How to Train Your Dragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
How to Train Your Dragon
How to Train Your Dragon Poster.jpg
Poster perilisan layar lebar
Sutradara
ProduserBonnie Arnold
Skenario
BerdasarkanHow to Train Your Dragon
oleh Cressida Cowell
Pemeran
MusikJohn Powell
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 20 Maret 2010 (2010-3-20) (Indonesia)
  • 26 Maret 2010 (2010-3-26) (Amerika Serikat)
Durasi
98 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$165 Juta[1]
Pendapatan kotor$494.9 juta[1]

How to Train Your Dragon adalah film fantasi aksi animasi komputer Amerika 2010 yang berdasarkan pada buku tahun 2003 dengan nama yang sama oleh penulis Inggris Cressida Cowell, diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Film ini disutradarai oleh Chris Sanders dan Dean DeBlois dari sebuah skenario oleh Will Davies, Sanders, dan DeBlois, dan dibintangi oleh suara-suara Jay Baruchel, Gerard Butler, Craig Ferguson, America Ferrera, Jonah Hill, Christopher Mintz-Plasse, T.J. Miller, dan Kristen Wiig. Kisah ini terjadi di dunia mitos Viking di mana seorang remaja Viking muda bernama Hiccup bercita-cita untuk mengikuti tradisi sukunya menjadi pembunuh naga. Setelah akhirnya menangkap naga pertamanya, dan dengan kesempatannya akhirnya mendapatkan penerimaan suku, ia menemukan bahwa ia tidak lagi ingin membunuh naga dan malah berteman dengan naga itu.

Film ini pemutaran perdana di Indonesia pada 20 Maret 2010, dan Gibson Amphitheater pada 21 Maret 2010,[2] dan dirilis di Amerika Serikat lima hari kemudian pada tanggal 26 Maret. Film ini sukses secara komersial dan kritis, mendapat pujian dari kritikus film dan penonton, serta menghasilkan hampir $ 500 juta di seluruh dunia. Itu dinominasikan untuk Academy Award for Best Animated Feature dan Best Original Score di Academy Award Ke-83, tetapi kalah dari Toy Story 3 dan The Social Network, masing-masing. How to Train Your Dragon juga memenangkan sepuluh Annie Awards, termasuk Best Animated Feature.

Dua sekuel, How to Train Your Dragon 2 dan How to Train Your Dragon: The Hidden World, dirilis pada 13 Juni 2014, dan 22 Februari 2019, masing-masing. Sama seperti pendahulunya, kedua sekuel ini dipuji secara luas dan menjadi kesuksesan box office. Kesuksesan film ini juga telah menginspirasi merchandise lain, termasuk video game dan serial televisi.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Desa Berk Viking, yang terletak di pulau terpencil, sering diserang oleh naga, yang mengambil ternak dan merusak properti. Hiccup, putra lima belas tahun yang canggung dari kepala desa, Stoick the Vast, dianggap terlalu kurus dan lemah untuk melawan naga, jadi dia malah menciptakan perangkat mekanis di bawah magangnya bersama Gobber, pandai besi desa, meskipun penemuan Hiccup sering kali menjadi bumerang. Selama satu serangan, Hiccup menggunakan peluncur bolas untuk menembak Night Fury, naga berbahaya dan langka yang sedikit diketahui, tetapi tidak ada yang percaya padanya, jadi dia mencari naga yang jatuh dengan caranya sendiri. Dia menemukan naga di hutan, terjerat dalam jaringnya, tetapi tidak bisa memaksa dirinya untuk membunuhnya, dan sebaliknya membebaskannya.

Stoick mengumpulkan armada untuk menemukan sarang naga, dan memasuki Hiccup di kelas melawan naga bersama Astrid, Fishlegs, Snotlout, Ruffnut, Tuffnut, dan diajari oleh Gobber, untuk berlatih saat ia pergi. Hiccup kembali ke hutan dan menemukan Night Fury masih ada di sana, tidak dapat terbang karena bicol Hiccup merobek setengah dari sirip ekornya. Hiccup berteman dengan naga itu, memberinya nama 'Toothless'. Merasa bersalah karena melumpuhkan Toothless, Hiccup merancang rig pengikat dan sirip prostetik yang memungkinkan naga terbang dengan Hiccup mengendalikan prostetik.

Astrid, seorang gadis Viking tangguh yang kesal karena kesuksesan Hiccup, menemukan Hiccup melatih Toothless. Tetapi sebelum dia bisa mengatakannya kepada warga desa, Hiccup membawanya terbang bersama Toothless untuk menunjukkan hubungannya dengan naga itu. Ini membuat Astrid menyadari, bahwa sebenarnya naga tidak seperti apa yang mereka ketahui selama ini. Tiba-tiba, Toothless membawa Hiccup dan Astrid menuu sebuah pulau yang menjadi sarang naga di mana akhirnya mereka menemukan seekor naga raksasa bernama Death Red yang akan memakan naga-naga lain kecuali mereka membawa makanan untuknya. Setibanya mereka di desa, Astrid ingin segera memberitahukan kepada Stoick tentang pulau itu tetapi Hiccup mencegahnya karena dia yakin Toothless akan berada dalam bahaya jika ayahnya mengetahui tentang pulau itu.

Hiccup belajar tentang perilaku naga ketika ia bekerja dengan Toothless, dan mampu menaklukkan semua naga tawanan tanpa kekerasan selama pelatihan, membuatnya mendapatkan kekaguman dari teman-temannya, tetapi menyebabkan Astrid, seorang gadis Viking yang tangguh yang ditaksir Hiccup, untuk menjadi semakin curiga dengan perilakunya. Sementara itu, armada Stoick tiba di rumah tanpa hasil, meskipun Stoick bersorak oleh keberhasilan Hiccup yang tak terduga dalam pelatihan naga. Hiccup dinilai sebagai pemenang kelas pelatihannya, dan harus membunuh seekor naga untuk ujian terakhirnya. Dia mencoba melarikan diri dengan Toothles, hanya untuk diikuti oleh Astrid di hutan. Hiccup mengambil Astrid untuk penerbangan untuk menunjukkan bahwa naga itu ramah. Ketika Astrid mengingatkan Hiccup tentang ujian, Toothless tiba-tiba membawa pasangan itu ke sarang naga, di mana mereka menemukan seekor naga raksasa bernama Kematian Merah, yang memakan naga yang lebih kecil kecuali mereka terus-menerus membawa makanan hidup; keduanya menyadari bahwa naga telah menyerang Berk di bawah paksaan. Astrid ingin memberi tahu desa tentang penemuan mereka, tetapi Hiccup menyarankan untuk melindungi Toothless.

Kembali di desa pada hari berikutnya, Hiccup menghadapi naga Tengkorak Mimpi Buruk tawanan dalam ujian terakhirnya. Alih-alih membunuhnya, ia malah menundanya untuk membuktikan bahwa naga itu damai. Ketika Stoick secara tidak sengaja membuat marah naga untuk menyerang, Toothless tiba untuk melindungi Hiccup, tetapi ditangkap oleh Viking dalam prosesnya. Hiccup secara tidak sengaja mengungkapkan kepada Stoick bahwa Toothless tahu lokasi sarang naga; Stoick menyangkal putranya, dan berangkat ke sarang dengan Toothless dirantai ke kapal memimpin sebagai panduan. Setelah orang-orang Viking pergi, Hiccup hancur, tetapi Astrid memintanya untuk menyadari bahwa ia menyelamatkan ompong karena belas kasih dan empati, bukan kelemahan. Hiccup kemudian mendapatkan kembali kepercayaannya untuk mengejar Toothless dan menyelamatkannya bersama Astrid dan remaja lainnya.

Para penyerang Viking menemukan dan menghancurkan sarang naga, menyebabkan sebagian besar naga terbang keluar, tetapi juga membangkitkan Kematian Merah, yang segera menguasai Viking. Hiccup, Astrid, dan teman-teman muridnya terbang masuk, mengendarai naga pelatihan tawanan Berk, memberikan tembakan perlindungan, dan mengalihkan perhatian Kematian Merah sementara Hiccup membebaskan Toothless. Hiccup hampir tenggelam saat melakukan itu, tetapi Stoick menyelamatkan mereka berdua, berdamai dengan putranya. Toothless dan Hiccup menghancurkan Kematian Merah dengan menusuk membran sayapnya dan kemudian menipu binatang itu untuk membuat terjun dari mana ia tidak bisa menarik setelah menembakkan bola api ke dalam mulutnya. Hiccup terluka dalam pertarungan, kehilangan kaki kirinya yang lebih rendah. Hiccup terbangun kembali pada Berk, menemukan bahwa Gobber telah membuatnya prostesis, dan dia sekarang dikagumi oleh desanya, terutama Astrid, yang menciumnya. Berk memulai era baru, dengan manusia dan naga hidup dalam harmoni.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Jay Baruchel sebagai Hiccup Horrendous Haddock III, anak canggung dari Stoick the Vast.
  • America Ferrera sebagai Astrid Hofferson, sesama siswa Hiccup dalam pelatihan naga dan minat cintanya.
  • Gerard Butler sebagai Stoick the Vast, kepala suku Berk dan ayah Hiccup.
  • Craig Ferguson sebagai Gobber the Belch, pandai besi Berk, teman dekat Stoick dan guru rekrutan pelatihan naga muda suku.[3]
  • Christopher Mintz-Plasse sebagai Fishlegs Ingerman, seorang pemuda yang antusias yang memiliki pengetahuan tentang naga yang sering dikaitkan dengan gaya bermain peran.
  • Jonah Hill sebagai Snotlout Jorgenson, salah satu teman sekelas pelatihan naga Hiccup. Snotlout kurang ajar, terlalu percaya diri, dan cukup tidak cerdas, tetapi dapat diandalkan.
  • T.J. Miller dan Kristen Wiig sebagai Tuffnut dan Ruffnut Thorston, sepasang kembar yang suka bertengkar
  • David Tennant sebagai Spitelout, ayah Snotlout.[4]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Seri buku oleh Cressida Cowell mulai menarik perhatian para eksekutif di DreamWorks Animation pada tahun 2004. Mengakhiri kesuksesannya di Over the Hedge, produser Bonnie Arnold segera tertarik pada properti yang baru diakuisisi. Dia terus fokus pada proyek seiring berjalannya waktu, dan ketika presiden produksi DreamWorks Animation, Bill Damaschke bertanya padanya apa yang ingin dia kerjakan selanjutnya, dia memilih "How to Train Your Dragon "[5]

Dalam novel itu, naga Hiccup, Toothless, adalah Common atau Garden Dragon, jenis kecil. Dalam film tersebut, Toothless adalah Night Fury, yang paling langka dari semua naga, jauh lebih cepat, aerodinamis, dan lebih kuat dari spesies lain, dan cukup besar untuk berfungsi sebagai gunung terbang untuk Hiccup dan Astrid.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon melakukan pemutaran perdana Amerika Serikat pada 21 Maret 2010 di Gibson Amphitheatre di Universal City, California,[6] dan dirilis secara teatrikal pada tanggal 26 Maret 2010 di Amerika Serikat. Awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada 20 November 2009, tetapi didorong kembali untuk menghindari persaingan dengan film keluarga yang ramai dirilis pada November.[7] Film ini secara digital dimodel ulang menjadi IMAX 3D, dan dirilis ke 186 bioskop IMAX Amerika Utara, dan sekitar 80 teater IMAX di luar Amerika Utara.[8]

Home media[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon dirilis pada single-disc DVD, double-disc double DVD pack dan Blu-ray / DVD combo pack di Kanada dan Amerika Serikat pada hari Jumat, 15 Oktober 2010. Di antara fitur-fitur yang tersedia dalam edisi dua-disc DVD adalah yang asli sekuel film pendek, Legend of the Boneknapper Dragon. Pada Februari 2012, 9,7 juta unit hiburan rumah terjual di seluruh dunia.[9]

Pada Juli 2014, hak distribusi film dibeli oleh DreamWorks Animation dari Paramount Pictures dan ditransfer ke 20th Century Fox[10] sebelum kembali ke Universal Studios pada tahun 2018. Sebagai hasilnya, Universal Pictures Home Entertainment merilis versi 4K Ultra HD Blu-ray versi dari film pada 22 Januari 2019 bersama sekuel film How to Train Your Dragon 2, menjadikannya judul katalog Animasi DreamWorks pertama yang dirilis pada format itu, dan untuk perilisan How to Train Your Dragon: The Hidden World pada bulan berikutnya.[11]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon memuncaki box office Amerika Utara dengan $ 43,7 juta pada akhir pekan pertama peluncurannya. Film ini mendapat $ 217.5 Jutadi Amerika Serikat dan Kanada dan $ 277.2 Juta di luar negeri dengan total seluruh dunia $ 494.8 Juta.[12]

How to Train Your Dragon adalah film terlaris DreamWorks Animation di box office Amerika dan Kanada selain film Shrek.[13] Ini adalah film animasi terlaris kelima di tahun 2010 dengan $ 494,8 juta, di belakang Toy Story 3 dengan $ 1.063 Miliar, Shrek Forever After dengan $ 752,6 juta, Tangled dengan $ 576,6 juta, dan Despicable Me dengan $ 543,1 juta dan film dengan pendapatan tertinggi ke-10 tahun 2010. Pada 2019, seri How to Train Your Dragon telah mendapat lebih dari $ 1 miliar di seluruh dunia.[14]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon dipuji secara luas saat dirilis. Agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 99% kritik memberikan film ini ulasan positif, berdasarkan 207 ulasan dari kritikus profesional, dengan rata-rata peringkat keseluruhan 7,88 / 10.[15] Konsensus kritis situs web tersebut menyatakan, "Membanggakan animasi yang memukau, naskah dengan kedalaman dramatis yang mengejutkan, dan sekuens 3-D yang mendebarkan, How to Train Your Dragon melambung." [15] Film ini adalah film dengan peringkat tertinggi DreamWorks Animation di situs web Rotten Tomatoes.[16] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 74 berdasarkan 33 ulasan dari para kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[17] Jajak pendapat CinemaScore yang dilakukan selama akhir pekan pembukaan mengungkapkan bahwa rata-rata cinemagoers kelas memberi Cara Melatih Naga Anda adalah A pada skala A + ke F.[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "How to Train Your Dragon (2010)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal December 18, 2010. 
  2. ^ "Gerard Butler, Jay Baruchel, How to Train Your Dragon Premiere Photo". web.archive.org. 2014-07-26. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  3. ^ "Katherine Heigl, Gerard Butler Interview, The Ugly Truth - MoviesOnline". web.archive.org. 2009-07-22. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  4. ^ Video, Film How To Train Your Dragon. "How To Train Your Dragon". Diakses tanggal 2019-11-11. 
  5. ^ "How To Train Your Dragon - BEHIND THE SCENES". web.archive.org. 2011-11-05. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  6. ^ "Gerard Butler, Jay Baruchel, How to Train Your Dragon Premiere Photo". web.archive.org. 2014-07-26. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  7. ^ "DreamWorks delays "Dragon" 3-D film to 2010". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2008-02-27. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  8. ^ Corporation, IMAX (2010-03-24). "DreamWorks Animation's How to Train Your Dragon Flies Into IMAX(R) Theatres on March 26, 2010". GlobeNewswire News Room. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  9. ^ Inc, DreamWorks Animation SKG. "DreamWorks Animation Reports Fourth Quarter and year-end 2011 Financial Results". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-12. 
  10. ^ Cheney, Alexandra; Cheney, Alexandra (2014-07-29). "DreamWorks Animation Q2 Earnings Fall Short of Estimates, SEC Investigation Revealed". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-12. 
  11. ^ "How to Train Your Dragon - 4K Ultra HD Blu-ray Ultra HD Review | High Def Digest". ultrahd.highdefdigest.com. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  12. ^ "How to Train Your Dragon". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  13. ^ "Home". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  14. ^ "Home". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  15. ^ a b How to Train Your Dragon (2010) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-12 
  16. ^ "The History of DreamWorks Animation < Movie & TV News and Interviews – Rotten Tomatoes". web.archive.org. 2016-02-01. Diakses tanggal 2019-11-12. 
  17. ^ How to Train Your Dragon, diakses tanggal 2019-11-12 
  18. ^ "Box Office Breakdown: Dragon Slays All Comers | The New York Observer". web.archive.org. 2010-03-31. Diakses tanggal 2019-11-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]