Uncharted

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uncharted
Uncharted.png
GenreAksi-petualangan, third-person shooter, peron
PengembangNaughty Dog
Bend Studio
Bluepoint Games
PenerbitSony Interactive Entertainment
PembuatNaughty Dog
PlatformPlayStation 3
PlayStation 4
PlayStation Vita
Android
iOS
Asal platformPlayStation 3
Rilis pertamaUncharted: Drake's Fortune
19 November 2007
Rilis terakhirUncharted 4: A Thief's End
10 Mei 2016
Situs webOfficial website

Uncharted adalah video game seri yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment untuk konsol PlayStation. Seri ini mengikuti pemburu harta karun bernama Nathan "Nate" Drake, Senior pemburu harta karun dan mentor Victor "Sully" Sullivan, wartawan Elena Fisher, dan banyak sahabat sekunder yang mereka akan datang untuk bertemu dan merekrut saat mereka melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk mengungkap berbagai misteri sejarah.

Seri ini mencakup Uncharted: Drake's Fortune, sekuel-sekuelnya Uncharted 2: Among Thieves, dan Uncharted 3: Drake's Deception, serta prekuel Uncharted: Golden Abyss, yang dirilis untuk PlayStation Vita sistem genggam Sony, seperti permainan kartu spin-off Uncharted: Fight for Fortune. Game kedua di seri Uncharted: Among Thieves adalah nilai tertinggi judul seri sejauh ini, saat ini berdiri sebagai yang ketiga nilai tertinggi PlayStation 3 judul pada Metacritic, dan memenangkan berbagai game Tahun penghargaan. Sekuel keempat dari seri, Uncharted 4: A Thief's End, dirilis pada PlayStation 4 pada 10 Mei 2016.

Sebuah film adaptasi berdasarkan waralaba dijadwalkan untuk rilis ke bioskop pada tanggal 30 Juni 2017.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Year Title Developer Home release
2007 Uncharted: Drake's Fortune1 Naughty Dog PlayStation 3
2009 Uncharted 2: Among Thieves1
2011 Uncharted 3: Drake's Deception1
Uncharted: Golden Abyss Bend Studio PlayStation Vita
2012 Uncharted: Fight for Fortune
2015 Uncharted: The Nathan Drake Collection Bluepoint Games PlayStation 4
2016 Uncharted 4: A Thief's End Naughty Dog
Uncharted: Fortune Hunter Playspree Android, iOS
Notes:
1. Game yang telah dirilis pada Sony PlayStation Now mengalir.

Uncharted: Drake's Fortune[sunting | sunting sumber]

Uncharted Drake's Fortune Logo.png

Uncharted: Drake's Fortune, yang pertama dalam seri, menggabungkan elemen-elemen aksi-petualangan dan platform dengan perspektif orang ketiga untuk memetakan perjalanan protagonis Nathan Drake, seharusnya keturunan penjelajah Sir Francis Drake, karena ia mencari harta yang hilang dari El Dorado di Amerika Selatan dengan bantuan wartawan Elena Fisher dan mentor Victor "Sully" Sullivan. Mereka dikejar tanpa henti oleh bajak laut yang dipimpin oleh Eddy Raja dan kemudian oleh sekelompok tentara bayaran yang dipimpin oleh Gabriel Romawi dan Atoq Navarro.[1]

Uncharted 2: Among Thieves[sunting | sunting sumber]

Uncharted 2 Logo.png

Uncharted 2: Among Thieves membawa Drake pada perjalanan melintasi Nepal dan Himalaya dalam pencarian untuk mencari kota yang hilang bernama Shambhala. Ini reuni sebagian besar pemain dari pertandingan pertama, seperti Elena Fisher dan Victor Sullivan, dan memperkenalkan mekanik siluman dan karakter baru: Chloe Frazer, cinta bunga baru yang memiliki sejarah dengan Drake; Harry Flynn, mantan mitra licik dari Drake; dan Zoran Lazarevic, sebuah Serbia dan perang penjahat dan permainan antagonis utama. Game kedua memperkenalkan mode multiplayer untuk seri.

Uncharted 3: Drake's Deception[sunting | sunting sumber]

Uncharted 3 Logo.png

Uncharted 3: Drake's Deception dirilis pada November 2011. Cerita berfokus pada hubungan Nate dengan mentor dan figur ayah, Victor "Sully" Sullivan, dan memiliki dia mencari sebuah kota legendaris yang hilang yang pada akhirnya akan membawanya ke Semenanjung Arab dan luas gurun dari Rub 'al Khali Desert, mencari "Iram Pilar", juga dikenal sebagai "Atlantis dari Sands". Elena Fisher dan Chloe Frazer memiliki lagi tapi dengan peran yang lebih kecil, dan permainan memperkenalkan karakter baru seperti Charlie Cutter dan Salim, sekutu terbaru Nate, dan Katherine Marlowe, Talbot dan Ramses yang berfungsi sebagai antagonis utama permainan.

Uncharted 4: A Thief's End[sunting | sunting sumber]

Uncharted 4 Logo.png

Uncharted 4: A Thief's End adalah angsuran keempat dari seri dan Uncharted 'game pertama' dibangun dari bawah ke atas untuk PlayStation 4. Hal ini dirilis pada 10 Mei 2016. Ini berfokus pada Nathan, sekarang keberuntungan pemburu pensiun, mendapatkan dipaksa kembali dunia pencuri saat nya lama hilang-dan diyakini mati-saudara, Sam, muncul dan meminta bantuan Drake. Dia memulai perjalanan dunia-berlari mengejar konspirasi sejarah di balik harta bajak laut dongeng.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Seri Utama[sunting | sunting sumber]

Karakter Game
Uncharted: Drake's Fortune Uncharted 2: Among Thieves Uncharted 3: Drake's Deception Uncharted 4: A Thief's End
Nathan "Nate" Drake Nolan North
Elena Fisher Emily Rose
Victor "Sully" Sullivan Richard McGonagle
Atoq Navarro Robin Atkin Downes  
Gabriel Roman Simon Templeman  
Eddy Raja James Sie  
Chloe Frazer   Claudia Black  
Harry Flynn   Steve Valentine  
Zoran Lazarević   Graham McTavish  
Karl Schäfer   René Auberjonois  
Tenzin   Pema Dhondup (voice)
Robin Atkin Downes (motion capture)
 
Jeff   Gregory Myhre  
Lt. Draza   Michael Benyaer  
Charlie Cutter   Graham McTavish  
Katherine Marlowe   Rosalind Ayres  
Talbot   Robin Atkin Downes  
Salim   TJ Ramini  
Rameses   Sayed Badreya  
Samuel "Sam" Drake   Troy Baker
Nadine Ross   Laura Bailey
Rafe Adler   Warren Kole
Hector Alcazar   Robin Atkin Downes
Jameson   Brandon Scott
Vargas   Hemky Madera
Evelyn   Merle Dandridge
Cassie Drake   Kaitlyn Dever

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Seri Uncharted bertemu dengan pujian kritis, khususnya Uncharted 2: Among Thieves. GamesRadar peringkat itu franchise terbaik kedua dari generasi, mengatakan "Setiap tingkat adalah mengesankan set-piece, yang meliputi daerah yang berkisar dari hutan yang subur untuk dibom-out kota ke pegunungan Tibet, dan hampir setiap teka-teki unik." Banyak pujian untuk seri berjalan menuju grafis Naughty Dog diproduksi dan dicapai. Seri Uncharted serta The Last of Us juga membawa reputasi Naughty Dog dan telah mereka dianggap sebagai salah satu pengembang terbaik di industri. Sebagai protagonis dari seri, Drake dipandang sebagai maskot PlayStation.

Uncharted 2: Among Thieves secara luas dianggap sebagai salah satu permainan terbesar sepanjang masa. Ia menerima lebih dari lima puluh Game of the Year penghargaan, lebih dari tiga puluh skor review sempurna, dan permainan dinilai tertinggi 2.009.

Sementara Uncharted 3: Drake's Deception juga menerima pujian dari pengulas, itu tidak dianggap sebagai judul terobosan seperti pendahulunya itu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Helgeson, Matt (December 2007). "Uncharted: Drake's Fortune Review". Game Informer. Cathy Preston (176): 149. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 21, 2008. Diakses tanggal 2008-11-24.