Lambang Malaysia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Negara Malaysia
Jata Negara Malaysia (Melayu)
Coat of arms of Malaysia.svg
Penjelasan
Pemangku Yang di-Pertuan Agong Malaysia
Sejak 1965
Mastaka Bulan sabit kuning dengan bintang federal berpucuk 14
Perisai Empat bagian yang sama diatas adalah barisan lima keris, diapit pohon Pinang dengan jembatan Penang di sebelah kiri dan pohon Melaka di sebelah kanan, pada bagian dasae terdapat lambang negara bagian Sabah dan Sarawak serta Bunga Raya (kembang sepatu) bunga kebangsaan Malaysia
Penopang Dua harimau dalam posisi berdiri mencakar
Elemen Bersekutu Bertambah Mutu (Persatuan adalah Kekuatan) dalam Bahasa Melayu dan aksara Jawi

Lambang Malaysia, atau disebut Jata Negara di Malaysia terdiri dari perisai yang ditopang dua harimau. Di atas perisai terdapat bintang dan bulan sabit berwarna kuning. Di bawahnya terdapat pita dengan semboyannya "Bersekutu Bertambah Mutu".

Warna[sunting | sunting sumber]

Warna kuning pada bintang, bulan sabit, dan pita adalah warna kerajaan bagi raja-raja Malaysia, yang melambangkan kedaulatan.

Bulan dan Bintang[sunting | sunting sumber]

Bintang bersudut 14 menandakan persatuan 13 negara bagian dan Wilayah Persekutuan dalam Persekutuan Malaysia, sedangkan bintang bersama-sama dengan bulan sabit merupakan lambang Agama Islam sebagai agama resmi Malaysia.

Lambang negara bagian[sunting | sunting sumber]

Di bagian atas perisai, terdapat lima bilah keris yang melambangkan lima negara bagian (Johor, Kedah, Perlis, Kelantan, dan Terengganu) yang tidak tergabung dalam Negeri-Negeri Melayu Bersekutu pada tahun 1895–1946. Di bawahnya terdapat empat jalur warna melambangkan negara bagian yang tergabung dalam Negeri-Negeri Melayu Bersekutu, yaitu Pahang (hitam dan putih), Selangor (merah dan kuning), Perak (hitam, putih, dan kuning), dan Negeri Sembilan (merah, hitam, dan kuning).

Di bagian kiri perisai terdapat pohon pinang dan jembatan menandakan Negara Bagian Pulau Pinang, dan di bagian kanan terdapat pohon melaka menandakan Negara Bagian Melaka. Kedua negara bagian itu adalah bagian dari Negeri-Negeri Selat dahulu. Bagian kiri bawah merupakan lambang Negara Bagian Sabah, sedangkan di kanan bawah merupakan lambang Negara Bagian Sarawak. Di tengah-tengahnya terdapat bunga kembang sepatu atau bunga raya yang merupakan bunga nasional Malaysia.

Harimau[sunting | sunting sumber]

Dua harimau yang menopang perisai merupakan simbol kekuatan dan keberanian, diambil dari lambang Negara Federasi Malaya.

Semboyan[sunting | sunting sumber]

Semboyan "Bersekutu Bertambah Mutu" ditulis dengan huruf Latin di sebelah kiri dan huruf Jawi di sebelah kanan pita berwarna kuning pada bagian bawah lambang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]