Sendai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pusat kota Sendai

Sendai (仙台市, Sendai-shi) merupakan ibu kota dari Prefektur Miyagi, yang terletak di bagian utara Jepang, merupakan kota terbesar yang berada didaerah Tohoku, serta kota terbesar ke dua di utara Tokyo. Penduduknya berjumlah 1.030.000 jiwa (2005). Kota asal band Jepang-Kanada yang terkenal Monkey Majik ini pernah mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tahun 2011.

Kota ini didirikan oleh daimyou Date Masamune pada tahun 1600, dan memiliki nama lain the city of tree (杜の都 Mori no Miyako), terdapat sekitar 60 zelkova di jalan Jōzenji (定禅寺通 Jōzenji dōri) dan jalan Aoba (青葉通Aoba dōri).

Pada musim panas, festival tanabata di Sendai merupakan festival terbesar di Jepang.[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sendai terletak pada 38°16'05" lintang utara, 140°52'11" bujur timur. Luas kota keseluruhan adalah 788.09 km², dan memanjang dari Samudera Pasifik hingga Pegunungan Ōu, yang merupakan batas timur dan barat dari Prefektur Miyagi. Sendai bagian timur merupakan dataran rendah, di mana pusat kota berbukit-bukit dan bagian barat adalah pegunungan. Titik tertinggi dari kota ini adalah Gunung Funagata dengan ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]