Perpustakaan Digital Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari World Digital Library)
Perpustakaan Digital Dunia
en: World Digital Library
URLwww.wdl.org
Nama singkatWDL
TipePendidikan internasional
Perdagangan ?Tidak
LangueMulti-bahasa
PemilikAmerika Serikat
PembuatLibrary of Congress
Service entry (en)21 April 2009
Lokasi kantor pusatWashington, D.C.
NegaraAmerika Serikat
Peringkat Alexa43.543 (11 Agustus 2020)
KeadaanDaring
Twitter: WDLorg

Perpustakaan Digital Dunia atau World Digital Library (WDL) adalah perpustakaan digital antarnegara yang dikelola oleh UNESCO dan Library of Congress (Perpustakaan Kongres) milik Amerika Serikat. Perpustakaan ini diresmikan pada tanggal 21 April 2009 dan dimaksudkan sebagai sumber rujukan dokumen primer berbagai dokumen penting dunia yang bisa diakses dengan bebas biaya.

Misi pembentukan perpustakaan ini adalah untuk mengembangkan pemahaman antarbangsa dan -budaya, memperluas kandungan variasi dan isi pada internet, menyediakan bahan dasar pengajaran bagi pengajar, sarjana, dan peminat umum, serta untuk memperkuat kemampuan lembaga-lembaga mitra untuk mempersempit kesenjangan digital intra- maupun antarnegara.[1] Sebagai tujuan adalah untuk mengembangkan dokumen non-bahasa Inggris dan non-barat di internet, dan membantu penyediaan bahan penelitian akademik. Dalam wawancara dengan majalah Nature, Direktur WDL, John van Oudenaren, menyatakan bahwa sebagian besar generasi muda di dunia banyak memperoleh informasi melalui media elektronik. WDL berusaha menjadi salah satu sumber informasi ini. Selain itu, WDL juga menjadi upaya untuk lebih mendorong negara berkembang memacu digitalisasi arsip dan dokumen sejarah berharga yang mereka miliki.[2]

Perpustakaan ini menyediakan berbagai material sumber primer dari berbagai kebudayaan dunia secara bebas biaya dan dalam format multibahasa, seperti manuskrip, peta, buku langka, partitur musik, rekaman, film, cetakan, foto, rancangan arsitektur, dan berbagai bahan budaya lainya.[3][4][5]

Pada saat peluncurannya, perpustakaan ini memiliki 1.170 material dengan antarmuka menggunakan tujuh bahasa yang dipakai di PBB.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About the World Digital Library: Mission". Diakses tanggal 2009-04-21. 
  2. ^ Cressey D. Prepare to be digitized. NatureNews. Edisi 20-04-2009. doi:10.1038/news.2009.377
  3. ^ "UNESCO and Library of Congress sign agreement for World Digital Library: UNESCO-CI". portal.unesco.org. Diakses tanggal 2009-04-21. 
  4. ^ "BBC NEWS". news.bbc.co.uk. Diakses tanggal 2009-04-21.  Teks " Entertainment " akan diabaikan (bantuan); Teks " UN puts global treasures online" akan diabaikan (bantuan)
  5. ^ "Free-access World Digital Library set to launch". guardian.co.uk. Diakses tanggal 2009-04-21.  Teks " Books " akan diabaikan (bantuan); Teks " guardian.co.uk" akan diabaikan (bantuan)
  6. ^ Cody, Edward (2009-04-21). "U.N. Launches Library Of World's Knowledge". Washington Post. Diakses tanggal 2009-04-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]