Lambang Kazakhstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Lambang Kazakhstan
Emblem of Kazakhstan.svg
Detail
Pemakai Republik Kazakhstan
Digunakan sejak 4 Juni 1992
Kepala Bintang bersudut lima
Perisai berlukis bahasa Kazak: Шаңырақ
Pendukung Tulpar
Moto ҚA3AҚCTAH

Lambang Kazakhstan berbentuk lingkaran berwarna biru dengan motif shanyrak (bahasa Kazak: Шаңырақ) di tengahnya. Lambang dihiasi oleh garis-garis emas dan gambar kuda angin yang mengepakkan sayapnya. Ada juga bintang bersudut lima kecil di atas. Lambang Kazakhstan diadopsi pada 4 Juni 1992 setelah memenangan sayembara lambang negara. Lambang negara ini didesain oleh Janarbek Melibekov dan Shota Walikhanov. Sebelum tahun 1992, lambang Kazakhstan mirip dengan semua lambang negara bawahan Uni Soviet lainnya.

Bagian tengah lambang terdapat shanyrak, yang terdapat pada bagian atas kerangka rumah tradisional Kazakh, yaitu yurt. Shanyrak melambangkan kesejahteraan keluarga dan perdamaian. Motif serupa shanyrak yang diberi nama tunduk terdapat pada bendera Kirgizstan.

Warna utama pada lambang Kazakhstan adalah biru langit dan emas. Emas melambangkan masa depan bangsa Kazakh yang cerah. Sementara warna biru melambangkan harapan akan perdamaian, keteguhan, dan persahabatan dengan semua bangsa. Nama negara dalam bahasa Kazakh terdapat pada bagian bawah lambang.