Sejarah pendidikan di Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejarah pendidikan di Jepang dimulai setidaknya pada abad keenam, ketika pembelajaran Tiongkok diperkenalkan di istana Yamato. Peradaban asing sering kali memberikan ide-ide baru bagi perkembangan budaya Jepang sendiri.

Abad ke-6 sampai ke-15[sunting | sunting sumber]

Ajaran dan gagasan Tiongkok mengalir ke Jepang dari abad keenam hingga kesembilan. Bersamaan dengan masuknya Buddhisme muncul sistem penulisan bahasa Tionghoa dan tradisi sastra, dan Konfusianisme.

Pada abad kesembilan, Heian-kyō (sekarang Kyoto), ibukota kekaisaran, memiliki lima institusi pendidikan tinggi, dan selama sisa zaman Heian, sekolah-sekolah lain didirikan oleh bangsawan dan istana kekaisaran. Selama periode abad pertengahan (1185–1600), biara-biara Buddhis Zen adalah pusat pembelajaran yang sangat penting, dan Sekolah Ashikaga, Ashikaga Gakkō, berkembang pesat pada abad ke-15 sebagai pusat pendidikan tinggi.

Abad ke-16[sunting | sunting sumber]

Pada abad keenam belas dan awal abad ketujuh belas, Jepang mengalami kontak yang intens dengan kekuatan besar Eropa. Misionaris Jesuit, yang menemani pedagang Portugis, mengajarkan agama Kristen dan membuka sejumlah sekolah agama. Dengan demikian, siswa Jepang mulai belajar bahasa Latin dan musik klasik Barat, serta bahasa mereka sendiri.

Zaman Edo[sunting | sunting sumber]

Jepang sangat dipersatukan oleh rezim Tokugawa (1600–1867); dan akademi Neo-Konfusianisme, Yushima Seidō di Edo adalah lembaga pendidikan utama negara. Kepala administrasinya disebut Daigaku-no-kami sebagai kepala sekolah pelatihan Tokugawa untuk birokrat shogun.[1][2]

Ketika zaman Tokugawa dimulai, hanya sedikit orang biasa di Jepang yang bisa membaca atau menulis. Pada akhir zaman, pembelajaran telah menyebar luas. Pendidikan Tokugawa meninggalkan warisan yang berharga: populasi yang semakin melek huruf, ideologi meritokratis, dan penekanan pada disiplin dan kinerja yang kompeten. Di bawah kepemimpinan Meiji berikutnya, yayasan ini akan memfasilitasi transisi cepat Jepang dari negara masyarakat feodal ke negara modernisasi.[3]

Selama periode Tokugawa, peran banyak dari bushi, atau samurai, berubah dari prajurit menjadi birokrat pemerintah, dan sebagai akibatnya, pendidikan formal dan literasi mereka meningkat secara proporsional. Kurikulum Samurai menekankan moralitas dan mencakup studi militer dan sastra. Klasik Konfusianisme dihafal, dan membaca serta melafalkannya adalah metode belajar yang umum. Aritmatika dan kaligrafi juga dipelajari. Kebanyakan samurai bersekolah di sekolah yang disponsori oleh han (domain) mereka, dan pada saat Restorasi Meiji tahun 1868, lebih dari 200 dari 276 han telah mendirikan sekolah. Beberapa samurai dan bahkan rakyat jelata juga menghadiri akademi swasta, yang sering mengkhususkan diri dalam mata pelajaran tertentu Jepang atau kedokteran Barat, ilmu militer modern, meriam, atau Rangaku (studi Belanda), sebagaimana studi Eropa disebut.

Pendidikan rakyat jelata umumnya berorientasi praktis, memberikan pelatihan dasar membaca, menulis, dan berhitung, menekankan kaligrafi dan penggunaan sempoa. Banyak dari pendidikan ini dilakukan di apa yang disebut sekolah kuil (terakoya), yang berasal dari sekolah Buddhis sebelumnya. Sekolah-sekolah ini bukan lagi lembaga keagamaan, dan pada tahun 1867, sebagian besar berlokasi di kuil-kuil. Pada akhir zaman Tokugawa, ada lebih dari 11.000 sekolah semacam itu, yang dihadiri oleh 750.000 siswa. Teknik pengajaran termasuk membaca dari berbagai buku teks, menghafal, sempoa, dan berulang kali menyalin karakter Tiongkok dan aksara Jepang.

Pendidikan umum disediakan untuk Samurai, orang-orang biasa mengajarkan dasar-dasar kepada anak-anak mereka sendiri atau bergabung bersama untuk mempekerjakan seorang guru muda. Pada tahun 1860-an, 40-50% anak laki-laki Jepang, dan 15% anak perempuan, bersekolah di luar rumah. Angka ini sebanding dengan negara-negara besar Eropa pada saat itu (selain Jerman, yang memiliki sekolah wajib).[butuh rujukan]

Pada tahun 1858 Fukuzawa Yukichi mendirikan sekolah swasta studi Barat yang kemudian menjadi Universitas Keio, yang dikenal sebagai institut terkemuka dalam pendidikan tinggi Jepang.

Zaman Meiji[sunting | sunting sumber]

Setelah tahun 1868, kepemimpinan baru membuat Jepang berada di jalur modernisasi yang cepat. Para pemimpin Meiji mendirikan sistem pendidikan publik untuk membantu Jepang mengejar ketinggalan dengan Barat dan membentuk negara modern. Misi seperti misi Iwakura dikirim ke luar negeri untuk mempelajari sistem pendidikan negara-negara Barat terkemuka. Mereka kembali dengan gagasan desentralisasi, dewan sekolah lokal, dan otonomi guru. Ide-ide dan rencana awal yang ambisius, bagaimanapun, terbukti sangat sulit untuk dilaksanakan. Setelah beberapa kali trial and error, muncullah sistem pendidikan nasional yang baru. Sebagai indikasi keberhasilannya, pendaftaran sekolah dasar meningkat dari sekitar 30% persen populasi usia sekolah pada tahun 1870-an menjadi lebih dari 90 persen pada tahun 1900, meskipun ada protes keras dari masyarakat, terutama terhadap biaya sekolah.

Konsep modern masa kanak-kanak muncul di Jepang setelah tahun 1850 sebagai bagian dari keterlibatannya dengan Barat. Para pemimpin era Meiji memutuskan negara-bangsa memiliki peran utama dalam memobilisasi individu—dan anak-anak—untuk melayani negara. Sekolah gaya Barat diperkenalkan sebagai agen untuk mencapai tujuan itu. Pada tahun 1890-an, sekolah telah menghasilkan kepekaan baru tentang masa kanak-kanak.[4] Setelah tahun 1890, Jepang memiliki banyak reformis, pakar anak, editor majalah, dan ibu-ibu terdidik yang menerima sensibilitas baru. Mereka mengajari kelas menengah atas model masa kanak-kanak yang mencakup anak-anak yang memiliki ruang sendiri di mana mereka membaca buku anak-anak, bermain dengan mainan edukatif dan, terutama, mencurahkan banyak waktu untuk pekerjaan rumah sekolah. Ide-ide ini dengan cepat disebarluaskan melalui semua kelas sosial.[5][6]

Setelah tahun 1870 buku pelajaran sekolah berdasarkan etika Konfusianisme digantikan oleh teks-teks kebarat-baratan. Namun, pada tahun 1890-an, setelah kesibukan intensif sebelumnya dengan Barat, terutama ide-ide pendidikan Amerika, pendekatan yang lebih otoriter diberlakukan. Ajaran Konfusianisme dan Shinto tradisional sekali lagi ditekankan, terutama yang menyangkut sifat hierarkis hubungan manusia, pelayanan kepada negara baru, pengejaran pembelajaran, dan moralitas. Cita-cita ini, yang diwujudkan pada Reskrip Kekaisaran tentang Pendidikan 1890, bersama dengan kontrol pemerintah yang sangat terpusat atas pendidikan, sebagian besar membimbing pendidikan Jepang sampai tahun 1945, ketika mereka ditolak secara besar-besaran.[7]

1912 - 1945[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke-20, pendidikan di tingkat dasar egaliter dan hampir universal, tetapi pada tingkat yang lebih tinggi itu multitrek, sangat selektif, dan elitis. Pendidikan Perguruan Tinggi sebagian besar terbatas pada beberapa universitas kekaisaran, di mana pengaruh Jerman kuat. Tiga dari universitas kekaisaran menerima perempuan, dan ada sejumlah perguruan tinggi perempuan, beberapa cukup bergengsi, tetapi perempuan memiliki kesempatan yang relatif sedikit untuk memasuki pendidikan tinggi. Selama periode ini, sejumlah universitas didirikan oleh misionaris Kristen, yang juga berperan aktif dalam memperluas kesempatan pendidikan bagi perempuan, khususnya di tingkat menengah.

Setelah tahun 1919 beberapa universitas swasta menerima status resmi dan diberikan pengakuan pemerintah untuk program yang telah mereka lakukan, dalam banyak kasus, sejak tahun 1880-an. Pada tahun 1920-an, tradisi pendidikan liberal sebentar muncul kembali, khususnya di tingkat TK, di mana metode Montessori menarik pengikut. Pada tahun 1930-an, pendidikan tunduk pada pengaruh militer dan nasionalistik yang kuat, di bawah Sadao Araki.

Periode pendudukan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1945 sistem pendidikan Jepang telah hancur, dan dengan kekalahan itu muncul banyak pemikiran sebelum perang yang didiskreditkan. Gelombang baru gagasan asing diperkenalkan selama periode pascaperang pendudukan militer.

Para pembuat kebijakan pendudukan dan Misi Pendidikan Amerika Serikat, yang didirikan pada tahun 1946, membuat sejumlah perubahan yang bertujuan untuk mendemokratisasi pendidikan Jepang: melembagakan struktur kelas enam-tiga-tiga (enam tahun sekolah dasar, tiga tahun sekolah menengah pertama, dan tiga tahun sekolah menengah atas) dan memperpanjang wajib belajar menjadi sembilan tahun. Mereka mengganti sistem sekolah menengah atas sebelum perang dengan sekolah menengah atas (sekolah menengah atas) yang komprehensif. Kurikulum dan buku pelajaran direvisi, kursus moral nasionalistik dihapuskan dan diganti dengan ilmu sosial, dewan sekolah yang dipilih secara lokal diperkenalkan, dan serikat guru didirikan.

Dengan dihapuskannya sistem pendidikan tinggi yang elitis dan bertambahnya jumlah institusi pendidikan tinggi, peluang untuk pendidikan tinggi semakin besar. Ekspansi dilakukan pada awalnya dengan memberikan status universitas atau perguruan tinggi kepada sejumlah institut teknik, sekolah normal, dan sekolah menengah lanjutan.

Periode pascapendudukan[sunting | sunting sumber]

Setelah pemulihan kedaulatan nasional secara penuh pada tahun 1952, Jepang segera mulai memodifikasi beberapa perubahan dalam pendidikan, untuk mencerminkan ide-ide Jepang tentang pendidikan dan administrasi pendidikan. Kementerian Pendidikan pascaperang mendapatkan kembali kekuasaan yang besar. Dewan sekolah diangkat, bukan dipilih. Sebuah kursus dalam pendidikan moral dilembagakan kembali dalam bentuk yang dimodifikasi, meskipun ada kekhawatiran awal yang substansial bahwa hal itu akan mengarah pada pembaruan nasionalisme yang tinggi. Periode pascapendudukan juga menyaksikan perluasan kesempatan pendidikan yang signifikan. Dari tahun 1945 sampai 1975, rasio lulusan SMP yang melanjutkan ke SMA meningkat pesat, dari 42,5% pada tahun 1950 menjadi 91,9% pada tahun 1975.[8]

Pada 1960-an, pemulihan pascaperang dan percepatan pertumbuhan ekonomi membawa tuntutan baru untuk memperluas pendidikan tinggi. Namun seiring tumbuhnya harapan bahwa kualitas pendidikan tinggi akan meningkat, biaya pendidikan tinggi juga meningkat. Secara umum, tahun 1960-an adalah masa pergolakan besar dalam pendidikan tinggi. Pada akhir dekade khususnya, universitas di Jepang diguncang oleh kerusuhan mahasiswa yang mengganggu banyak kampus. Kerusuhan kampus merupakan pertemuan dari sejumlah faktor, termasuk gerakan anti Perang Vietnam di Jepang, perbedaan ideologi antara berbagai kelompok mahasiswa Jepang, perselisihan masalah kampus, seperti disiplin; pemogokan mahasiswa, dan bahkan ketidakpuasan umum terhadap sistem universitas itu sendiri.

Pemerintah menanggapi dengan Hukum Kontrol Universitas pada tahun 1969 dan, pada awal 1970-an, dengan reformasi pendidikan lebih lanjut. Undang-undang baru mengatur pendirian universitas baru dan kompensasi guru, dan kurikulum sekolah umum direvisi. Institusi pendidikan swasta mulai menerima bantuan publik, dan ujian masuk universitas berstandar nasional ditambahkan untuk universitas nasional. Juga selama periode ini, perselisihan yang kuat berkembang antara pemerintah dan kelompok guru.

Meskipun banyak perubahan pendidikan yang telah terjadi di Jepang sejak tahun 1868, dan terutama sejak tahun 1945, sistem pendidikannya masih mencerminkan ide-ide budaya dan filosofis yang sudah berlangsung lama: bahwa pembelajaran dan pendidikan dihargai dan diupayakan secara serius, dan bahwa pengembangan moral dan karakter adalah integral dengan pendidikan. Warisan meritokratis dari periode Meiji telah bertahan, seperti halnya struktur pendidikan yang terpusat. Minat tetap dalam mengadaptasi ide dan metode asing dengan tradisi Jepang dan dalam meningkatkan sistem secara umum.

1980-an[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari keberhasilan mengagumkan dari sistem pendidikan sejak Perang Dunia II, masalah tetap ada sampai tahun 1980-an. Beberapa kesulitan ini seperti yang dirasakan oleh pengamat dalam dan luar negeri termasuk kekakuan, keseragaman yang berlebihan, kurangnya pilihan, pengaruh yang tidak diinginkan dari ujian masuk universitas (入学試験, nyūgaku shiken), dan penekanan utama pada formal kredensial pendidikan. Ada juga kepercayaan bahwa pendidikan bertanggung jawab atas beberapa masalah sosial dan untuk masalah akademik, perilaku, dan penyesuaian umum dari beberapa siswa. Ada keprihatinan besar juga bahwa pendidikan Jepang harus responsif terhadap persyaratan baru yang disebabkan oleh tantangan internasional dari dunia yang berubah pada abad kedua puluh satu.

Fleksibilitas, kreativitas, internationalisasi (国際化, kokusaika), individualitas, dan keragaman menjadi semboyan gerakan reformasi pendidikan Jepang yang penting pada tahun 1980-an, meskipun mereka menggemakan tema-tema yang didengar sebelumnya, khususnya pada tahun 1970-an. Usulan dan potensi perubahan tahun 1980-an begitu signifikan sehingga beberapa orang membandingkannya dengan perubahan pendidikan yang terjadi ketika Jepang membuka diri ke Barat pada abad kesembilan belas dan dengan pendudukan.

Kekhawatiran gerakan reformasi baru ditangkap dalam serangkaian laporan yang dikeluarkan antara tahun 1985 dan 1987 oleh Dewan Nasional Reformasi Pendidikan, yang dibentuk oleh Perdana Menteri Yasuhiro Nakasone. Laporan akhir menguraikan penekanan dasar dalam menanggapi internasionalisasi pendidikan, teknologi informasi baru, dan media dan penekanan pada individualitas, pendidikan sepanjang hayat, dan penyesuaian terhadap perubahan sosial. Untuk mengeksplorasi arah baru ini, dewan menyarankan agar delapan mata pelajaran khusus dipertimbangkan: merancang pendidikan untuk abad kedua puluh satu; mengatur sistem pendidikan sepanjang hayat dan mengurangi penekanan pada latar belakang pendidikan individu; meningkatkan dan mendiversifikasi pendidikan tinggi; pengayaan dan diversifikasi pendidikan dasar dan menengah; peningkatan kualitas guru; beradaptasi dengan internasionalisasi; beradaptasi dengan era informasi; dan melakukan peninjauan terhadap administrasi dan keuangan pendidikan. Mata pelajaran ini mencerminkan aspek pendidikan dan sosial dari reformasi, sesuai dengan pandangan Jepang tentang hubungan pendidikan dengan masyarakat. Bahkan ketika perdebatan tentang reformasi berlangsung, pemerintah dengan cepat bergerak untuk mulai menerapkan perubahan di sebagian besar dari delapan bidang ini. Reformasi ini telah berlangsung, dan meskipun sebagian besar sekarang telah melupakan pekerjaan yang dilakukan oleh dewan reformasi pada tahun 1980-an, isi dari banyak perubahan dapat ditelusuri kembali hingga saat ini.

Sejarah pendidikan perempuan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan untuk perempuan, yang sering kali dibatasi oleh kendala, telah menjadi masalah sejak zaman Heian lebih dari seribu tahun yang lalu. Tetapi Zaman Sengoku akhirnya memperjelas bahwa perempuan harus dididik untuk membela negara ketika suami mereka meninggal[butuh rujukan]. The Tale of Genji ditulis oleh seorang perempuan terpelajar dari zaman Heian dan tulisan-tulisan oleh perempuan berkembang sepanjang sejarah Jepang[butuh rujukan]. Namun, Chika Kuroda adalah wanita pertama Sarjana Sains, lulus pada tahun 1916 dari Universitas Kekaisaran Tohoku.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kelly, Boyd. (1999). Encyclopedia of Historians and Historical Writing, Vol. 1, p. 522.
  2. ^ De Bary, William et al. (2005). Sources of Japanese Tradition, Vol. 2, p. 69.
  3. ^ R. P. Dore, The Legacy of Tokugawa Education," in Marius B. Jansen, ed., Changing Japanese attitudes toward modernization (1965) pp 99–131
  4. ^ Brian Platt, "Japanese Childhood, Modern Childhood: The Nation-State, the School, and 19th-Century Globalization", Journal of Social History, Summer 2005, Vol. 38 Issuchese 4, pp 965–985
  5. ^ Kathleen S. Uno, Passages to Modernity: Motherhood, Childhood, and Social Reform in Early Twentieth Century Japan (1999)
  6. ^ Mark Jones, Children as Treasures: Childhood and the Middle Class in Early Twentieth Century Japan (2010)
  7. ^ David S. Nivison and Arthur F. Wright, eds. Confucianism in action (1959) p. 302
  8. ^ Morley, James W (ed.), Driven by Growth: Political Change in the Asia-Pacific Region .

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Beauchamp, Edward R., ed. Education and Schooling in Japan since 1945 (Routledge, 2014).
  • Beauchamp, Edward R., and Richard Rubinger, eds. Education in Japan: A source book (2nd ed. Routledge, 2017).
  • De Bary, William Theodore, et al. eds. Sources of Japanese Tradition, Vol. 2. (2005). ISBN 0-23112984-X; ISBN 978-0-23112984-8; OCLC 255020415
  • Dore, R. P. The Legacy of Tokugawa Education," in Marius B. Jansen, ed., Changing Japanese attitudes toward modernization (1965) pp 99–131.
  • Jones, Mark. Children as Treasures: Childhood and the Middle Class in Early Twentieth Century Japan (2010)
  • Kelly, Boyd. (1999). Encyclopedia of Historians and Historical Writing, Vol. 1. London: Taylor & Francis. ISBN 978-1-884-96433-6
  • Passin, Herbert. Society & Education in Japan (1965)
  • Platt, Brian. "Japanese Childhood, Modern Childhood: The Nation-State, the School, and 19th-Century Globalization", Journal of Social History (2005) 38#4, pp 965–985 online
  • Saito, Hiro. "Cosmopolitan Nation-Building: The Institutional Contradiction and Politics of Postwar Japanese Education", Social Science Japan Journal, Summer 2011, Vol. 14 Issue 2, pp 125–44
  • Uno, Kathleen S. Passages to Modernity: Motherhood, Childhood, and Social Reform in Early Twentieth Century Japan. (University of Hawai'i Press, 1999).
  • Yamasaki, Yoko. "The impact of Western progressive educational ideas in Japan: 1868–1940", History of Education, September 2010, Vol. 39 Issue 5, pp 575–588