Kabupaten Sukamara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k tidak bisa diverifikasi dari sumber yang diberikan
k pernyataan tanpa referensi
Baris 117: Baris 117:


=== Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ===
=== Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ===
Berikut ini adalah nama-nama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), yaitu:
Berikut ini adalah nama-nama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), yaitu:{{fact}}
* Bupati: H. Windu Subagio
* Bupati: H. Windu Subagio
* Wakil Bupati: H. Ahmadi, S.H.
* Wakil Bupati: H. Ahmadi, S.H.

Revisi per 19 Oktober 2020 01.48

Kabupaten Sukamara
Daerah tingkat II
Lambang Kabupaten Sukamara
Motto: 
Gawi Barinjam
"Gotong royong untuk tujuan mulia"
Peta
Kabupaten Sukamara di Kalimantan
Kabupaten Sukamara
Kabupaten Sukamara
Peta
Kabupaten Sukamara di Indonesia
Kabupaten Sukamara
Kabupaten Sukamara
Kabupaten Sukamara (Indonesia)
Koordinat: 2°37′36″S 111°14′13″E / 2.62675°S 111.23681°E / -2.62675; 111.23681
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
Tanggal berdiri10 April 2003
Dasar hukumUU No. 5 Tahun 2003
Ibu kotaSukamara
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 5
  • Kelurahan: 3
Pemerintahan
 • BupatiH. Windu Subagio
 • Wakil BupatiH. Ahmadi, S.H.
Luas
 • Total3,827 km2 (1,478 sq mi)
Populasi
 ((2017)[2])
 • Total57.504
Demografi
 • AgamaIslam 80.06%
Kristen Protestan 8.36%
Hindu/Kaharingan 7.25%
Katolik 4.24%
Buddha 0.05%
Konghucu 0.04%[3]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode BPS
6206
Kode area telepon-
Kode Kemendagri62.08
DAURp. 381.154.120.000.-
Situs websukamarakab.go.id

Kabupaten Sukamara adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sukamara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.827 km² dan berpenduduk sebanyak 44.952 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010).

Kabupaten ini sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Kotawaringin Barat, pada tanggal 10 April 2003 dikeluarkan Undang-undang No. 5 Tahun 2003 tentang Pengukuhan/Pemekaran 8 Kabupaten, maka Kabupaten Kotawaringin Barat dimekarkan dan ditambah dengan Kabupaten Lamandau.

Sejarah

Provinsi Borneo saat masa awal kemerdekaan, tahun 1945.

Tanjung Sambar

Pulau Kalimantan kuno terbagi menjadi 3 wilayah negara kerajaan induk: Borneo (Brunei), Sukadana (Tanjungpura) dan Banjarmasin (Bumi Kencana). Tanjung Dato adalah perbatasan wilayah mandala Borneo (Brunei) dengan wilayah mandala Sukadana (Tanjungpura), sedangkan Tanjung Sambar batas wilayah mandala Sukadana/Tanjungpura dengan wilayah mandala Banjarmasin (daerah Kotawaringin).[4][5] Daerah aliran Sungai Jelai, di Kotawaringin di bawah kekuasaan Banjarmasin, sedangkan sungai Kendawangan di bawah kekuasaan Sukadana.[6] Perbatasan di pedalaman, perhuluan daerah aliran sungai Pinoh (Lawai, wilayah Dayak U'ud Danum) termasuk dalam wilayah Kerajaan Kotawaringin (bawahan Banjarmasin)[7]

Keadipatian Kotawaringin (1530)

Sebelum berdirinya Kerajaan Kotawaringin, Raja-raja Banjar sebagai penguasa sepanjang pantai selatan dan timur pulau Kalimantan telah mengirim menteri-menteri untuk mengutip upeti kepada penduduk Kotawaringin. Nenek moyang suku Dayak yang tinggal di hulu-hulu sungai Arut telah memberikan kepada Sultan Banjarmasin debu emas sebanyak yang diperlukan untuk membuat sebuah kursi emas. Selepas itu dua orang menteri dari Banjarmasin bernama Majan Laut dan Tongara Mandi telah datang dari Tabanio ke Kumai dan tinggal di situ. Kedua bersaudara inilah yang mula-mula membawa Islam ke wilayah Kotawaringin. Majan Laut kemudian terlibat perseteruan dengan saudaranya dan selanjutnya ia pindah dari Kumai ke Belitung dan tinggal di sana. Tongara Mandi kemudian pindah dari Kumai ke daerah kuala Kotawaringin di mana dia sebagai pendiri Kotawaringin Lama di pinggir sungai Lamandau. Dia kemudian meninggalkan tempat ini karena diganggu oleh lanun/perompak dan membuka sebuah kampung baru, lebih jauh ke hulu, di sungai Basarah, salah satu anak sungai di sebelah kiri. Dalam Hikayat Banjar tokoh yang mendapat perintah dari Marhum Panembahan [sultan Banjar IV yang memerintah 1595-1642] untuk menjabat adipati Kotawaringin bernama Dipati Ngganding (Kiai Gede) yang merupakan mertua dari Pangeran Dipati Anta-Kasuma karena menikahi Andin Juluk, puteri dari Dipati Ngganding.

Lebih kurang 15 tahun kemudian, Kiai Gede putera dari Majan Laut datang dari Belitung dan tinggal dengan pamannya, Tongara Mandi. Kiai Gede membujuk pamannya untuk mengkaji keadaan negeri tersebut dan memilih suatu tempat yang lebih sesuai sebagai ibu kota. Untuk tujuan ini mereka mula-berjalan menghulu sungai Arut dan tempat tinggal mereka saat itu dekat Pandau. Kemudian mereka membuat perjalanan menghulu sungai Lamandau, hingga ke anak sungai Bulik. Kemudian mereka bermimpi bahwa mereka mestilah menetapkan lokasi yang terpilih pada tempat di mana perahu mereka melanggar sebuah batang pohon pisang, kemudian mereka juga berlayar menuju hilir. Sesuai mimpi tersebut mereka menemukan suatu lokasi yang tepat yang kemudian menjadi lokasi di mana terletak Kotawaringin tersebut. Tetapi lokasi tersebut sudah terdapat suatu kampung Dayak yang besar yang disebut Pangkalan Batu. Penduduk kampung tersebut enggan membenarkan para pendatang ini tinggal di sana. Oleh sebab itu mereka menghalau orang Dayak dari situ dan merampas dari mereka beberapa pucuk cantau (senapang) Cina dan dua buah belanga (tempayan Cina). Orang Dayak yang kalah tersebut berpindah ke arah barat yaitu tasik Balida di sungai Jelai dan menyebut diri mereka Orang Darat atau Orang Ruku. Oleh karena dia sudah tua, Tongara Mandi kemudian menyerahkan pemerintahan kepada Kiai Gede. Perlahan-lahan Kiai Gede meluaskan kuasanya kepada suku-suku Dayak dan tetap tergantung pada Kesultanan Banjarmasin.

Kerajamudaan Kotawaringin (1637)

Kurang lebih 35 tahun selepas pemerintahan Kiai Gede, tibalah di Kotawaringin Pangeran Dipati Anta-Kasuma putera dari Marhum Panembahan (Sultan Banjar IV). Kedatangannya disertai Putri Gilang anaknya. Sebelumnya mereka bersemayam di Kahayan, Mendawai dan Sampit. Kemudian mereka berangkat ke Sembuluh dan Pembuang, di tempat terakhir inilah Pangeran Dipati Anta-Kasuma sempat tertarik dan ingin bersemayam pada lokasi tersebut tetapi dilarang oleh para menterinya. Ia bersumpah bahwa semenjak saat itu tempat tersebut dinamakan Pembuang artinya tempat yang terbuang atau tidak jadi digunakan. Dari sana kemudian Pangeran berangkat ke sungai Arut. Disini dia tinggal beberapa lama di kampung Pandau dan membuat perjanjian persahabatan dengan orang-orang Dayak yang menjanjikan taat setia mereka.[8] Perjanjian ini dibuat pada sebuah batu yang dinamakan Batu Patahan, tempat dikorbankannya dua orang, di mana seorang Banjar yang menghadap ke laut sebagai arah kedatangan orang Banjar dan seorang Dayak yang menghadap ke darat sebagai arah kedatangan orang Dayak, kedua disembelih darahnya disatukan berkorban sebagai materai perjanjian tersebut.[9] Kemudian Pangeran Dipati Anta-Kasuma berangkat ke Kotawaringin di mana Kiai Gede mengiktirafkan Pangeran sebagai raja dan Kiai Gede sendiri menjabat sebagai mangkubumi.

Kutipan Hikayat Banjar dan Kotawaringin:

Kerajaan Kotawaringin merupakan pecahan kesultanan Banjar pada masa Sultan Banjar IV Mustainbillah yang diberikan kepada puteranya Pangeran Dipati Anta-Kasuma. Sebelumnya Kotawaringin merupakan sebuah kadipaten, yang semula ditugaskan oleh Sultan Mustainbillah sebagai kepala pemerintahan di Kotawaringin adalah Dipati Ngganding (1615). Oleh Dipati Ngganding kemudian diserahkan kepada menantunya Pangeran Dipati Anta-Kasuma. Menurut Hikayat Banjar, wilayah Kotawaringin adalah semua desa-desa di sebelah barat Banjar (sungai Banjar = sungai Barito) hingga sungai Jelai.[10] Sultan Banjar V, Inayatullah (= Pangeran Dipati Tuha 1/Ratu Agung), abangnya Pangeran Dipati Anta-Kasuma menganugerahkan gelar Ratu Kota Waringin kepada Pangeran Dipati Anta-Kasuma, kemudian menyerahkan desa-desa di sebelah barat Banjar (= sungai Barito) hingga ke Jelai (sungai Jelai). Ratu Kota-Waringin kemudian kembali ke Kotawaringin sambil membawa serta Raden Buyut Kasuma Matan.[10] Ratu Kota Waringin sebenarnya tidak bersemayam di dalem (istana) tetapi di atas sebuah rakit besar (= lanting) yang ditambatkan di sana. Ratu Kota-Waringin memperoleh seorang puteri lagi yang dinamai Puteri Lanting, dengan seorang wanita yang dikawininya di sini. Baginda berangkat ke sungai Jelai dan membuka sebuah kampung di pertemuan sungai Bilah dengan sungai Jelai. Daerah ini dinamakan Sukamara karena ada suka dan ada mara (= maju menuju ke depan dari arah kedatangannya dari negeri Banjar).[10]

Kutipan Hikayat Banjar dan Kotawaringin:

Datok Nakhoda Muhammad Taib (1800)

Pada sekitar tahun 1800, datanglah perantau bernama Datok Nakhoda Muhammad Taib dan istrinya ke suatu tempat yang pada saat itu masih belum berpenghuni dan dia membuka permukiman pada saat itu, Asal dia dari kampung Sungai Kedayan, Brunei Darussalam. Wilayah tersebut masih termasuk dalam kekuasaan dari kerajaan kotawaringin maka diutuslah seorang mentri kerajaan untuk menata kehidupan di daerah tersebut,mentri kerajaan tersebut bernama Pangeran Prabu wijaya, kemudian diadakan musyawarah antara pangeran prabuwijaya dengan masyarakat untuk membuat nama kampung tersebut,setelah ada kesepakatan maka nama kampung tersebut menjadi Jelai kerta jaya Memasuki tahun 1920 keadaaan kampung sudah semakin berkembang dan masyarakatnya sudah bertambah banyak di ambilah sebuah keputusan untuk mengubah nama kampung dengan nama Soekamara, Soeka artinya senang dan Mara artinya maju berarti masyarakat yang suka dengan kemajuan.

Pemerintahan Kolonial Belanda (1826-1945)

Berdasarkan Contract Met Den Sultan Van Bandjermasin 4 Mei 1826./B 29 September 1826 No.10, yang dibuat Sultan Adam dari Banjar dengan pihak kolonial Belanda, wilayah Kutaringin atau Kotawaringin dan Jelai (Sukamara) diserahkan kepada pihak kolonil Hindia Belanda.[11]

Perkara 4:

Kotawaringin (termasuk di dalamnya Jelai alias Sukamara) termasuk dalam zuid-ooster-afdeeling berdasarkan Bêsluit van den Minister van Staat, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, pada 27 Agustus 1849, No. 8. [12]

Landschap Djelei

Berikut adalah Landschap Djelei atau penguasa Sukamara pada masa pemerintahan kolonial Belanda;

  1. Pangeran Djaksa Soekarma (1867-1904)[13]

Geografi

Kabupaten Sukamara terletak pada 2°19' sampai dengan 3°07' lintang selatan dan 110°25' sampai dengan 111°9'25" bujur timur dengan luas wilayah 3.827 km².

Batas Wilayah

Batas wilayah Kabupaten Sukamara adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Lamandau dan Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau
Timur Kecamatan Kotawaringin Lama dan Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat
Selatan Laut Jawa
Barat Kabupaten Ketapang

Topografi

Kabupaten Sukamara dapat dikatakan termasuk daerah rendah dengan ketinggian berkisar antara 0–100 m serta kemiringan 0-15 derajat. Sebagian besar wilayahnya berada disekitar laut dan sungai. Terdapat 2 Daerah Aliran Sungai (DAS), yaitu DAS Jelai sepanjang 200 km dan DAS Maram.

Pemerintahan

Daftar Bupati

No. Foto Nama Awal Jabatan Akhir Jabatan Wakil Bupati Keterangan Ref.
1 Drs. H. Nawawi Mahmuda 8 Juli 2002 8 Juli 2003 Penjabat bupati [14]
8 Juli 2003 8 Juli 2008 H. Ahmad Dirman Bupati definitif [15]
Jabatan lowong 9 Juli 2008 21 Juli 2008
2 H. Ahmad Dirman 21 Juli 2008 21 Juli 2013 H. Karyadi, S.H. Bupati pertama hasil Pilkada Sukamara 2008 [16]
22 Juli 2013 22 Juli 2018 H. Windu Subagio Periode kedua [17]
3 H. Sutrisno, S.Pd. 25 Juli 2018 3 Agustus 2018 Pelaksana harian (plh.) bupati [18]
Drs. Nurul Edy, M.Si. 3 Agustus 2018 24 September 2018 Penjabat (pj.) bupati [19]
4 H. Windu Subagio 24 September 2018 24 September 2023 H. Ahmadi, S.H. Bupati definitif [20]
Dr. H. Kaspinor, SE., MSi
Dr. H. Kaspinor, SE., MSi
Dr. H. Kaspinor, SE., M.Si. 25 September 2023 masih menjabat Penjabat (pj.) bupati [21]


Dewan Perwakilan

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Sukamara dalam dua periode terakhir.

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019[22] 2019-2024[23]
PKB 3 Penurunan 2
Gerindra 2 Steady 2
PDI-P 1 Steady 1
Golkar 3 Steady 3
NasDem 3 Penurunan 1
Perindo (baru) 2
PPP 1 Kenaikan 2
PAN 2 Steady 2
Hanura 2 Kenaikan 4
Demokrat 0 Kenaikan 1
PBB 2 Penurunan 0
PKPI 1 Penurunan 0
Jumlah Anggota 20 Steady 20
Jumlah Partai 10 Steady 10

Kecamatan

Berdasarkan Perda No.2/2006, Kabupaten Sukamara terdiri dari lima buah kecamatan,[24] yaitu:

  1. Kecamatan Balai Riam, memiliki 8 desa.
  2. Kecamatan Jelai, memiliki 5 desa.
  3. Kecamatan Pantai Lunci, memiliki 4 desa.
  4. Kecamatan Permata Kecubung, memiliki 7 desa.
  5. Kecamatan Sukamara, memiliki 8 desa.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

Berikut ini adalah nama-nama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), yaitu:[butuh rujukan]

  • Bupati: H. Windu Subagio
  • Wakil Bupati: H. Ahmadi, S.H.
  • Sekretaris Daerah: H. Sutrisno, S.Pd., M.M.
  • Ketua DPRD: Deni Khaidir
  • Kapolres: AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, S.I.K., M.T.
  • Kepala Kejaksaan Negeri: Drs. Fajar Sukristyawan, S.H., M.H.
  • Ketua Pengadilan Agama: M. Arqom Pamulutan, S.Ag., M.A.

Demografi

Kabupaten Sukamara termasuk yang paling sedikit jumlah penduduknya di Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan luas wilayah 3.827 km², jumlah penduduknya hanya 44.952 jiwa atau kepadatan hanya 11.0 00jiwa/km2.

Ekonomi

Komoditas pertanian unggulan daerah ini adalah padi, palawija dan hortikultura. Sementara untuk usaha perkebunan adalah kelapa sawit dan karet. Potensi perkebunan daerah ini masih cukup besar dan terbuka bagi investor. Disamping itu potensi usaha budidaya perikanan masih tersedia 19 ribu ha dan tambak udang bandeng 13 ribu ha (yang telah digarap baru 913 ha).[25]

Sedangkan hasil pertambangan terutama adalah batu kecubung, pasir kuarsa yang berkadar 98% sebagai bahan baku industri gelas dan kaca yang terdapat di Kecamatan Jelai dengan total cadangan yang diperkirakan mencapai 1.191.840.000 m³.[25]

Seni Budaya

Kabupaten Sukamara Mempunyai Banyak Sekali Budaya,Dibawah Ini Adalah Budaya Sukamara:

Melayu

Kabupaten Sukamara Banyak Dipengaruhi Oleh Budaya Melayu Kalimantan Barat Dan Sumatra Seperti Makanan Yaitu Kerupuk Basah Yang Mirip Dengan Makanan Khas Sumatra Selatan Yaitu Pempek. Dan Dalam Pengaruh Pakaian Juga Mirip Dengan Pakaian Melayu . Sukamara Mempunyai Bahasa Yang Mirip Dengan Bahasa Melayu Kalimantan Barat Seperti Penambahan Kata Yang Berakhiran-E Seperti: "Sembile","Kite","Te",Dan "Saye".

Dayak Darat

Pengaruh Suku Dayak Darat Di Sukamara Sangat Besar.Seperti Rumah Adat,Pakaian,Ritual,Dan Lain-lain:

  • Pakaian

Pakaian Dayak Darat Biasa Ditemukan Di Wilayah Bukit Sukamara Seperti Kecamatan Balai Riam Dan Kecamatan Permata Kecubung. Sama Seperti Pakaian Dayak Lainnya, Pakaian Dayak Darat Juga Memiliki Baju Kayu,Kepala Enggang,Taring,Dan Lain-lain.

  • Rumah Adat

Rumah Adat Dayak Darat Adalah Rumah Betang. Rumah Adat Di Sukamara Dapat Dijumpai Di Kecamatan Balai Riam Dan Kecamatan Permata Kecubung

  • Ritual

Ritual Suku Dayak Darat Sukamara Adalah Ritual Tiwah Yaitu Mengantar Roh Orang Meninggal Ke Lewu Liau Dan Manetek Pantan Yaitu Memotong Pantan Atau Batang Jarau Pada Pesta Perkawinan.

Banjar

Budaya Banjar Banyak Masuk Ke Sukamara Akibat Pengaruh Kerajaan Kotawaringin. Budaya Banjar Yang Banyak Ditemukan Adalah Makanan Seperti Lontong dan Nasi Kuning. Sukamara Juga Banyak Dipengaruhi Bahasa Banjar Seperti Kata: "Ulun","Pian","Enggih",Dan "Pon".

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Kabupaten Sukamara di situs kalteng.go.id
  2. ^ "Kabupaten Sukamara Dalam Angka 2017"
  3. ^ "Kabupaten Sukamara Dalam angka 2017"
  4. ^ (Inggris) Smedley, Edward (1845). Encyclopædia metropolitana; or, Universal dictionary of knowledge. hlm. 713. 
  5. ^ (Inggris) Malayan miscellanies (1820). Malayan miscellanies. hlm. 7. 
  6. ^ (Belanda) Hoëvell, Wolter Robert (1861). Tijdschrift voor Nederlandsch Indië. 52. Ter Lands-drukkerij. hlm. 220. 
  7. ^ (Belanda) Perhimpunan Ilmu Alam Indonesia, Madjalah ilmu alam untuk Indonesia (1856). Indonesian journal for natural science. 10-11. hlm. 286. 
  8. ^ J. Pijnappel Gzn; Beschrijving van het Westeli jike gedeelte van de Zuid-en Ooster-afdeeling van Borneo (disimpul daripada empat laporan oleh Von Gaffron,1953,BK 17 (1860) hlm 267 ff.
  9. ^ Kotawaringin Lama, Wisata Budaya yang Terlupakan
  10. ^ a b c (Melayu)Johannes Jacobus Ras, Hikayat Banjar diterjemahkan oleh Siti Hawa Salleh, Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - Selangor Darul Ehsan, Malaysia 1990.
  11. ^ (Indonesia) Hindia-Belanda (1965). Bandjermasin (Sultanate), Surat-surat perdjandjian antara Kesultanan Bandjarmasin dengan pemerintahan2 V.O.C.: Bataafse Republik, Inggeris dan Hindia- Belanda 1635-1860 (PDF). Arsip Nasional Republik Indonesia, Kompartimen Perhubungan dengan Rakjat. hlm. 228. 
  12. ^ (Belanda) Staatsblad van Nederlandisch Indië. Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie. 27 Agustus 1849. hlm. 2. 
  13. ^ https://www.flickr.com/photos/125605764@N04/15901922726
  14. ^ "Profil Kabupaten Sukamara". kemendagri.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-14. Diakses tanggal 13 November 2016. 
  15. ^ "Nawawi". kalteng.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-02-16. Diakses tanggal 13 November 2016. 
  16. ^ "Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sukamara". Harian Umum Pelita. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-22. Diakses tanggal 12 Oktober 2016. 
  17. ^ "Gubernur Akan Lantik Tujuh Kepala Daerah". metro7.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-22. Diakses tanggal 12 Oktober 2016. 
  18. ^ "Gubernur Kalteng Menyerahkan Telegram Menteri Dalam Negeri Kepala Tujuh Plh Bupati". mmc.kalteng.go.id. 25 Juli 2018. Diakses tanggal 31 Juli 2018. 
  19. ^ "Gubernur Sugianto Sabran Lantik Tujuh Penjabat Bupati di Kalteng, Ini Tugas Mereka". Banjarmasin Post Online. 3 Agustus 2018. Diakses tanggal 8 Agustus 2018. 
  20. ^ "Gubernur Kalteng Lantik Bupati dan Wali Kota Terpilih". borneonews.co.id. Diakses tanggal 24 September 2018. 
  21. ^ "Resmi Jabat Pj Bupati Sukamara, Kaspinor akan Jaga Netralitas ASN". Intim News. 25 September 2023. Diakses tanggal 26 September 2023. 
  22. ^ Perolehan Kursi DPRD Sukamara 2014-2019
  23. ^ Perolehan Kursi DPRD Sukamara 2019-2024
  24. ^ Pemkab. Sukamara
  25. ^ a b Kabupaten Sukamara di TokohIndonesia.com

Pranala luar