Hermafrodit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hermafrodit secara biologis adalah individu yang memiliki 2 alat/organ kelamin yaitu jantan dan betina yang berfungsi penuh. Hermafrodit bukan merupakan mitologi dan tidak hanya terjadi pada hewan dan tumbuhan, tetapi juga pada manusia. Perlu diketahui bahwa hermafrodit tidak sama dengan interseks. Pada manusia yang interseks, kedua organ tidak dapat sepenuhnya berfungsi.[1]

Hermafroditisme[sunting | sunting sumber]

Hermafroditisme tidak terlalu luas dikenal dalam kerajaan hewan (Animalia) tetapi sangat umum dalam tumbuhan (Plantae). Gastropoda yang hidup di daratan (misalnya siput dan siput bugil) adalah contoh klasik hermafroditisme di dunia hewan. Spesies tumbuhan hermafrodit adalah semua yang memiliki kemungkinan melakukan penyerbukan sendiri (self pollination). Mereka adalah tumbuhan dengan bunga sempurna (bunga yang memiliki organ kelamin jantan, yaitu benang sari, dan betina, yaitu putik) atau dengan bunga jantan dan betina pada satu individu. Meskipun demikian, sejumlah spesies tumbuhan mengembangkan sistem tertentu (inkompatibilitas sendiri) untuk mencegah terjadinya pembuahan sendiri (self-fertilisation).

Hermafrodit terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Protandri: Lahir organ lelaki lalu diubah menjadi organ perempuan.
  • Protogini: Lahir organ perempuan lalu diubah menjadi organ lelaki.

Interseks[sunting | sunting sumber]

Pada manusia, hermafroditisme biologis belum ditemukan. Kata hermafrodit yang biasanya merujuk pada manusia adalah kesalahan untuk interseks. Kata-kata itu menambah kebingungan oleh awam dengan gejala sosial transgenderisme. Seorang interseks memiliki sering dua alat kelamin (penis atau testis dengan vagina atau ovarium), dan dapat tersembunyi di dalam tubuh. Kalau di alat kelamin tersembunyi, keluarga dan bahkan orang intersex sendiri akan bingung. Atlet olimpiade Castor Semenya adalah contoh yang baik. Pemahaman masyarakat tentang interseks dan gender masih sangat primitif, masyarakat terpaku pada mengoreksi melalui operasi dan terapi hormon serta psikologi, apa yang mungkin telah diciptakan dengan sengaja.

Transgender[sunting | sunting sumber]

Seorang transgender adalah individu dengan fisik yang bertentangan dengan peran gender yang dijalaninya. Masyarakat membebankan kurangnya kesadaran gender untuk orang-orang interseks dan orang-orang transgender, tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Waria adalah contoh dari transgender. Transgenderisme adalah isu yang terkait dengan gerakan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]