Vidzeme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Vidzeme (Vidzeme)
Region
Vidzeme LocMap.png
Lambang
Negara Latvia
Population 251 665 (2003)

Vidzeme (Livonia: Vidumō) adalah salah satu wilayah sejarah dan budaya di Latvia. Secara harfiah Vidzeme berarti "Tanah Pertengahan". Wilayah ini terletak di sebelah utara Sungai Daugava. Kadang-kadang wilayah ini juga disebut dengan nama Jermannya, yaitu "Livland", atau dalam bahasa Latin disebut "Livonia", walaupun wilayah ini hanya mencakup sebagian kecil wilayah Livonia abad pertengahan dan hanya setengah wilayah Livonia Swedia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman dahulu, wilayah Vidzeme dihuni oleh orang-orang Latgalia dan Liv di dekat pesisir Teluk Riga dan di sepanjang wilayah hilir Sungai Daugava dan Gauja. Sebelum periode penaklukan Jerman pada abad ke-13, Sungai Daugava merupakan batas antara wilayah Liv dan Latgalia di timur Daugava dengan wilayah orang Semigalia dan Selonia di tepi kiri sungai.

Setelah meletusnya Perang Livonia, sebagian wilayah Konfederasi Livonia di tepi timur Sungai Daugava dan Patrimoni Riga diserahkan kepada Persemakmuran Polandia-Lituania. Namun, seusai berakhirnya Perang Polandia-Swedia pada tahun 1629, Swedia memperoleh bagian barat Livonia hingga mencapai Sungai Aiviekste. Sungai ini kini menjadi batas antara Vidzeme dengan Latgale.

Pada masa Perang Utara Besar, Livonia Swedia ditaklukkan oleh Kekaisaran Rusia dan secara resmi diserahkan kepada Rusia berdasarkan Perjanjian Nystad pada tahun 1721. Wilayah ini kemudian menjadi bagian dari Kegubernuran Livonia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 57°20′N 25°37′E / 57.333°N 25.617°E / 57.333; 25.617