Lambang Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Ukraina

Lambang negara Ukraina (Ukraina: Державний Герб України Derzhavnyi Herb Ukrayiny), adalah lambang nasional Ukraina, menampilkan warna yang sama dengan warna pada bendera Ukraina; gambar ini menampilkan perisai biru dengan trisula emas. Lambang ini juga dipakai sebagai Lambang Kepresidenan Ukraina.

Lambang ini secara resmi diadopsi pada 19 Februari 1992, dan dirancang oleh Andriy Grechylo, Olexiy Kokhan, dan Ivan Turetskyi. Lambang ini terinspirasi dari trisula lambang Raja Volodymyr yang Agung, sang penguasa Rus Kiev.

Trisula itu tidak dianggap sebagai simbol nasional sampai 1917, ketika salah satu sejarawan Ukraina paling terkenal, Mykhailo Hrushevsky, mengusulkan untuk mengadopsi itu sebagai simbol nasional (di samping varian lain termasuk arbalesta, busur panah atau seorang Kazaki yang membawa senapan). Pada 25 Februari 1918, Parlemen Ukraina mengadopsinya sebagai lambang Republik Rakyat Ukraina yang berumur pendek.

Selama periode Soviet 1919-1991 dan kemerdekaan antara 1991-1992 lambang negara mirip dengan lambang RSFS Rusia dan Uni Soviet - palu arit dengan matahari terbit.