Lambang Turkmenistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Lambang Turkmenistan
Emblem of Turkmenistan.svg
Versions
Coat of Arms of Turkmenistan 2000-2003.svg
2000-2003
Coat of Arms of Turkmenistan 1992-2000.svg
1992-2000
Detail
Pemakai Turkmenistan
Kepala Bulan sabit dan lima bintang
Perisai berlukis Lingkaran biru dengan gambar kuda Akhal-Teke di dalam sebuah lingkaran merah dengan lima buah karpet dan dikelilingi beberapa tangkai gandum dan tujuh bunga.
Elemen lain Lambang berada di dalam bintang bersudut delapan Rub al-hizb

Lambang Turkmenistan digunakan saat kemerdekaan dari Uni Soviet di tahun 1991. Lambang ini menampilkan bintang bersudut delapan (Rub al-hizb) yang merupakan salah satu simbol Islam yang juga merupakan agama mayoritas negeri ini. Di dalamnya ada lingkaran merah bersisi emas yang dikelilingi oleh beberapa tangkai gandum. Didalamnya ada lima karpet yang melambangkan lima klan Turkmen yaitu Teke, Yomut, Arsary, Chowdur, dan Saryq. Di dalam lingkaran merah ada lingkaran biru yang menampilkan kuda khas Turkmenistan yaitu Akhal-Tepe. Lambang yang berbentuk bulat digunakan antara tahun 1992 sampai tahun 1993.

Pada bagian atas terdapat bulan sabit dengan lima bintang. Bulan sabit merupakan simbol utama bangsa Turk, sementara lima bintang melambangkan lima provinsi di Turkmenistan, yaitu Ahal, balkan, Dashowuz, Lebap, dan Mary.