Lambang Nepal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang negara Nepal.

Lambang negara Nepal adalah lambang yang digunakan negara Nepal dan mulai digunakan sejak periode rekonsiliasi setelah Perang Saudara Nepal. Pada tanggal 30 Desember 2006, lambang negara baru ini diperkenalkan. Lambang negara ini menampilkan bendera Nepal, Puncak Everest, perbukitan hijau melambangkan kawasan pergunungan Nepal, dan warna kuning melambangkan kawasan terai yang subur. Tangan pria dan wanita berjabat tangan melambangkan kesetaraan jender, dan rangkaian bunga rhododendron (bunga nasional Nepal). Di atas lambang ini terdapat siluet peta wilayah Nepal.

Semboyan[sunting | sunting sumber]

Di bagian dasar lambang ini terdapat pita yang bertuliskan semboyan nasional dalam bahasa Sanskerta: जननी जन्मभूमिश्च स्वर्गादपी गरीयसी (jananī janmabhūmiśca svargādapi garīyasī), yang bermakna "Bunda dan tanah air lebih agung daripada surga." [1] Bait lengkapnya dalam bahasa Sanskerta adalah:

अपि स्वर्णमयी लंका न मे लक्ष्मण रोचते ।
जननी जन्मभूमिश्च स्वर्गादपि गरीयसी ।।

Yang bermakna:

Aku tidak peduli kepada Lanka, wahai Lakshmana, meskipun negeri ini berlapis emas.
Bunda dan tanah air lebih berharga daripada surga

Secara populer kutipan ini dianggap berasal dari ucapan Rama ketika adik lelakinya Lakshmana mengungkapkan keinginannya untuk tinggal di Lanka (Alengkapura). Kutipan ini tidak dapat dipastikan berasal dari Ramayana tetapi dikutip dalam karya Bankim Chandra Chattopadhyay yaitu Anandamath [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]