Lambang Latvia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Latvia
Coat of arms of Latvia.svg
Versi besar
Versions
Latvijas Republikas papildinātais mazais ģerbonis.svg
Versi menengah
Latvijas Republikas mazais ģerbonis.svg
Versi kecil
Detail
PemakaiRepublik Latvia
Digunakan sejak15 Juli 1921
Perisai berlukisTerdiri dari tiga bidang: bidang atas bergambar matahari terbit; bidang di kiri bawah bergambar singa; bidang di kanan bawah bergambar griffin yang mengacungkan pedang
PendukungSinga di bagian kiri, griffin di bagian kanan
KompartemenDua cabang ek melingkar di bawah perisai dan diikat oleh bendera berbentuk pita

Lambang Latvia secara resmi diadopsi pada 15 Juli 1921 oleh Majelis Konstitusi Latvia dan digunakan secara resmi pada 19 Agustus 1921. Lambang ini dibuat dengan mengadopsi sejumlah elemen lambang Livonia Swedia dan Polandia serta Kadipaten Kurlandia dan Semgallen. Lambang ini dirancang oleh seniman Rihards Zariņš.

Makna[sunting | sunting sumber]

Tiga bintang emas di atas perisai melambangkan tiga wilayah historis Latvia: Vidzeme (Livonia Swedia), Latgalia (Latgale atau Livonia Polandia), dan Kurzeme (Kurlandia, biasanya juga mewakili Zemgale (Semigallia) atau Kadipaten Kurlandia dan Semgallen).

Matahari keemasan di bagian biru melambangkan kebebasan. Matahari juga digunakan sebagai simbol pembeda dan identitas yang digunakan oleh unit-unit Angakatan Darat Latvia di zaman Kekaisaran Rusia saat Perang Dunia I. Selama perang, matahari dibuat dengan 17 sinar yang melambangkan 17 distrik yang dihuni etnis Latvia.

Bagian bawah dari perisai dibagi menjadi dua bidang:

  • Singa merah dari lambang Kurlandia mewakili Kurlandia dan Semigallia. Simbol ini muncul pertama kali tahun 1569 di lambang Kadipaten Kurlandia dan Semgallen.
  • Griffin perak dari lambang Livonia mewakili Vidzeme dan Latgalia. Lambang Griffin sebagai lambang Kadipaten Livonia muncul pada tahun 1566, ketika wilayah yang sekarang dikenal sebagai Vidzeme dan Latgale berada di bawah kendali Keharyapatihan Lituania dan Jan Hieronimowicz Chodkiewicz diangkat menjadi gubernur pertama Kadipaten Livonia (1566-78).

Singa merah dan griffin perak juga digunakan sebagai penopang di kedua sisi perisai.[1]

Pangkal lambang dihiasi dengan cabang-cabang pohon ek (Quercus robur), yang merupakan salah satu simbol nasional Latvia.

Lambang historis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Coat of Arms of Latvia". Latvijas Valsts Prezidents. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 August 2014. Diakses tanggal 10 August 2014.