Pengembangan Armada Niaga Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PANN Multi Finance)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT PANN (Persero)
BUMN / Perseroan Terbatas
IndustriJasa Keuangan
Didirikan1974
Kantor
pusat
Jl. Cikini IV No.11, RT.15/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
,
Indonesia
JasaPembiayaan
PemilikPemerintah Indonesia
Anak
usaha
PANN Pembiayaan Maritim
Situs webpannmf.co.id

PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero), yang lebih dikenal dengan singkatan PT PANN, adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan kapal.

Perseroan ini bergerak di bidang telekomunikasi dan navigasi maritim, serta jasa pelayaran untuk usaha jasa sektor maritim. Misalnya saja membuat sistem monitoring kapal, estimasi keberangkatan dan kedatangan kapal, informasi cuaca, kondisi cuaca, long-range identification, hingga tracking national data center.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal terbentuk (1974–1990)[sunting | sunting sumber]

PT PANN didirikan Mei 1974 sebagai alternatif lembaga keuangan non-bank khusus untuk membiayai pembelian kapal, dengan tujuan mengembangkan pelayaran nasional. Bisnis perusahaan ini berfokus pada pembiayaan kapal-kapal niaga nasional dengan fokus pembiayaan kepada perusahaan pelayaran kelas menengah ke bawah dengan mekanisme leasing (sewa-menyewa), beli dengan cicilan serta penjualan dan sewa kembali.

Pengembangan usaha (1991–2004)[sunting | sunting sumber]

Memasuki dekade 1990, kegiatan usaha PT PANN diperluas membiayai berbagai jenis barang modal. Nama perusahaan diubah menjadi PT PANN Multi Finance.

Fokus bisnis kembali ke pembiyaan kapal (2004–2013)[sunting | sunting sumber]

Sejalan dengan fungsi pada awal didirikannya perusahaan untuk membiayai kapal dengan tujuan mengembangkan armada niaga nasional dan ternyata selama ini bisnis pembiayaan kapal niaga menguntungkan, maka perusahaan kembali fokus pada core busines yaitu pembiayaan kapal.

Pemisahaan bisnis (2013–2019)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013 telah dilakukan pemisahan bisnis (spin-off) sehingga seluruh kegiatan bisnis inti PT PANN (Persero) dalam bidang usaha pembiayaan dialihkan ke PT PANN Pembiayaan Maritim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wahyudi, Eko (3 Desember 2019). Widyastuti, Rr. Ariyani Yakti, ed. "Mengenal Lebih Jauh PT PANN (Persero)". Tempo.co. Diakses tanggal 4 Februari 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]