FeliCa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

FeliCa adalah sistem kartu pintar RFID nirkontak buatan Sony asal Jepang, yang utamanya digunakan pada kartu uang elektronik. FeliCa merupakan singkatan dari Felicity Card, dan pertama kali digunakan pada sistem Octopus card di Hong Kong.[1] FeliCa kini digunakan pada berbagai macam kartu di berbagai negara, seperti Singapura, Jepang, Indonesia, dan Amerika Serikat.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Sebuah kartu FeliCa (EZ-Link) yang dikelupas, menunjukkan sirkuit yang ada di dalamnya

Kunci enkripsi FeliCa dibangkitkan secara dinamis setiap otentikasi sedang dilakukan, untuk mencegah pemalsuan identitas.

FeliCa ditenagai secara eksternal, sehingga tidak memerlukan baterai. Kartu ini menggunakan daya yang dipasok dari pembaca kartu khusus FeliCa, saat kartu berada di dekatnya. Setelah transfer data selesai, maka pembaca akan menghentikan pasokan daya ke kartu.

FeliCa pernah diajukan untuk sertifikasi ISO/IEC 14443 Tipe C, namun ditolak[butuh rujukan]. Walaupun begitu, ISO/IEC 18092 (Near Field Communication) menggunakan metode modulasi yang mirip seperti FeliCa, dengan menggunakan Kode Manchester pada 212 kbit/detik pada frekuensi 13,56 MHz. Kartu perlu didekatkan ke pembaca dengan jarak maksimum 10 sentimeter.

FeliCa memenuhi spesifikasi implementasi kartu sirkuit terintegrasi berkecepatan tinggi JIS: X6319-4: Part 4. Standar ini diatur oleh JICSAP.

Skema sertifikasi dan evaluasi keamanan Teknologi Informasi Britania Raya menyediakan rincian yang lebih detail mengenai arsitektur internal dari kartu FeliCa (RC-S860 ). Kartu FeliCa (perangkat keras) dan sistem operasinya telah mendapat sertifikasi ISO15408 Evaluation Assurance Level 4 (“EAL4”).

FeliCa juga masuk sebagai syarat dalam NFC Forum Specification Compliance.[2]

Kartu FeliCa generasi terbaru resmi diumumkan pada bulan Juni 2011, dan akan menggunakan enkripsi Advanced Encryption Standard (AES).[3] Sony mengklaim bahwa FeliCa generasi terbaru ini akan memiliki performa dan kehandalan yang lebih baik, serta konsumsi daya yang lebih rendah.[4]

Kehandalan[sunting | sunting sumber]

FeliCa mendukung akses bersamaan hingga 8 blok (1 blok adalah 16 oktet). Jika kartu ini digerakkan ke luar jangkauan pasokan daya dari pembaca, maka kartu FeliCa secara otomatis akan menghapus data yang sedang diproses.

Mobile FeliCa[sunting | sunting sumber]

Mobile FeliCa adalah modifikasi dari FeliCa untuk dapat digunakan di ponsel melalui FeliCa Networks[1], sebuah perusahaan yang dimiliki oleh NTT DoCoMo dan Sony. DoCoMo telah mengembangkan sebuah konsep ponsel dompet berdasar pada Mobile FeliCa dan telah mengembangkan model bisnis dan jaringan kemitraan yang luas. au dan SoftBank (bekas Vodafone Japan) juga telah melisensi mobile FeliCa dari FeliCa Networks.

Sistem Osaifu-Keitai (おサイフケータイ) (secara harafiah : "ponsel dompet") dikembangkan oleh NTT DoCoMo, dan resmi diperkenalkan pada bulan Juli 2004 dan kemudian dilisensikan kepada Vodafone dan au, yang kemudian memperkenalkan produk tersebut di dalam produk ponselnya dengan nama yang sama. Dengan Osaifu-Keitai, banyak sistem FeliCa (seperti Suica dan Edy) dapat diakses dari satu ponsel saja. Pada tanggal 28 Januari 2006, au memperkenalkan Mobile Suica yang utamanya digunakan di jaringan perkeretaapian milik JR East.

Pada tanggal 7 September 2016, Apple mengumumkan bahwa Apple Pay kini mendukung teknologi FeliCa. Pengguna yang membeli iPhone 7 atau Apple Watch Seri 2 di Jepang kini dapat menambahkan kartu Suica ke dompet Apple Pay dan menggunakan ponselnya sebagaimana menggunakan kartu Suica biasa.[5][6] Pengguna juga dapat mentransfer saldo dari kartu Suica ke dompet Apple Pay, ataupun membuat kartu Suica virtual di dalam dompet dari aplikasi JR East.[7] Pada tanggal 12 September 2017, Apple mengumumkan peluncuran iPhone 8, iPhone X, dan Apple Watch Series 3 yang mendukung "Global FeliCa", seperti NFC-F dan melisensi perangkat lunak FeliCa untuk dapat digunakan pada semua ponsel yang dijual di seluruh dunia, tidak hanya di Jepang.[8]

Pada tanggal 9 Oktober 2018, Google mengumumkan bahwa ponsel Pixel 3 yang dijual di Jepang akan mendukung FeliCa. Fitur inipun menyediakan dukungan untuk WAON, SuiCa, dan berbagai layanan berbasis FeliCa melalui Google Pay.

Perangkat pembaca pribadi[sunting | sunting sumber]

Pembaca kartu nirkontak Sony "PaSoRi" RC-S320

Sony telah memasang pembaca FeliCa bernama "FeliCa Port" ke laptop VAIO buatannya. Dengan pembaca ini, kartu FeliCa pun dapat digunakan untuk membayar produk yang dibeli melalui toko daring.

Sebuah pembaca USB eksternal FeliCa untuk laptop juga telah dirilis, dengan nama PaSoRi. Pembaca ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara daring, dan mengisi saldo kartu EZ-Link di Singapura dengan kartu kredit atau kartu debit di mana saja, asalkan ada koneksi Internet.

Namun pembaca Sony PaSoRi belum dapat digunakan untuk membaca kartu ez-link keluaran terbaru.[9]

Penggunaan kartu[sunting | sunting sumber]

"Kartu Multi-Trip" berbasis FeliCa yang digunakan di KRL Jabodetabek di Indonesia

Layanan terintegrasi di Jepang[sunting | sunting sumber]

Karena FeliCa merupakan standar de facto bagi sistem kartu tiket di Jepang, banyak kartu berbasis FeliCa yang telah mengintegrasikan layanannya. Sehingga wilayah/operator tertentu dapat menerima lebih dari satu jenis kartu.

Berikut ini tabel yang menunjukkan layanan terintegrasi dari kartu berbasis FeliCa untuk tiap wilayah di Jepang.

A: Wilayah yang menerima semua fungsi dari kartu, termasuk fungsi uang elektronik. (Kemungkinan ada perbedaan sedikit antar wilayah.)
B: Wilayah yang menerima fungsi dasar dari kartu, dan tidak menerima fungsi seperti uang elektronik atau pengisian ulang secara otomatis.
A: Wilayah yang akan memperkenalkan kartu baru di masa yang akan datang.
F: Wilayah yang akan dapat menerima kartu ini di masa yang akan datang.
Wilayah Operator 1 Suica PASMO ICOCA PiTaPa TOICA SUGOCA Lainnya
Kitami Hokkaidō Kitami Bus A (Bus Card)
Sapporo JR Hokkaidō B A (Kitaca)
Sapporo CTB A (SAPICA)
Sendai JR East A A B F B A A (Kitaca)
Niigata A (Kitaca)
Niigata Kotsu   A (RYUTO)
Toyama Toyama Light Rail A (passca)
Ishikawa Hokuriku Railroad A (ICa)
Greater Tokyo Area JR East A A B F B A A (Kitaca)
Operator swasta
Tōkyū Setagaya Line B B A (Setamaru)
Yamanashi Yamanashi Kōtsū A (Bus IC Card)
Shizuoka Shizutetsu Group B A A (LuLuCa)
Entetsu Group A (NicePass)
JR Central B   B A B
Greater Nagoya  
Meitetsu, TBC Nagoya, Toyotetsu F F A (Manaca)
Kintetsu F B A
Wilayah Operator 1 Suica PASMO ICOCA PiTaPa TOICA SUGOCA Lainnya
Osaka-Kobe-Kyoto JR West B A B B B
Operator swasta F B A
Nara Kōtsū A (CI-CA)
Itami CTB A (Itappy)
Shinki Bus   A (NicoPa)
Okayama  
Operator swasta A (Hareca)
JR West B   A B B B
Hiroshima  
Operator swasta B A (PASPY)
Kagawa Kotoden Group A (IruCa)
Ehime Iyo Railway A (IC e-card)
Fukuoka Nishitetsu A A A (nimoca) A (Hayakaken)[14]
JR Kyūshū B B B (nimoca)
Fukuoka CTB
Kitakyūshū CTB A (Himawari Bus Card)
Nagasaki Operator swasta A (Nagasaki Smart Card)
Oita Oita Bus, Oita Kōtsū, Kamenoi Bus A A A (Mejiron nimoca)
Miyazaki Miyazaki Kōtsū A (Miyakō Busca)
Kagoshima Kagoshima CTB A (RapiCa) A (Iwasaki IC Card)
Iwasaki Group
Area Operator Suica PASMO ICOCA PiTaPa TOICA SUGOCA Lainnya
Beberapa kartu dapat digunakan sebagai uang elektronik di beberapa wilayah yang tidak ditandai.
1: Pada beberapa kasus, ada beberapa operators dapat menerima jenis kartu yang sama di wilayah yang sama.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sony Global - FeliCa
  2. ^ Frequently Asked Questions Diarsipkan 2011-05-27 di Wayback Machine.. NFC Forum. Retrieved on 2013-08-16.
  3. ^ Sony to launch next generation FeliCa contactless IC chip ‹ Japan Today: Japan News and Discussion. Japantoday.com (2011-06-22). Retrieved on 2013-08-16.
  4. ^ Sony Global - Sony to launch next generation FeliCa contactless IC chip. Sony.net. Retrieved on 2013-08-16.
  5. ^ "Apple Pay". Diakses tanggal 2016-09-07. 
  6. ^ "Using Suica on iPhone or Apple Watch in Japan". Apple Inc. Diakses tanggal 2017-07-27. 
  7. ^ "Apple Pay Getting Started". Diakses tanggal 2016-09-07. 
  8. ^ "iPhone X Keynote: Global FeliCa and Why It's Important". Diakses tanggal 2017-09-18. 
  9. ^ EZ-Link Pte Ltd. "EZ-Online". EZ-Link. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 January 2013. Diakses tanggal 23 July 2014. 
  10. ^ About Bb | Press Releases[pranala nonaktif permanen]. Blackboard. Retrieved on 2013-08-16.
  11. ^ "深圳通". 
  12. ^ PT KAI COMMUTER JABODETABEK COOPERATES WITH SONY FELICA TO IMPROVE JAKARTA COMMUTER TRAINS’ E-TICKETING SYSTEM Diarsipkan 2015-02-06 di Wayback Machine.. KAI Commuter Jabodetabek. Retrieved 2015-02-06.
  13. ^ Indosat Ooredoo Launches "D-Tap" Indosat Ooredoo. Retrieved 2015-08-13)
  14. ^ nimoca Diarsipkan 2010-07-06 di Wayback Machine.. Nimoca.jp. Retrieved on 2013-08-16.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]