Lambang Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Orzeł Biały (Elang putih)
Herb Polski.svg
Penjelasan
Pemangku The Republic of Poland
Sejak 1295; terakhir diubah tahun 1990
Perisai Elang putih dengan mahkota emas berlatar warna merah
Bendera Polandia dengan lambang negara

Lambang Polandia berwujud elang putih dalam sebuah perisai berlatar warna merah. Elang ini bermahkota dan memiliki cakar serta paruh berwarna emas. Di Polandia, lambang negara biasanya disebut Elang Putih (Orzeł Biały), dan ditulis menggunakan huruf besar.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Sang Elang Putih menurut cerita asalnya ketika sang pendiri Negara Polandia, Lech melihat sebuah sarang elang putih. Ketika ia melihat burung ini ada sinar matahari di sayapnya sehingga seolah-olah pucuknya ada emasnya sementara bagianlain berwarna putih.

Beberapa sejarawan menganggap bahwa asal lambang ini adalah lambang Kekaisaran Romawi atau Kekaisaran Suci Romawi. Lambang Kekaisaran Suci Romawi biasanya elang warna hitam, namun ada kota-kota yang memiliki lambang elang putih seperti Frankfurt am Main dan Schweinfurt.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Elang putih awalnya berada di koin-koin uang yang dicetak pada masa pemerintahan Raja Boleslaus, dan awalnya maksudnya lambang dinasti Piast.

Przemysł II yang pertama memperkenalkan Elang Putih sebagai simbol nasional Polandia.

Versi paling anyar lambang ini mulai diterapkan pada tahun 1927 dengan amandemen undang-undang dasar Polandia. Pada tahun 1945, rezim komunis yang baru menghilangkan mahkota dari kepala elang dan mengganti kembang-kembangan (mungkin tak sengaja) yang mirip bintang di pucuk sayap dengan bintang benaran. Mahkota ini dianggap simbol kerajaan. Ketika rezim komunis lengser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern saja.

Kaum militer Polandia[sunting | sunting sumber]

Lambang-lambang sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]