Kagoshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunung Sakurajima dilihat dari Kagoshima.
Kagoshima in Kagoshima Prefecture.png
Untuk Kagoshima sebagai prefektur, lihat: Prefektur Kagoshima.

Kagoshima (鹿児島市; -shi) adalah ibu kota Prefektur Kagoshima yang terletak di penghujung barat daya pulau Kyushu di Jepang. Kagoshima kadang disebut "Napolinya Jepang" karena letaknya di teluk (Kaldera Aira), cuaca yang panas, dan gunung berapi Sakurajima.

Hingga 1 Januari 2005, kota ini diperkirakan mempunyai penduduk sejumlah 605.650 jiwa dan kepadatan sebesar 1.107,81 jiwa per km². Luasnya adalah 546,71 km². Kagoshima mempunyai lapangan terbang internasional bernama Bandara Kagoshima.

Kagoshima adalah tempat lahir Saigo Takamori, seorang tokoh penting pada periode Meiji, dan juga Togo Heihachiro, seorang pahlawan angkatan laut terbesar Jepang. Heihachiro memimpin armada Angkatan Laut Jepang dua kali mengalahkan Rusia pada tahun 1904 dan 1905, menghancurkan reputasi Rusia sebagai kekuatan laut di Timur.

Selain itu, kota ini juga merupakan tempat di mana orang-orang Jepang bertemu dengan penganut agama Kristen untuk pertama kalinya, saat misionaris Spanyol, Fransiskus Xaverius tiba di sini pada tahun 1549 dan disambut dengan ramah.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]