Uncharted: The Lost Legacy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uncharted: The Lost Legacy
Uncharted The Lost Legacy box artwork.jpg
PengembangNaughty Dog
PenerbitSony Interactive Entertainment
Pengarah
PerancangJames Cooper
PemrogramTravis McIntosh
Christian Gyrling
SenimanTate Mosesian
Erick Pangilinan
Penulis
Komponis musikHenry Jackman
SerialUncharted
PlatformPlayStation 4
Tanggal rilis
  • NA: August 22, 2017
  • PAL: August 23, 2017
GenreAction-adventure
ModeSingle-player, multiplayer

Uncharted: The Lost Legacy adalah game video game aksi-petualangan yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment. Dirilis pada bulan Agustus 2017 untuk PlayStation 4, ini adalah perluasan mandiri ke seri 'Uncharted', dan merupakan game pertama yang tidak menampilkan protagonis seri Nathan Drake. Pemain kontrol Chloe Frazer, yang mencari Tusk Ganesha di pegunungan India di tengah perang sipil, dengan bantuan mantan tentara bayaran Nadine Ross. Permainan dimainkan dari sudut pandang third-person; pemain menggunakan senjata api, dan dapat menggunakan huru-hara pertempuran dan stealth untuk mempertahankan diri dari musuh yang tidak bersahabat. Pemain memecahkan teka-teki, menggabungkan beberapa elemen platformer untuk memajukan narasi, dan menavigasi dunia permainan dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan.

Pengembangan The Lost Legacy dimulai segera setelah rilis Uncharted 4: A Thief's End pada bulan Mei 2016. Chloe, karakter pendukung dalam judul seri sebelumnya, menjadi fokus utama dari game, dengan cerita, desain dan elemen gameplay yang mencerminkan karakternya. Claudia Black dan Laura Bailey reprised peran mereka sebagai Chloe dan Nadine, masing-masing, melalui suara dan gerak ambil, dan penulis terbantu Josh Scherr dan direktur kreatif Shaun Escayg dengan perkembangan karakter dan ceritanya. Game ini dibangun berdasarkan elemen gameplay yang dibuat di judul Uncharted sebelumnya dengan gameplay yang lebih terbuka. The Lost Legacy diterima dengan baik oleh para kritikus, yang memuji grafis, akting dan gameplaynya, tetapi mengkritik kurangnya inovasi.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Uncharted: The Lost Legacy adalah sebuah game aksi-petualangan yang dimainkan dari third-person view, dengan elemen game platform. Pemain menggunakan senjata api, huru-hara tempur, dan stealth game stealth untuk mempertahankan diri dari musuh-musuh yang bermusuhan. Pemain mengendalikan Chloe Frazer-pemburu harta karun yang mahir secara fisik dan mampu melompat, berlari, memanjat, berenang, berayun dan melakukan tindakan akrobatik lainnya.[1] Pemain melintasi beberapa lingkungan, bergerak melalui lokasi termasuk kota, bangunan, dan kuil untuk maju melalui cerita permainan.[2] Pemain menggunakan senjata api, huru-hara, dan stealth untuk mempertahankan diri dari musuh yang bermusuhan.[3] Pemain juga mengemudikan kendaraan selama beberapa segmen permainan

Karakter pemain berjongkok, dengan teman dekatnya. Serangan kendaraan musuh di kejauhan.

Dalam pertempuran, pemain dapat menggunakan senjata jarak jauh, seperti senapan dan senapan, dan senjata laras pendek seperti pistol dan revolver; Bahan peledak genggam seperti granat dan C4 juga tersedia.[3] Meskipun pemain dapat menyerang musuh secara langsung, mereka memiliki pilihan untuk menggunakan taktik diam-diam untuk menyerang tanpa terdeteksi atau menyelinap oleh mereka; permainan mengenalkan senjata silent. Sementara permainannya adalah linear, lingkungan menampilkan banyak jalur bagi para pemain untuk dijelajahi; peta lebih besar dari pada Uncharted 4.[4] Permainan ini memiliki sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) di mana musuh yang bermusuhan bereaksi terhadap situasi tempur yang mereka hadapi; Mereka menanggapi tindakan pemain, mengkoordinasikan taktik, dan bekerja sama satu sama lain. Teman pemain juga dikendalikan oleh kecerdasan buatan, dan dapat membantu dalam pertempuran dengan melempar benda ke ancaman untuk membuat mereka terkejut, mengumumkan lokasi musuh yang tak terlihat, atau menggunakan senjata untuk menyerang musuh.[5] Permainan ini memiliki periode tanpa pertarungan, sering kali melibatkan percakapan antar karakter. Pemain juga memiliki kemampuan untuk menentukan hasil dari beberapa percakapan melalui pohon dialog.[6]

Permainan ini memberi akses ke multiplayer Uncharted 4: A Thief's End, dengan konten tambahan terkait dengan The Lost Legacy.[5][7]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di India, pemburu harta karun Chloe Frazer telah mendaftarkan layanan tentara bayaran Nadine Ross untuk membantunya menemukan gading legendaris Ganesha, anak dewa Hindu Siwa, yang kehilangan gading sementara membela kuil ayahnya, pencarian yang sebelumnya dikonsumsi ayah Chloe sendiri sebelum akhirnya mengklaim hidupnya di tangan bandit. Dibantu oleh seorang pedagang muda bernama Meenu, yang ayahnya berada di tentara India, Chloe bergerak melewati sebuah kelompok pemberontak dan bertemu dengan Nadine, yang membantunya menyelinap ke kantor pemimpin pemberontak, Asav, yang juga setelah gading, pura-pura berencana menggunakannya untuk menggalang rakyat menuju revolusi. Keduanya mencuri peta yang dibuat oleh seorang ahli tak dikenal yang menunjuk ke arah gading di dalam kekaisaran Hoysala kuno dan sebuah disk yang bertindak sebagai kunci sebelum melarikan diri dari pasukan Asav.

Peta tersebut membawa mereka ke India Barat, di mana mereka mengikuti jejak beberapa menara yang dihiasi dengan senjata Hindu-trisula Ganesha, busur Siwa, dan kapak Parashurama, yang menggunakan kapak untuk menghapus gading . Jejak itu akhirnya membawa mereka ke dua ibu kota Hoysala yang lebih kecil, Halebidu, yang kaisar terakhirnya tidak dijaga agar bisa menaklukkan Persia yang tampaknya tidak waras. Namun, mereka segera mempelajarinya sebenarnya karena kaisar meninggalkan jejak yang salah; gading benar-benar di ibu kota yang lebih besar, Belur. Dalam perjalanan ke sana, mereka diserang oleh Asav dan anak buahnya dan setelah bertengkar, mereka nyaris tidak lolos, tetapi kehilangan cakarnya.

Meskipun Chloe terluka, mereka melanjutkan, berharap bisa mendapatkan kembali cakram itu. Namun, saat memata-matai kekuatan Asav, Nadine melihat musuh lamanya Sam Drake, saudara laki-laki Nathan Drake (teman lama dan mantan pasangan Chloe), dan menyadari bahwa dia adalah pakar Asav. Ketika dia mengungkapkan niatnya untuk membunuh Sam, Chloe mengungkapkan bahwa dia bekerja dengan dia sebelum dia diculik, yang mengharuskannya mempekerjakan Nadine. Seperti Chloe sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak mengenal Sam dengan baik, penipuan ini membuat marah Nadine, tetapi akhirnya mereka menebus kesalahannya. Keduanya berhasil sampai ke Belur dan berhasil menavigasi beberapa teka-teki sebelum ditangkap oleh Asav. Dia membawa mereka ke ruang tengah tempat Sam dan memaksa Chloe menggunakan disk untuk mengungkapkan gadingnya, yang diliputi permata. Dalam prosesnya, dia menemukan bahwa Ganesh membiarkan Parashurama memotong gadingnya, karena Siwa memberi kapak kepadanya dan Ganesha tidak ingin memalukan ayahnya dengan membuktikan kapaknya tidak berguna.

Dengan gading di tangan, Asav memicu jebakan dan meninggalkan ketiganya untuk tenggelam, meskipun beberapa penguncian cepat dari Chloe membantu mereka melarikan diri. Meski ada ketegangan antara Nadine dan Sam, ketiga mengejar Asav untuk mengambil kembali gadingnya. Sepanjang jalan, Nadine terkejut dan marah karena Asav bekerja dengan Shoreline, kelompok yang biasa dia jalankan dan berharap bisa kembali setelah pekerjaan ini. Mereka menemukan kesepakatan antara Asav dan Orca, mantan letnan Nadine yang sekarang mengelola Shoreline, di mana Asav memperdagangkan gading untuk sesuatu yang besar yang ia bebankan ke kereta api. Setelah bertengkar dengan Orca mengendarai helikopter, ketiganya menurunkan helikopter dan membuat tentara bayaran yang sekarat mengungkapkan apa yang dibeli Asav: sebuah bom besar yang akan dia peluk di ibu kota dan memulai revolusi. Tepat setelah ini, Orca menarik pistol ke Nadine, tapi Sam menyelamatkannya, membiarkannya menembak Orca mati. Lelah berlari saat situasi menjadi terlalu berbahaya, Chloe meyakinkan yang lain untuk membantunya menghentikan bom tersebut.

Memberi mobil, ketiganya menyusul kereta. Sam tetap berada di belakang sementara wanita-wanita itu terus melaju dan bertempur melawan orang-orang Asav. Akhirnya melihat sebuah tombol yang akan memutar kereta menuju jembatan yang ambruk, Chloe melompat dari kereta sementara Nadine tetap berada di belakang dan, dengan bantuan Sam, ternyata beralih sebelum kembali ke Nadine. Keduanya berhasil sampai ke mobil mesin, di mana bomnya berada, dan melawan Asav. Mereka akhirnya menjebak kakinya di bawah bom dan melompat ke tempat yang aman sebelum kereta jatuh dari jembatan dan meledak, membunuh Asav. Dengan aman dan dengan gading di tangan, Chloe dan Nadine memutuskan untuk terjun ke bisnis bersama sementara Sam bereaksi dengan ngeri terhadap niat mereka untuk menyerahkan Gading ke Kementerian Kebudayaan, yang kemungkinan besar tidak akan membayar mereka banyak uang.

Dalam Adegan Mid-Kredit, Chole, Nadine dan Sam berbagi pizza dengan Meenu.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Naughty Dog mulai mengembangkan The Lost Legacy setelah merilis Uncharted 4 pada bulan Mei 2016, awalnya mengeksplorasi gagasan naratif . Kurt Margenau dan Shaun Escayg dipilih untuk memimpin pengembangan sebagai direktur permainan dan direktur kreatif. Margenau dipilih karena pengetahuannya tentang pemrograman dan semangat untuk bermain game dan interaktivitas, sementara Escayg dipilih karena pemahamannya tentang struktur naratif. Skor asli permainan ditulis oleh Henry Jackman, yang sebelumnya terdiri dari Uncharted 4. Sementara tim pengembang pada awalnya merenungkan menciptakan Uncharted 5, mereka akhirnya memilih untuk menciptakan downloadable content (DLC) untuk Uncharted 4, sebagai pengembangan simultan The Last of Us Part II membawa mereka untuk mendukung sebuah cerita yang lebih ringkas untuk rilis lebih cepat.

The Lost Legacy diumumkan pada acara PlayStation Experience pada tanggal 4 Desember 2016, bersamaan dengan trailer gameplay debutnya. Video gameplay dirilis pada bulan April 2017, mengungkapkan tanggal rilis dan mengumumkan bonus pre-order: the original Jak and Daxter: The Precursor Legacy, ditiru di PlayStation 4. Sebuah trailer cerita juga ditampilkan di E3 pada bulan Juni 2017. Game tersebut rencananya akan dirilis untuk PlayStation 4 pada 22 Agustus 2017 di Amerika Utara, dan 23 Agustus di Eropa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Game Informer Evolution
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Game Informer Cover
  3. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama PS Blog First Look
  4. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Game Informer Six
  5. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama E3 PS Interview
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Engadget basics
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama E3 IGN Interview