Lambang Montenegro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Montenegro

Lambang Montenegro (Montenegrin: Грб Црне Горе / Grb Crne Gore) secara resmi diadopsi pada 12 Juli 2004 oleh parlemen Montenegro. Lambang ini juga muncul pada bendera nasional. Lambang ini baru diatur oleh konstitusi pada 2 Oktober 2007.

Lambang ini menampilkan elang berkepala dua khas Bizantium yang melambangkan persatuan antara gereja dan negara.

Lambang yang menampilkan elang berkepala dua digunakan oleh Kepangeranan Zeta di bawah Wangsa Crnojević pada abad ke-14.

Singa yang terdpat di dalam perisai adalah sebagai simbol kekuasaan uskup dan bisa dianggap perumpamaan untuk Singa Yehuda. Selain itu, ini juga memiliki beberapa kesamaan dengan motif yang ada di lambang Venesia, yang memiliki andil besar dalam sejarah Montenegro. Setelah Montenegro memperoleh kembali kemerdekaannya dari Kekaisaran Ottoman, Montenegro secara bertahap menjadi sebuah negara teokrasi untuk membentuk front penyatuan guna melawan berbagai invasi Turki di negara itu. Karena alasan ini, otoritas gereja tercermin dalam berbagai lambang.

Mahkota di atas lambang melambangkan mahkota Wangsa Petrović-Njegoš.

Lambang ini tak hanya ditemukan di tempat-tempat umum seperti sekolah atau kantor pemerintahn, tetapi juga tempat-tempat pribadi seperti rumah, pusat-pusat bisnis, dan universitas swasta, sebagai wujud kebanggaan nasional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]