Lambang Bosnia dan Herzegovina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Bosnia dan Herzegovina

Lambang Bosnia dan Herzegovina diadopsi pada yahun 1998, menggantikan desain yang digunakan tahun 1992 ketika Bosnia dan Herzegovina memperoleh kemerdekaannya. Lambang ini menyerupai bendera nasional. Bentuk segitiga menyimbolkan tiga etnis utama dan juga bentuk negara. Warna biru melambangkan sungai, langit, dan danau. Bintang putih melambangkan Eropa, di mana bintang di awal dan akhir deret tidak digambarkan utuh. Deret ini sengaja dibuat agar memberi kesan jumlah bintang yang tidak terbatas, sebagai simbolisasi sesuatu yang berjalan terus menerus.

Lambang historis[sunting | sunting sumber]

Lambang Fojnica
Lambang Kondominium Bosnia dan Herzegovina

Lambang Bosnia paling awal dibuat pada tahun 1340, sebagai lambang Fojnica. Lambang ini menampilkan perisai kuning dengan dua tongkat hitam menylilang. Di atasnya terdapat mahkota emas. Di dalam perisai utama terdapat perisai merah yang lebih kecil bergambar bulan dan bintang. Lambang ini menjadi inspirasi lambang Kondominium Bosnia dan Herzegovina.

Lambang raja-raja Bosnia digunakan dari tahun 1377 hingga 1463 atas wilayah yang sekarang disebut Bosnia-Herzegovina dan Dalmasia, yang terdiri dari perisai biru dengan enam bunga lili simbol Lilium bosniacum, yang merupakan bunga lili endemik Bosnia. Puncaknya adalah bulu-bulu bulu merak yang duduk di dalam coronet fleur de lys. Wangsa Kotromanić memerintah sampai 1463. Ketika Ottoman menaklukkan wilayah tersebut, lambang ini berhenti digunakan. Lambang ini menjadi inspirasi lambang yang diadopsi oleh republik pada tahun 1992.

Setelah Herzegovina dan Bosnia diduduki oleh Kekaisaran Austria-Hongaria pada tahun 1878, lambang menampilkan perisai kuning dengan mahkota di atasnya. Lambang menampilkan lengan prajurit berbaju merah yang mengacungkan pedang.

Pada abad kesembilan belas, gerakan nasionalis yang bangkit melawan pemerintahan Ottoman dan pendudukan Austro-Hungaria kontemporer menghidupkan kembali lambang-lambang Fojnica.

Era Komunis[sunting | sunting sumber]

Lambang Republik Sosialis Bosnia dan Herzegovina

Lambang dan bendera Republik Sosialis Bosnia dan Herzegovina diadopsi 31 Desember 1946. Deskripsi lambang itu mirip deskripsi lambang republik lain di Yugoslavia. Lambang ini menampilkan tangkai-tangkai gandum di depan cerobong asap pabrik. Lambang ditopang oleh dua rumpun dedaunan dengan pita yang melilitnya. Bintang merah dengan garis tepi emas terdapat di atasnya, melambangkan sosialisme.

Lambang melambangkan pentingnya industri di Bosnia dan Herzegovina terhadap perekonomian Yugoslavia. Di antara republik-republik Yugoslavia yang lain, hanya Bosnia yang tidak menampilkan simbol-simbol nasionalis. Ini untuk menghindari kecemburuan antar-etnis lantaran kondisi demografis Bosnia dan Herzegovina yang beragam.

Lambang modern[sunting | sunting sumber]

Lambang yang digunakan antara 1992-1998

Lambang Republik Bosnia dan Herzegovina diadopsi pada 4 Mei 1992 dan terinspirasi lambang Wangsa Kotromanic. Berupa perisai biru yang dibatasi garis putih yang melambangkan pedang Raja Tvrtko. Lambang ini didesain dengan terburu-buru, karena bertepatan dengan Perang Bosnia yang berlangsung hingga tiga tahun. lambang ini lalu diprotes oleh orang-orang Serb dan Kroat di Bosnia karena dianggap terlalu Bosniak. Dan pada tahun 1998, lambang ini digantikan oleh lambang yang digunakan sampai sekarang.

Namun, lambang ini masih digunakan oleh beberapa divisi dalam Angkatan Bersenjata Bosnia dan Herzegovina.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]