan 16 kelopak. Set belakang 16 kelopak setengah terhuyung-huyung dalam kaitannya dengan set depan dan terlihat di tepi bunga. Contoh dari krisan yang digunakan adalah dalam lencana untuk Orde Krisan.

Anggota lain dari Keluarga Kekaisaran menggunakan versi dengan 14 kelopak tunggal, sedangkan cap dengan 16 kelopak tunggal digunakan untuk pin pesanan, paspor, dan barang-barang lainnya yang membawa atau mewakili wewenang Kaisar. Segel Kekaisaran juga digunakan pada standar Keluarga Kekaisaran.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]