Livonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Livonia pada tahun 1534
Livonia Swedia, di antara Estonia Swedia dan Courland (1600an)
Livonia pada tahun 1820

Livonia[a] atau dalam catatan awal Livland,[1] adalah wilayah historis di pantai timur Laut Baltik. Tempat ini dinamai dari orang Livonia, yang tinggal di pantai Latvia saat ini.

Pada akhir abad ke-13, namanya meluas kepada sebagian besar Estonia dan Latvia saat ini, ditaklukan oleh Saudara Pedang Livonia selama Perang Salib Livonia (1193–1290). Livonia abad pertengahan, atau Terra Mariana, mencapai titik terluas setelah Pemberontakan Malam Saint George tahun 1343-1345, yang memaksa Denmark menjual Kadipaten Estonia (Estonia utara ditaklukan oleh Denmark pada abad ke-13) kepada Negara Ordo Teutonik pada tahun 1346. Livonia, seperti yang dipahami setelah mundurnya Denmark pada tahun 1346, berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara, Danau Peipus dan Rusia di timur, dan Lithuania di selatan.

Akibat dari Perang Livonia tahun 1558–1583, wilayah Livonia mengecil menjadi bagian selatan Estonia dan bagian utara Latvia.

Penduduk asli di Livonia adalah beragam suku-suku Finnik di utara dan suku-suku Baltik di selatan. Keturunan tentara salib merupakan inti dari kelus penguasa baru Livonia setelah Perang Salib Livonia, dan akhirnya dikenal sebagai orang Jerman Baltik.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Livonia: Līvõmō, Esti: Liivimaa, Jerman dan bahasa-bahasa Scandinavia: Livland, Jerman arkais: Liefland, Belanda: Lijfland, Latvia dan Lithuanian: Livonija, Polandia: Inflanty, Liwlandia; Rusia: Лифляндия

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Kropotkin, Peter Alexeivitch; Bealby, John Thomas (1911). "Livonia". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 16 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 816–817. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]