Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit
SutradaraNick Park
Steve Box
ProduserNick Park
Claire Jennings
Peter Lord
Carla Shelley
David Sproxton
SkenarioSteve Box
Nick Park
Bob Baker
Mark Burton
Berdasarkan
Wallace and Gromit
oleh Nick Park
PemeranPeter Sallis
Ralph Fiennes
Helena Bonham Carter
Penata musikJulian Nott
SinematograferDavid Alex Riddett
Tristan Oliver
PenyuntingDavid McCormick
Gregory Perler
Perusahaan
produksi
DistributorDreamWorks Pictures1 (United States)
Tanggal rilis
  • 7 Oktober 2005 (2005-10-07) (Amerika Serikat)
  • 14 Oktober 2005 (2005-10-14) (Britania Raya)
Durasi85 menit
NegaraBritania Raya, Amerika Serikat
BahasaEnglish
Anggaran$30 million
Pendapatan
kotor
$192.6 million

Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit adalah film animasi Britania Raya tahun 2005 yang dibuat oleh studio Aardman Animations

Merencanakan[sunting | sunting sumber]

Kompetisi sayuran raksasa tahunan Tottington Hall semakin dekat dengan Golden Carrot yang didambakan sebagai hadiahnya. Wallace dan Gromit menyediakan bisnis pengendalian hama yang manusiawi, "Anti-Pesto", melindungi sayuran penduduk kota. Suatu malam setelah menangkap kelinci yang ditemukan di taman Lady Tottington, Wallace menyusun rencana untuk mengubahnya melawan sayuran dengan menggunakan penemuan terbarunya, "Manipulasi Pikiran-O-Matic", untuk mencuci otak mereka. Semua berjalan dengan baik sampai Wallace secara tidak sengaja menekan tombol mesin ke "BLOW", dan seekor kelinci terjebak di kepala Wallace, menyebabkan pikiran mereka melebur sebelum Gromit mematikan listrik. Namun, pemindahan tersebut tampaknya berhasil, karena kelinci tidak menunjukkan minat pada sayuran. Mereka menamai kelinci Hutch dan menempatkannya di dalam kandang.

Malam itu, seekor kelinci raksasa melahap banyak sayuran kota. Pada pertemuan kota, pemburu Lord Victor Quartermaine menawarkan untuk menembak kelinci itu, tetapi Lady Tottington membujuk penduduk kota untuk melanjutkan layanan Anti-Pesto. Setelah upaya yang gagal, Wallace mencurigai bahwa Hutch mungkin adalah kelinci dan meminta Gromit menguncinya di kandang dengan keamanan tinggi. Gromit segera belajar setelah Were-Rabbit ternyata adalah Wallace. Victor, yang berusaha merayu Lady Tottington, menyudutkan Wallace di hutan, tetapi Wallace berubah menjadi Kelinci-Kelinci di bawah cahaya bulan purnama dan melarikan diri. Gromit memikat Wallace untuk melindunginya. Victor mendapatkan tiga peluru emas "24 wortel" dari Pendeta untuk digunakan melawan Wallace.

Pada hari kompetisi sayuran, Gromit meyakinkan Wallace bahwa dia memang Kelinci-Kelinci, dan bahwa dia harus memperbaiki Mind-o-Matic untuk membatalkan kutukan. Lady Tottington, yang menyukai Wallace, mengunjungi dan memberitahunya tentang rencana Victor. Saat bulan terbit, Wallace mulai berubah, dan dengan tergesa-gesa memaksa Lady Tottington pergi. Victor datang dan mencoba untuk menembak Wallace sebagai Kelinci-Kelinci dengan peluru emas. Gromit membuat gangguan menggunakan kostum kelinci untuk memungkinkan Wallace melarikan diri, dan Victor mengejar kompetisi. Gromit mulai bekerja dengan Hutch, yang telah mengembangkan sifat-sifat seperti Wallace termasuk nafsu makannya pada keju, dan berencana menggunakan sumsum raksasanya sebagai umpan untuk memikat Wallace ke tempat yang aman.

Wallace, sebagai kelinci tadinya, menciptakan kekacauan di pameran. Menggunakan semua peluru emasnya, Victor mengambil trofi Wortel Emas untuk digunakan sebagai amunisi. Wallace membawa Lady Tottington ke atas Tottington Hall, di mana dia menemukan hubungan Wallace dengan kelinci itu. Victor mengejar, mengungkapkan bahwa dia hanya ingin mengesankan Lady Tottington untuk uangnya. Anjing Victor, Philip, mengajak Gromit dalam pertempuran udara di pesawat yang diambil dari atraksi pasar malam. Gromit mengirim pesawat Philip ke tanah, lalu mengarahkan pesawatnya ke garis tembakan Victor saat Victor menembaki Wallace, menyebabkan peluru malah mengenai pesawat. Pesawat yang rusak jatuh dan Wallace melompat untuk menangkap Gromit, mengorbankan dirinya untuk melindungi kejatuhan mereka ke dalam tenda keju.

Victor menertawakan kemenangannya, tetapi Lady Tottington memukulnya dengan wortel raksasanya dan dia jatuh ke dalam tenda. Untuk melindungi Wallace dari penduduk kota yang marah, Gromit dengan cepat menyamarkan Victor sebagai kelinci berkostum kelinci dan penduduk kota mengejarnya. Wallace berubah kembali menjadi diri manusia dan tampak mati, tetapi Gromit menggunakan keju Stinking Bishop untuk menghidupkannya kembali. Lady Tottington menghadiahkan Gromit the Golden Carrot dan mengubah lahan di Tottington Hall menjadi habitat Hutch dan kelinci lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wallace & Gromit in the Curse of the Were-Rabbit". American Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 July 2017. Diakses tanggal 27 January 2017. 
  2. ^ Felperin, Leslie (16 September 2005). "Review: 'Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit'". Variety. Diakses tanggal 27 January 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]