Heteroseksisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Heteroseksisme adalah diskriminasi dan/atau kebencian terhadap seseorang yang bergantung terhadap homoseksualitas. Ini adalah sistem sikap, prasangka, dan diskriminasi yang mendukung seksualitas berbeda jenis dan hubungan.[1] Hal ini dapat mencakup asumsi bahwa semua orang heteroseksual atau yang berbeda jenis atraksi dan hubungan adalah Norma (sosiologi) hanya dan karena itu unggul.[2]  Heteroseksisme dapat merujuk pada kepercayaan atau sikap yang berbeda:

  • Kepercayaan bahwa heteroseksisme kelamin lebih berharga dari yang lain
  • Sifat Homophobia (kebencian terhadap homoseksual)
  • Ketidakpercayaan kepada orang dalam seksualitas yang berbeda

Perbedaan antara homofobia dan heteroseksisme[sunting | sunting sumber]

Homofobia merujuk baik untuk "takut tak beralasan atau antipati terhadap homoseksual dan homoseksualitas"[3] dan untuk "perilaku yang didasarkan pada perasaan"[4] Heteroseksisme, bagaimanapun, menunjukkan "sistem berpikir ideologis yang membuat heteroseksualitas norma tunggal untuk diikuti untuk praktik seksual".[2] Sebagai prasangka mendukung heteroseksual dan heteroseksualitas, heterosexism telah digambarkan sebagai "dikodekan ke dalam dan karakteristik lembaga-lembaga sosial, budaya, dan ekonomi utama dari masyarakat kita" [5] dan berasal dari esensialis gagasan budaya yang kelelakian (maskulinitas) dan keperempuanan (feminitas) saling melengkapi.

Efek[sunting | sunting sumber]

Heteroseksisme menyebabkan berbagai efek pada orang dari setiap orientasi seksual. Namun, efek utama Heteroseksisme adalah marginalisasi, dan anti-LGBT kekerasan dan pelecehan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jung, Patricia Beattie; Smith, Ralph F. (1993). Heterosexism: An Ethical Challenge. State University of New York Press. ISBN 0791416968. 
  2. ^ a b http://www.granddictionnaire.com/btml/fra/r_motclef/index800_1.asp
  3. ^ homophobia "Dictonary.com". Dictonary.com. 2008. Diakses 2008-01-29. 
  4. ^ http://education.yahoo.com/reference/dictionary/entry/homophobia
  5. ^ Dines, Gail (2002). Gender, Race, and Class in Media: A Text-Reader. ISBN 0-7619-2261-X.