Perikanan Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Perikanan Nusantara (Persero)
BUMN / Perseroan Terbatas
IndustriPerikanan
NasibDigabung ke Perikanan Indonesia
PendahuluPT. Usaha Mina (Persero), PT. Tirta Raya Mina (Persero), PT. Perikanan Samodra Besar (Persero), PT. Perikani (Persero)
Kantor
pusat
,
Indonesia
Wilayah operasi
Indonesia
Tokoh
kunci
M. Yana Aditya (Direktur Utama)

Henda Tri Retnadi (Direktur Keuangan, SDM & Umum)

Ronald Tanamal (Direktur Operasional & Pemasaran)
Produksi
olahan ikan, es balok
Jasaperbaikan kapal
PemilikPemerintah Indonesia
Situs webperinus.co.id

PT. Perikanan Nusantara (Persero) atau disingkat Perinus adalah mantan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perikanan. Perusahaan ini memiliki galangan kapal yang berada di 6 lokasi yakni di Tegal, Surabaya, Bitung, Ambon, Benoa dan Sorong. Pada tanggal 15 September 2021, melalui PP nomor 99 tahun 2021, Pemerintah Indonesia resmi menggabungkan perusahaan ini ke dalam Perikanan Indonesia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PT. Perikanan Nusantara (Persero) dibentuk berdasarkan PP No. 21 Tahun 1998, dari hasil penggabungan 4 (empat) BUMN Perikanan yaitu: yang ditetapkan melalui RUPS Luar Biasa pada tanggal 27 Oktober 2005.

Penggabungan BUMN Perikanan termasuk perubahan nama dari PT. Usaha Mina (Persero) hasil penggabungan menjadi PT. Perikanan Nusantara (Persero) disetujui dengan akta penggabungan No. 8 dan 9 tanggal 8 Mei 2006 yang dibuat di hadapan Notaris Muhammad Hanafi, SH di Jakarta. Penggabungan berlaku efektif sejak tanggal 9 Juni 2006 yaitu sejak disetujuinya Anggaran Dasar PT. Perikanan Nusantara (Persero) sesuai Keputusan Menteri Hukum dan HAM No. C-16842.HT.01.04.Tahun 2006 tanggal 9 Juni 2006.

Kantor Cabang[sunting | sunting sumber]

Perinus sekarang memiliki sejumlah cabang yang tersebar di berbagai wilayah yaitu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2021" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 17 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]