Uncharted: Drake's Fortune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uncharted: Drake's Fortune
Uncharted Drake's Fortune.jpg
PengembangNaughty Dog
PenerbitSony Computer Entertainment
PengarahAmy Hennig
PerancangRichard Lemarchand
PemrogramPal-Kristian Engstad
Dan Liebgold
Travis McIntosh
SenimanBob Rafei
Bruce Straley
PenulisAmy Hennig
Neil Druckmann
Josh Scherr
Komposer musikGreg Edmonson
SerialUncharted
Platform
GenreThird-person shooter, action-adventure, platform
ModeSingle-player

Uncharted: Drake Fortune adalah video game yang dikembangkan oleh Naughty Dog, dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment untuk PlayStation 3. Ini adalah game pertama dari seri Uncharted. Menggabungkan elemen aksi-petualangan dan platforming dengan perspektif orang ketiga, grafik permainan perjalanan protagonis Nathan Drake, seharusnya keturunan explorer Sir Francis Drake, karena ia berusaha mencari harta yang hilang dari El Dorado, dengan bantuan seorang wartawan bernama Elena Fisher dan mentor Victor Sullivan.[1]

Awalnya diumumkan pada E3 2006, [2] judul dikembangkan selama dua tahun sebelum dibebaskan pada akhir tahun 2007.[3] Dipandang sebagai judul utama untuk PlayStation 3 selama musim liburan tahun 2007,[4] permainan diterima dengan baik oleh para kritikus, banyak di antaranya yang dikutip prestasi teknis dan nilai-nilai produksi yang tinggi, mirip dengan musim panas film blockbuster, meskipun beberapa mekanik, khususnya segmen mendaki, yang menerima kurang baik. Permainan pergi untuk menjual lebih dari satu juta kopi di sepuluh minggu, dan menjadi bagian dari Eropa terlaris Platinum Rentang judul.[5] Sebuah sekuel berjudul Uncharted 2: Among Thieves dirilis pada tahun 2009, dan entri ketiga untuk seri, Uncharted 3: Drake's Deception, dirilis pada tahun 2011. Sebuah sekuel keempat dan pertandingan final, Uncharted 4: A Thief's End, dirilis pada 10 Mei 2016. permainan ini dirilis di PlayStation 4, bersama dengan dua sekuel-sekuelnya, sebagai bagian dari Uncharted: The Nathan Drake Collection .

Plot[sunting | sunting sumber]

Disebuah selepas pantai Panama, pemburu harta karun bernama Nathan "Nate" Drake (Nolan North[6]) dan wartawan Elena Fisher ( Emily Rose [6]) menggali peti mati English explorer Sir Francis Drake, nenek moyang Nate seharusnya, yang cincin (di Nate kepemilikan) memiliki koordinat yang mengarah ke lokasi. Alih-alih tubuh, duo menemukan hanya notebook kecil, yang Nathan menolak untuk mengizinkan Elena untuk membaca. Sebuah armada kecil perompak menyerang kapal mereka dan membakarnya, menghancurkan catatan temuan mereka Hemat untuk notebook dan kamera Elena. Setelah mendapatkan dia untuk keselamatan, Nate memegang diskusi pribadi dengan Victor "Sully" Sullivan (Richard McGonagle), temannya lama dan mentor. Berdasarkan petunjuk yang disediakan oleh notebook, ia berteori bahwa Drake memalsukan kematiannya untuk menutupi penemuan El Dorado, sebuah kota kuno dikatakan seluruhnya terbuat dari emas. Terbebani oleh masalah keuangan yang parah, Sully membujuk dia untuk membantu menemukan kota, membolos Elena di pelabuhan, karena ia takut bahwa laporan penemuan tersebut akan memanggil pesaing.

Keduanya mengikuti jejak yang ditinggalkan oleh Nate ke sebuah kuil di Amazon, di mana mereka belajar bahwa El Dorado bukanlah kota, tetapi patung emas besar-besaran, yang diambil berabad-abad sebelumnya oleh Conquistador Spanyol. Mereka mengikuti jejak ke air terjun, di mana mereka menemukan sebuah ditinggalkan U-Boat. Sebuah pencarian dari kabin kapal muncul halaman yang hilang dari notebook, menunjukkan dengan tepat lokasi patung di bekas jajahan Spanyol di sebuah pulau Pasifik yang belum dipetakan.

Setelah Nate muncul dari kapal, ia dan Sully dihadapkan oleh pemburu harta karun lain bernama Gabriel Roman (Simon Templeman [6]), kepada siapa Sully berhutang banyak uang. Didukung oleh rekannya, arkeolog Atoq Navarro (Robin Atkin Downes [6]), dan kapten bajak laut Eddy Raja (James Sie [6]), musuh lama dari Nate, pasukan Romawi Nate untuk menyerahkan halaman dan tampaknya tunas Sully mati ketika ia mencoba untuk campur tangan. Sebelum dia bisa membunuh Nate, biaya torpedo longgar sebelumnya dipicu oleh Nate menyebabkan U-boat meledak, mengganggu geng cukup lama untuk Drake untuk melarikan diri. Dia berjalan ke Elena, yang setuju untuk membantunya menemukan patung itu, dan bersama-sama mereka menggunakan pesawat Sully untuk perjalanan ke koloni tua.

Pesawat ditembak jatuh di udara, memisahkan Nate dari Elena ketika mereka parasut keluar. Dia melacak ke sebuah benteng tua dikendalikan oleh Eddy, yang memerangkap dia dan menuntut bahwa ia membantu dia menemukan harta karun itu. Elena tiba di sebuah jip dicuri dan istirahat dia keluar, tetapi mereka tidak dapat berlari lebih cepat dari pria Eddy. Mengulur-ulur waktu, Nate berhasil mendorong jip dari tebing dan menjadi danau yang mengelilingi pelabuhan koloni. Lelah, terluka, dan berduka kematian Sully ini, Nate memutuskan untuk menyerah dan kembali ke rumah. Elena meyakinkan dia untuk melihat pekerjaan Drake melalui, dan dua bekerja sama untuk mencapai rumah adat runtuh, di mana Nate mampu melacak patung ke pedalaman biara. Sedangkan pada pengintaian, mereka menemukan bahwa Roman juga menemukan patung dengan bantuan dari Sully seharusnya mati. Sementara dalam mengejar, Elena jatuh melalui jembatan dan enggan membuang kameranya sehingga Nate bisa menyelamatkannya. Nate kemudian menangkap sampai dengan Sully dan menuduhnya pengkhianatan, yang Sully mengungkapkan bahwa ia hanya berpura-pura untuk membantu, setelah selamat peluru Romawi dengan menggunakan notebook sebagai perisai.

Trio perkelahian jalan melalui orang Romawi, mencapai ruang bawah tanah di mana Nate percaya patung itu dimakamkan. Sementara itu, Eddy, dikonsumsi oleh paranoia, memperingatkan Romawi bahwa kekuatan wajar telah membunuh anak buahnya, yang mantan menolak sebagai omong kosong. Nate menyelidiki ruangan, menemukan yang bukan patung tetapi mayat Drake, dengan siapa ia sedih meninggalkan ringnya. Sekelompok makhluk zombie-seperti kawanan dia dan teman-temannya, termasuk Eddy dan pengawalnya. Dalam kekacauan yang mengikuti, Eddy dan manusianya tewas, dan Sully menghilang. Nate dan Elena tekan dan menemukan dirinya dalam Nazi tua pangkalan kapal selam dibangun ke pulau. Mencari jalan keluar, Nate menemukan sebuah surat yang ditulis oleh Drake mengekspos kebenaran: El Dorado dilindungi oleh kutukan yang ternyata baik penjajah Spanyol dan tentara Jerman menjadi monster. Drake berusaha menghancurkannya, tetapi makhluk membunuhnya sebelum ia bisa.

Sementara itu, Elena diculik oleh Roman, dan Nate bereuni dengan Sully dan mengikutinya ke patung. Didorong oleh Navarro, Roman membuka lemari besi penguburan patung, mengekspos dirinya untuk virus udara. Saat ia mulai berubah, senjata Navarro dia turun dan memerintahkan anak buahnya untuk mengamankan patung sehingga ia dapat weaponize virus dan menjualnya. Nate melompat ke jaring yang membawa harta terhubung ke helikopter transportasi sementara Elena captive dan mendapat pilot tewas, menyebabkan ia kecelakaan di kapal kargo Navarro. Nate membunuh tentara bayaran yang tersisa dan berupaya untuk menyelamatkan Elena, hanya saat untuk diserang oleh Navarro. Setelah berkelahi, dia menarik keluar dari helikopter dan mendorong ke laut, mengambil Navarro, yang kakinya sedang terbelit tali yang terhubung ke internet, dan patung dengan itu.

Beberapa saat kemudian, Sully tiba pada speedboat kecil sarat dengan kekayaan dari para perompak. Elena kejutkan Nate dengan mengembalikan cincin keluarganya dan membuat dia berjanji untuk memberinya cerita dia kehilangan. Mereka kemudian merangkul dengan Sully dan mendorong perahu ke matahari terbenam.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Selama pertempuran, pemain seperti Nate (kiri) dapat menggunakan sudut dan dinding sebagai penutup, kemudian gunakan buta atau ditujukan api dari penutup terhadap lawan-lawannya.

Gameplay di Uncharted adalah kombinasi dari aksi-petualangan elemen gameplay dan 3D Platforming dengan third-person view. unsur Platforming memungkinkan Nate untuk melompat, berenang, ambil dan bergerak sepanjang tepian, memanjat dan berayun dari tali, dan melakukan lainnya tindakan akrobatik yang memungkinkan pemain untuk membuat jalan mereka di sepanjang reruntuhan di berbagai daerah pulau yang mengeksplorasi Drake.[7]

Ketika menghadapi musuh, pemain bisa menggunakan melee dan serangan combo jarak dekat untuk mengambil musuh atau dapat memilih untuk menggunakan senjata.[7] serangan jarak dekat terdiri dari berbagai pukulan tunggal, sementara serangan combo yang diaktifkan melalui urutan tertentu menekan tombol itu, ketika waktunya benar, menawarkan kerusakan jauh lebih besar; yang paling merusak dari ini adalah spesifik "combo brutal", yang memaksa musuh untuk menjatuhkan dua kali amunisi mereka biasanya akan meninggalkan.[7] Nate hanya bisa membawa satu pistol dan satu senapan pada satu waktu, dan ada jumlah terbatas amunisi per gun. Mengambil senjata api yang berbeda switch bahwa senjata untuk yang baru. Granat juga tersedia di titik-titik tertentu, dan tinggi busur bertujuan disesuaikan dengan memiringkan kontroler Sixaxis atas atau bawah. elemen perspektif orang ketiga ini dibandingkan dengan beberapa pengulas untuk Gears of War,[1][7] di bahwa pemain dapat memiliki Drake berlindung di balik dinding, dan gunakan api buta atau bertujuan api untuk membunuh musuh. Kesamaan dengan permainan tersebut, Uncharted tidak memiliki sebuah bar kesehatan aktual di layar; sebaliknya, ketika pemain mengambil kerusakan, grafis mulai kehilangan warna. Sementara beristirahat atau berlindung untuk jangka waktu singkat, tingkat kesehatan Drake, ditunjukkan oleh warna layar kembali normal.[7]

Permainan juga termasuk bagian kendaraan, di mana Drake harus melindungi jeep ia dan Elena adalah dalam menggunakan menara dipasang, dan dimana Drake dan Elena naik jet ski bersama air yang dipenuhi rute sambil menghindari tembakan musuh dan barel peledak. Sementara pemain langsung Drake di mengemudi jet ski, mereka juga beralih ke Elena oleh bertujuan pistol untuk menggunakan senjatanya - baik pelontar granat atau Beretta, tergantung pada bab - dalam pertahanan, atau untuk menghapus barel dari jalan mereka.[7]

Permainan ini juga dilengkapi poin reward, yang dapat diperoleh dengan mengumpulkan 60 harta karun dalam permainan yang secercah sesaat[4] atau dengan menyelesaikan prestasi tertentu, seperti mencapai sejumlah membunuh menggunakan senjata tertentu, melakukan sejumlah headshots, atau menggunakan metode khusus membunuh musuh.[8] Dalam playthroughs berikutnya dari permainan, pemain bisa menggunakan penghargaan ini poin untuk membuka opsi khusus; ini termasuk dalam game bonus seperti kostum alternatif dan ammunisi terbatas[4] tetapi juga non-game tambahan, seperti membuat-video dan konsep seni.[9] Ada juga beberapa referensi untuk game Naughty Dog lainnya, terutama Jak and Daxter; ini dilakukan melalui "Ottsel" branding pada Drake dan Fisher pakaian selam,[10] referensi ke spesies yang mencampur berang-berang dan musang yang ditemukan dalam permainan, dan peninggalan aneh ditemukan di salah satu bab-bab sebelumnya, yang sebenarnya adalah sebuah bola prekursor dari seri yang sama.

Permainan ini disensor ketika bermain di konsol Jepang untuk menghilangkan darah, yang biasanya muncul ketika menembak musuh; ini mengikuti tren game konsol lainnya disensor di wilayah tersebut, seperti Dead Rising dan Resistance: Fall of Man.[11]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan Jak 3, Naughty Dog dirakit anggota staf teknis paling berbakat mereka dan memulai pengembangan Uncharted: Drake's Fortune bawah codename Big Saat itu di produksi penuh selama dua tahun, dengan tim kecil insinyur yang bekerja pada permainan selama sekitar satu tahun sebelum tangan. Naughty Dog memutuskan untuk membuat merek IP baru daripada memilih untuk mengembangkan PlayStation 3 Jak dan Daxter game-mereka ingin membuat waralaba cocok untuk hardware baru, agar mengembangkan ide-ide seperti karakter manusia yang realistis bukan yang bergaya karena keterbatasan hardware sebelumnya, serta menciptakan sesuatu yang "segar dan menarik", meskipun disebut sebagai 'realisme bergaya'. Inspirasi diambil dari berbagai sumber dalam tindakan dan genre petualangan. majalah pulp, serial film, dan banyak lagi judul kontemporer seperti Indiana Jones dan National Treasure tim merasa sumber bersama tema misteri dan "apa-jika skenario" petualangan romantis dan bertujuan untuk memasukkan orang-orang di Uncharted.

Segmen Platforming, menunjukkan Nathan mencoba untuk skala dinding luar benteng tersebut. Permainan ini pertama kali diresmikan di E3 2006. Dari preview awal permainan, perbandingan yang tak terelakkan dari unsur-unsur seperti platforming dan menembak antara Uncharted dan Tomb Raider seri terkenal ditarik, mendapatkan gelar julukan "Bung Raider ". Namun, pengembang melihat permainan mereka sebagai lebih berkonsentrasi pada bermain berbasis-cover ketiga orang, berbeda dengan Tomb Raider ini" auto-bertujuan "bermain dan elemen memecahkan teka-teki yang lebih besar. Sepanjang pengembangan game ini staf mencoba untuk tetap fleksibel dan terlepas dari konsep desain asli; perhatian difokuskan pada fitur yang bekerja dengan baik, sementara fitur yang tidak bekerja dihilangkan. Tim pengembangan dimaksudkan pengaturan utama permainan, pulau, memainkan peran besar dalam keseluruhan pengalaman. Merasa terlalu banyak permainan digunakan suram, pengaturan gelap dengan skema warna monokromatik, mereka ingin pulau menjadi hidup, dunia permainan dipercaya bahwa tenggelam pemain dan mendorong eksplorasi.

Dalam merancang karakter, para seniman yang ditujukan untuk gaya yang realistis. Para pencipta dibayangkan protagonis utama, Nathan Drake, karena lebih dari karakter orang umum dari Lara Croft, ditampilkan dengan jelas di bawah tekanan dalam banyak perkelahian api permainan, dengan tidak ada pelatihan khusus dan terus-menerus hidup di tepi kemampuannya. Direktur Amy Hennig merasa berat lapis baja, "sulit seperti paku" protagonis dengan senjata besar bukan pahlawan cocok, dan memutuskan sebuah "ulet dan akal "karakter akan menggambarkan kualitas lebih manusiawi. karakter pendukung (Elena Fisher dan Victor Sullivan) dimasukkan untuk menghindari cerita kering dan emosi karakter Fisher mengalami perubahan selama pengembangan. Di trailer awal untuk permainan, karakter memiliki rambut cokelat gelap, tetapi akhirnya warnanya berubah menjadi pirang dan gaya telah diubah.

Permainan pergi emas di tengah-tengah Oktober 2007. Sebuah demo kemudian dirilis pada tanggal 8 November 2007 tentang PlayStation Network sebelum rilis final pada tanggal 19 di Amerika Utara. demo ini pertama kali ditempatkan di toko Amerika Utara, dan awalnya wilayah-terkunci sehingga hanya akan bermain di Amerika Utara PS3. Namun, ini kemudian dikonfirmasi sebagai sebuah kesalahan, sebagai pengembang yang tampaknya tidak menyadari bahwa orang-orang dari berbagai daerah bisa mendaftar untuk account di Amerika Utara dan download demo; demo wilayah bebas dirilis segera setelah.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Tak lama setelah rilis permainan, co-presiden Naughty Dog, Evan Wells, menyatakan bahwa Uncharted telah dikembangkan sebagai waralaba, dan sekuel kemungkinan. Ia kemudian menegaskan bahwa tim pengembangan telah menempatkan pekerjaan mereka pada angsuran berikutnya dari Jak dan Daxter on-tahan untuk bekerja pada Uncharted 2 untuk rilis pada tahun 2009. Sekuel ini diturunkan berhak Uncharted 2: Among Thieves pada bulan Desember 2008 oleh game Informer Sekuel Uncharted 2, Uncharted 3: Drake's Deception diumumkan pada tanggal 11 Desember 2010 dan dirilis di seluruh dunia pada bulan November 2011. Angsuran keempat dari seri, Uncharted 4: A Thief's End, yang diatur menjadi angsuran utama terakhir di seri, dirilis pada 10 Mei 2016. Sebuah single-player-satunya remaster dari tiga gelar pertama, berjudul Uncharted: The Nathan Drake Collection, dirilis untuk PlayStation 4 di 7 Oktober 2015. Dua spin-off untuk PlayStation Vita, berjudul Uncharted: Golden Abyss dan Uncharted: Fight for Fortune dirilis pada masing-masing 2011 dan 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Helgeson, Matt (December 2007). "Uncharted: Drake's Fortune Review". Game Informer. Cathy Preston (176): 149. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2008. Diakses tanggal 2008-11-24. 
  2. ^ Nix, Marc (2006-05-08). "E3 2006: Eyes-on Naughty Dog's Untitled Trailer". IGN. Diakses tanggal 2008-08-12. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gamespotinterview
  4. ^ a b c Miller, Greg (2007-11-13). "Uncharted: Drake's Fortune Review". IGN PS3. IGN Entertainment, Inc. Diakses tanggal 2007-12-20. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama platinum
  6. ^ a b c d e "Uncharted: Drake's Fortune (2007) (VG)". IMDb. Diakses tanggal 2008-08-12. 
  7. ^ a b c d e f Ford, Greg (2007-11-14). "Uncharted: Drake's Fortune (PS3)". 1UP. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-30. Diakses tanggal 2008-08-03. 
  8. ^ McGarvey, Sterling (2007-11-14). "Uncharted: Drake's Fortune (PS3)". GameSpy. Diakses tanggal 2007-12-20. 
  9. ^ Davis, Ryan (2007-11-19). "Uncharted: Drake's Fortune". GameSpot. Diakses tanggal 2007-12-20. 
  10. ^ Faylor, Chris (2007-05-18). "Uncharted: Drake's Fortune Preview". Shacknews. Diakses tanggal 2008-08-14. 
  11. ^ Ashcraft, Brian (2007-11-21). "Only in Japan: Uncharted Gets Totally Censored". Kotaku. Diakses tanggal 2008-02-13.