Lambang Tajikistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Lambang Tajikistan
Emblem of Tajikistan.svg
Detail
Pemakai Republik Tajikistan
Digunakan sejak 1993
Pendukung Kapas dan gandum yang dililit oleh bendera

Lambang Tajikistan yang digunakan saat ini merupakan hasil modifikasi dari lambang yang digunakan semasa pemerintahan Uni soviet. Lambang ini digunakan setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 1992, lambang yang digunakan negeri ini mirip dengan semua republik di bawah kekuasaan Uni Soviet lainnya[1].

Pada tahun 1992 sampai tahun 1993, Tajikistan menggunakan simbol khas Persia yakni singa dan matahari yang kemudian diganti setelah presiden Emomali Rahmon dilantik.

Makna[sunting | sunting sumber]

Pada bagian tengah lambang terdapat mahkota seperti pada bendera, yang dalam bahasa Persia disebut taj. Menurut salah satu penafsiran, dari situlah nama Tajik berasal. Di bagian bawah terdapat gambar sebuah pegunungan dengan matahari terbit yang melambangkan pegunungan Pamir yang memang terletak di timur Tajikistan. Di bawahnya terdapat sebuah buku. Di kiri dan kanan lambang terdapat gandum dan kapas yang dililit bendera Tajikistan dengan tanpa mahkota.

Lambang Tajikistan yang digunakan antara tahun 1992 sampai tahun 1993

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Borjian, Habib (December 15, 1999). "FLAGS iii. of Tajikistan". Encyclopædia Iranica. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2013. Diakses tanggal February 4, 2013.