The Road to El Dorado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Road to El Dorado
Sutradara
Produser
  • Bonne Radford
  • Brook Breton
Ditulis oleh
CeritaPhilip LaZebnik
Pemeran
NaratorElton John
Penata musik
PenyuntingVicki Hiatt
Perusahaan
produksi
DistributorDreamWorks Pictures
Tanggal rilis
  • 24 Juni 2000 (2000-06-24) (Indonesia)
Durasi89 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$95 juta[1]
Pendapatan
kotor
$76.4 juta[1]

The Road to El Dorado adalah film komedi petualangan-musikal[2] animasi Amerika tahun 2000 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan dirilis oleh DreamWorks Pictures. Film ini disutradarai oleh Eric "Bibo" Bergeron dan Don Paul (dalam debut penyutradaraan fitur mereka). Film ini dibintangi oleh Kevin Kline, Kenneth Branagh, Rosie Perez, Armand Assante, dan Edward James Olmos.

Soundtrack ini menampilkan lagu-lagu oleh Elton John dan Tim Rice, serta komposer Hans Zimmer dan John Powell. John juga dikreditkan secara berkala menarasikan cerita dalam lagu di sepanjang film. Film ini mengikuti dua penipu yang, setelah memenangkan peta ke El Dorado, melarikan diri dari Spanyol. Setelah terdampar di Dunia Baru, mereka menggunakan peta untuk membawa mereka ke kota El Dorado, di mana penduduknya salah mengira mereka sebagai dewa.

The Road to El Dorado dirilis pada 31 Maret 2000, dengan tinjauan yang beragam dan merupakan kegagalan box office, meraup $ 76 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sekitar $ 95 juta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Road to El Dorado (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 8, 2017. 
  2. ^ "Paving the Musical Road to El Dorado". Animation World Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-02.