Lambang Uzbekistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Lambang Uzbekistan
Coat of arms of Uzbekistan.svg
Versions
Coat of arms of Uzbekistan cyrillic.svg
Versi Sirilik
Detail
Pemakai Republik Uzbekistan
Digunakan sejak 2 Juli 1992
Kepala Rub al-hizb yang berwarna biru langit dengan bintang dan bulan sabit di dalamnya
Pendukung Kapas dan Gandum
Elemen lain Matahari terbit di pegunungan dengan dua sungai dan burung Khumo yang melambangkan budi luhur dan pengabdian.

Lambang Uzbekistan diadopsi pada 2 Juli 1992. Lambang negara ini mirip dengan lambang yang digunakan pada zaman pemerintahan Uni Soviet. Dan sebelum tahun 1992, lambang negara ini hampir sama dengan lambang negara-negara bawahan Uni Soviet lainnya.

Lambangnya berbentuk lingkaran dan didominasi dengan warna putih, hijau, dan biru. Di sebelah kanan lambang terdapat gandum dan di sebelah kiri lambang terdapat kapas. Keduanya merupakan produk pertanian utama di negara ini sekaligus sumber bahan pangan dan sandang rakyat Uzbekistan.

Pada bagian atas lambang terdapat Rub al-hizb (۞), dan gambar bintang dan bulan sabit di dalamnya. Keduanya bermakna Islam adalah agama mayoritas rakyat Uzbekistan.

Pada bagian tengah terdapat burung mitologi rakyat Uzbek yang bernama khumo yang wajahnya menghadap ke kanan dengan sayap terbuka. Khumo merupakan lambang kebahagiaan, cinta, dan kebebasan. Pada simbol lingkaran terdapat matahari yang terbit di pegunungan dengan sinar krepuskularnya. Adapun dua sungai yang mengalir dari pegunungan itu melambangkan sungai Amu Darya dan Syr Darya.

Khumo yang bertengger membawa pita triwarna biru, putih, dan hijau (ketiganya merupakan warna nasional Uzbekistan) pada kakinya yang bertuliskan nama negara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]