Betamax

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Betamax
Logo betamax 01.gif
Betamax Tape v2.jpg
Jenis media Pita Megnetis
Penyandian NTSC, PAL
Mekanisme baca Helical scan
Mekanisme tulis Helical scan
Standar Video Interlasi
Pengembang Sony
Dimensi fisik 156 × 96 × 25 mm
Penggunaan Home movies, Home video

Betamax adalah format perekaman video/audio yang dikembangkan oleh Sony yang dirilis pada 10 Mei 1975. Betamax adalah kaset video selebar 1/2 inci (12.7 milimeter. Format ini berasal dari format kaset video sebelumnya, yaitu U-matic dengan lebar 3/4 inci (19.05 milimeter).

Seperti video kaset seperti VHS yang diproduksi JVC pada tahun 1976, Betamax tidak memiliki pita pengaman, dan menggunakan rekaman azimuth untuk mengurangi goresan. Kata Betamax berasal dari dua kata, Beta adalah kata untuk jalur sinyal yang direkam pada kaset, karena pita kaset tersebut berputar melalui sebuah transportasi sehingga berbentuk seperti abjad Yunani "Beta" (β). Kata -max berasal dari "maximum" yang berarti luar biasa.[1]

Video Rumah[sunting | sunting sumber]

Dua potong kamera / sistem VCR cepat super pengungsi 8 mm Film sebagai media pilihan untuk menembak rumah film dan film amatir. Unit ini termasuk VCR portabel, yang akan membawa videografer dengan tali bahu, dan kamera yang terpisah, yang terhubung ke VCR dengan kabel khusus. Pada titik ini, Beta memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem VHS. Kaset Beta lebih kecil dibuat untuk VCR lebih kecil dan lebih ringan. Gambar yang superior Beta

adalah penting untuk film rumah, sedangkan waktu perekaman lebih lama VHS dipandang sebagai berlebihan.

Namun, konsumen menginginkan solusi one-piece. Yang satu bagian pertama konsumen camcorder, Betamovie, datang dari Sony. Suatu persyaratan utama untuk sebuah camcorder one-piece adalah miniaturisasi drum head, dan solusi Sony untuk ini melibatkan sinyal video tidak standar yang akan menjadi standar hanya ketika diputar ulang pada VCR berukuran penuh. Efek samping dari ini adalah bahwa camcorder Beta adalah rekor hanya: konsumen melihat ini sebagai keterbatasan utama.

VHS produsen menemukan solusi yang lebih baik untuk drum miniaturisasi (itu melibatkan empat kepala melakukan pekerjaan dua). Karena menggunakan sinyal video standar, camcorder VHS dapat meninjau rekaman dalam camcorder dan copy ke VCR lain untuk mengedit. Hal ini bergeser keuntungan film rumah secara dramatis jauh dari Beta, dan merupakan alasan utama untuk kehilangan pangsa pasar Beta: pemilik VCR Beta menemukan bahwa camcorder VHS akan memungkinkan mereka untuk menyalin dan mengedit rekaman ke geladak Beta mereka - sesuatu yang bisa Betamovie tidak melakukan. Dan jika film penyewaan tidak tersedia di Beta, mereka bisa menyewa mereka dalam VHS dan menggunakan camcorder mereka untuk bermain mereka. Pemilik VCR VHS juga dapat memilih format camcorder varian yang disebut VHS-C. Ini menggunakan kaset miniatur untuk membuat camcorder yang lebih kecil dan lebih ringan dari Betamovie apapun.

Sony tidak bisa meniru fungsi camcorder VHS-C, dan melihat cepat hilangnya pangsa pasar, akhirnya memperkenalkan Video8 format. Harapan mereka adalah bahwa Video8 bisa mengganti kedua Beta dan VHS untuk semua penggunaan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel tentang camcorder.

Warisan Betamax[sunting | sunting sumber]

Kekalahan Format VHS dari format Betamax menjadi klasik pemasaran studi kasus. Upaya Sony untuk menentukan suatu standar industri menjadi bumerang ketika JVC membuat keputusan taktis untuk melupakan tawaran dari Sony Betamax mendukung mengembangkan teknologi mereka sendiri. Mereka merasa bahwa itu akan berakhir seperti U-Matic kesepakatan, dengan Sony mendominasi.

Pada tahun 1980, JVC format VHS menguasai 70% dari pasar Amerika Utara. Besar skala ekonomi diperbolehkan VHS unit yang akan diperkenalkan ke pasar Eropa dengan biaya yang jauh lebih rendah dari unit Betamax langka. Di Inggris, Betamax memegang pangsa pasar 25% pada tahun 1981, tetapi dengan 1986, turun menjadi 7,5% dan terus menurun lebih lanjut. Pada 1984, empat puluh perusahaan dimanfaatkan format VHS dibandingkan dengan dua belas Beta. Sony akhirnya mengakui kekalahan pada tahun 1988 saat itu juga, mulai memproduksi perekam VHS (di bawah lisensi dari Hitachi), meskipun masih terus memproduksi perekam Betamax.

Di Jepang, Betamax lebih berhasil dan akhirnya berkembang menjadi Betamax Definisi yang diperluas, dengan 500 baris + resolusi, tetapi akhirnya baik Betamax dan VHS digantikan oleh teknologi berbasis laser. Sony Betamax VCR terakhir diproduksi pada tahun 2002.

Seri kedua dari The Boosh Perkasa fitur penjahat yang disebut The Bandit Betamax.

Rumah dan rekaman profesional[sunting | sunting sumber]

Salah satu konsekuensi utama lain dari pengenalan teknologi Betamax ke AS adalah gugatanSony Corp ay Universal City Studios(1984, yang "Betamax kasus"), dengan Mahkamah [Agung [Perserikatan Serikat | AS Mahkamah Agung]] menentukan rekaman video rumah menjadi hukum di Amerika Serikat, dimana perekam kaset video rumah adalah teknologi hukum karena mereka telah menggunakan noninfringing substansial. Preseden ini kemudian dipanggil dalamMGM v. Grokster(2005), di mana pengadilan tinggi sepakat bahwa yang sama "noninfringing substansial menggunakan" standar berlaku untuk penulis dan vendor [[peer-to-peer] ] file sharing perangkat lunak (terutama kecuali mereka yang "aktif menginduksi" pelanggaran hak cipta melalui "ekspresi tujuan, bersalah dan melakukan").

Dalam industri video profesional dan siaran, Sony Betacam, berasal dari Betamax sebagai format profesional, menjadi salah satu format beberapa standar; rumah produksi pertukaran rekaman di kaset video Betacam, dan sistem Betacam menjadi format video yang paling banyak digunakan dalam yang ENG (Electronic News Gathering) industri, menggantikan Templat:Mengkonversi U-matic format tape (yang merupakan pertama praktis dan hemat biaya Format video portabel untuk siaran televisi, menandakan akhir dari 16 film yang mm - dan kalimat "film di 11" sering terdengar di siaran enam-o-jam, sebelum film telah dikembangkan). Turunan profesional VHS, MII (alias Recam) yang diproduksi oleh Panasonic, berhadapan melawan Betacam dan hilang. Setelah Betacam menjadi de facto standar industri penyiaran, posisinya di pasar profesional cermin dominasi VHS di pasar home video[butuh rujukan]. Pada tingkat teknis, Betacam dan Betamax adalah serupa bahwa berbagi baik bentuk kaset video yang sama, menggunakan formulasi oksida pita yang sama dengan yang sama koersivitas, dan keduanya merekam audio track linear pada lokasi yang sama dari kaset video. Namun di area kunci dari rekaman video, Betacam dan Betamax yang sama sekali berbeda. Kaset Betacam secara mekanis dipertukarkan dengan Betamax, tetapi tidak secara elektronik. Betacam bergerak pita pada Templat:Mengkonversi / s, dengan berbagai rekaman / encoding teknik. Betamax adalah sistem warna-bawah, dengan kecepatan pita linier mulai dari Templat:Mengkonversi / {{s untuk mengkonversi | 1,33 | cm | in | 1 | abbr = on} } / Templat:Citation s. diperlukan <- Artikel Betacam mengklaim sebaliknya --->

Sony juga menawarkan berbagai produk industri Betamax, sebuah Beta I-format hanya untuk pengguna industri dan kelembagaan. Hal ini pada dasarnya lebih murah dan lebih kecil dibanding dengan U-Matic. Kedatangan sistem Betacam mengurangi permintaan untuk kedua Beta Industri dan U-Matic peralatan.

Betamax juga memiliki bagian penting untuk bermain di industri rekaman musik, ketika Sony memperkenalkan PCM (Pulse Code Modulation) sistem perekaman digital sebagai kotak encoding / adaptor PCM yang terhubung ke sebuah perekam Betamax. Sony PCM-F1 adaptor dijual dengan pendamping Betamax VCR SL-2000 sebagai sebuah sistem audio digital portabel rekaman. Banyak insinyur rekaman yang digunakan sistem ini dalam tahun 1980-an dan 1990-an untuk membuat rekaman pertama mereka menguasai digital.

Awalnya, Sony mampu beberapa mempromosikan Betamax-satunya fitur, seperti BetaScan-pencarian gambar kecepatan tinggi baik dalam arah-dan BetaSkipScan, suatu teknik yang memungkinkan operator untuk melihat di mana ia berada di rekaman dengan menekan tombol FF (atau REW, jika dalam mode tersebut): transportasi akan beralih ke modus BetaScan sampai tombol ini dirilis. Fitur ini dibahas secara lebih rinci pada Cari Peep. Sony percaya bahwa M-Load transport yang digunakan oleh mesin VHS menyalin mode membuat trik ini tidak mungkin. BetaSkipScan (Search Peep) sekarang tersedia di miniatur M-beban format, tetapi bahkan Sony tidak mampu untuk sepenuhnya mereplikasi ini pada VHS. BetaScan awalnya disebut Moviola mengancam tindakan hukum. "Videola" sampai perusahaan yang membuat

Sony juga akan menjual BetaPak, dek kecil yang dirancang untuk digunakan dengan kamera. Prihatin dengan kebutuhan untuk beberapa bagian dan kabel untuk menghubungkan mereka, terintegrasi kamera / perekam dirancang, yang Sony dijuluki sebagai "Camcorder", hasilnya adalah Betamovie. Betamovie menggunakan kaset ukuran standar, tetapi dengan transportasi dimodifikasi. Rekaman itu dibungkus 300 ° sekitar yang lebih kecil, Templat:Mengkonversi berdiameter Drum kepala, dengan kepala dual-azimuth tunggal untuk menulis video lagu. Untuk pemutaran, rekaman itu akan dimasukkan ke dalam dek Beta format. Karena geometri yang berbeda dan teknik menulis yang digunakan, pemutaran dalam camcorder tidak layak. SuperBeta dan Betamovie industri camcorder juga akan dijual oleh Sony.

HiFi audio yang ter-upgrade[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 1983, Sony memperkenalkan kesetiaan audio yang tinggi untuk merekam sebagai Beta Hi-Fi. Untuk NTSC, Beta HiFi bekerja dengan menempatkan sepasang pembawa FM antara kroma (C) dan luminance (Y) pembawa, sebuah proses yang dikenal sebagai frekuensi multiplexing. Setiap kepala memiliki sepasang spesifik operator, secara total, empat saluran individu dipekerjakan. Sebuah kepala MHz 1,53 dan 1,83 direkam hi-fi nya pembawa pada 1,38 (L) dan 1,68 (R) MHz, dan kepala B digunakan. Hasilnya adalah audio dengan kisaran 80 dB dinamis, dengan kurang dari 0,005 wow% dan flutter.

Sebelum pengenalan Beta Hi-Fi, Sony bergeser pembawa Y oleh 400 kHz untuk membuat ruang untuk empat operator FM yang akan diperlukan untuk Beta Hi-Fi. Semua mesin Beta dimasukkan perubahan ini, ditambah kemampuan untuk berburu pembawa pra-AFM rendah frekuensi Y. Sony dimasukkan sebuah "antihunt" sirkuit, untuk menghentikan mesin untuk berburu pembawa Y yang tidak ada.

Beberapa Sony NTSC model yang dipasarkan sebagai "Hi-Fi Ready" (dengan awalan SL-Hfr ke nomor model bukan SL biasa atau SL-HF). Deck ini terlihat seperti Betamax model Betamax biasa, kecuali untuk konektor 28-pin khusus pada bagian belakang. Jika pengguna diinginkan model Hi-Fi Beta tetapi kekurangan dana pada saat itu, ia bisa membeli "SL-HFRxx" dan di kemudian hari pembelian Prosesor Hi-Fi terpisah. Sony menawarkan dua Beta tempel Hi-Fi prosesor, HFP-100 dan HFP-200. Mereka identik, kecuali bahwa HFP-200 mampu multi-channel suara TV, dengan kata "stereocast" dicetak setelah logo Hi-Fi Beta. Hal ini dimungkinkan karena tidak seperti sebuah dek Hi-Fi VHS, sebuah Betamax NTSC tidak perlu sepasang ekstra kepala. Para HFP-x00 akan menghasilkan pembawa diperlukan yang akan dicatat oleh dek melekat, dan selama pemutaran operator AFM akan diteruskan ke HFP-x00. Mereka juga memiliki kontrol "pelacakan baik" kecil di panel belakang untuk kaset sulit.

Untuk PAL, bagaimanapun, bandwidth antara operator kroma dan pencahayaan tidak cukup untuk memungkinkan operator FM tambahan, sehingga kedalaman multiplexing dipekerjakan, dimana audio track akan dicatat dengan cara yang sama bahwa video lagu itu. Trek audio frekuensi rendah ditulis pertama kali oleh seorang kepala yang berdedikasi, dan melacak video yang direkam di atas oleh kepala video. Disk kepala memiliki sepasang audio-hanya kepala dengan azimut yang berbeda, diposisikan sedikit di depan dari kepala video biasa, untuk tujuan ini.

Sony yakin bahwa VHS tidak bisa mencapai prestasi kinerja yang sama audio Hi-Fi Beta. Namun, dengan rasa penyesalan dari Sony, JVC tidak mengembangkan VHS sistem hi-fi pada prinsip kedalaman multiplexing kira-kira setahun setelah Hi-Fi Beta pertama VCR, SL-5200, diperkenalkan oleh Sony. Meskipun pujian awal sebagai menyediakan "suara kualitas CD", baik Beta Hi-Fi dan VHS HiFi menderita "buzz pembawa", dimana informasi frekuensi tinggi berdarah ke operator audio, audio yang menciptakan kelemahan sesaat "berdengung" dan lainnya. Kedua sistem juga digunakan companding noise-pengurangan sistem, yang bisa menciptakan "memompa" artefak bawah beberapa kondisi. Kedua format juga menderita masalah pertukaran, di mana kaset dibuat pada satu mesin tidak selalu bermain kembali dengan baik pada mesin lain. Ketika ini terjadi dan jika artefak menjadi terlalu mengganggu, pengguna dipaksa untuk kembali ke soundtrack linier lama.

Standar baru: SuperBetamax dan Extended Definisi Betamax[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985 awal, Sony akan memperkenalkan fitur baru, Band Tinggi atau SuperBeta, dengan kembali menggeser pembawa Y-kali ini dengan 800 kHz. Hal ini meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk Y sideband dan meningkatkan resolusi horizontal 240-290 garis pada sebuah kaset Betamax biasa-kelas. Sejak lebih dari-antena-dan kabel sinyal hanya 300-330 garis resolusi, SuperBeta bisa membuat salinan hampir identik dari siaran langsung televisi. Namun, resolusi kroma masih tetap relatif miskin, terbatas hanya di bawah 0,4 MHz atau resolusi sekitar 30 baris, sedangkan siaran langsung chrominance resolusi yang lebih dari 100 baris. Kepala juga dipersempit menjadi 29 pM untuk mengurangi crosstalk, dengan kesenjangan kepala sempit untuk memutar kembali frekuensi pembawa lebih tinggi pada 5,6 MHz. Kemudian, beberapa model akan menampilkan perbaikan lebih lanjut, dalam bentuk Beta-Apakah, versi band tinggi dari modus Beta-aku rekaman. Ada beberapa yang tidak kompatibel antara geladak Beta tua dan SuperBeta, tetapi kebanyakan bisa memutar ulang rekaman band tinggi tanpa masalah besar. Deck SuperBeta memiliki beralih ke menonaktifkan modus SuperBeta untuk tujuan kompatibilitas. (SuperBeta hanya sedikit didukung luar dari Sony, banyak pemegang lisensi telah dihentikan lini Betamax mereka.)

Pada tahun 1988, Sony kembali akan mendorong amplop dengan ED Beta, atau "Definisi Extended" Betamax, mampu hingga 500 baris resolusi, yang setara kualitas DVD (480 khas). Dalam rangka untuk menyimpan sinyal luma ~ 6,5 MHz-lebar, dengan frekuensi 9,3 MHz puncak pada, Sony menggunakan pita logam formulasi dipinjam dari format Betacam SP (bermerek "ED-Metal") dan dimasukkan beberapa perbaikan transportasi untuk mengurangi penyimpangan mekanis diinduksi dalam gambar. Beta ED juga menampilkan penyimpangan pencahayaan pembawa 2,5 MHz, sebagai lawan 1,2 MHz digunakan dalam SuperBeta, meningkatkan kontras pencahayaan dengan kebisingan berkurang.

Sony memperkenalkan dua deck ED dan camcorder pada akhir 1980-an. Ujung atas EDV-9500 (EDV-9300 di Kanada) dek dek adalah mengedit sangat mampu, menyaingi jauh lebih mahal U-Matic set-up untuk akurasi dan fitur, namun tidak memiliki keberhasilan komersial karena kurangnya timecode dan lainnya fitur pro. Sony melakukan pasar Beta ED untuk "semiprofessional" pengguna, atau "prosumers". Salah satu keluhan tentang EDC-55 ED CAM adalah bahwa itu memerlukan banyak cahaya (setidaknya 25 lux), karena penggunaan dua CCD bukan perangkat tunggal-CCD pencitraan khas. Lineup ED Beta hanya tercatat di BII / BIII mode, dengan kemampuan untuk memutar kembali BI / BIS.

Meskipun penurunan tajam dalam penjualan perekam Betamax pada akhir 1980-an dan menghentikan berikutnya dalam produksi perekam baru oleh Sony pada tahun 2002, baik Betamax dan SuperBetamax masih digunakan oleh sejumlah kecil orang. Kaset baru masih tersedia untuk pembelian di toko online s dan perekam yang digunakan sering ditemukan di pasar loak s, hemat toko atau di Internet lelang situs. Format awal Betacam kaset-yang secara fisik didasarkan pada kaset Betamax-tetap tersedia untuk digunakan dalam media profesional.

Perbandingan ke format video lainnya[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar modern, gaya digital resolusi (dan tradisional "garis TV per tinggi gambar" analog pengukuran) untuk berbagai media. Daftar ini hanya mencakup format populer. Semua nilai adalah perkiraan NTSC resolusi. Untuk sistem PAL, ganti "480" dengan "576".

Resolusi berdasarkan pada kualitas dengan standar faktor Kell dari 0,7:

  • 350 × 480 (250 baris per tinggi gambar): Umatic, Betamax, VHS, Video8
  • 420 × 480 (300 baris per tinggi gambar): Super Betamax, Betacam (profesional)
  • 460 × 480 (330 baris per tinggi gambar): Siaran Analog
  • 590 × 480 (420 baris per tinggi gambar): Laserdisc, Super VHS, Hi8
  • 700 × 480 (500 baris per tinggi gambar): Perpanjangan Definisi Betamax

format digital Kualitas berdasarkan resolusi dengan standar faktor Kell dari 0,7:

  • 352 × 240 (240 baris per tinggi gambar): Video CD
  • 480 × 480 (330 baris per tinggi gambar): SVCD
  • 720 × 480 (504 baris per tinggi gambar): 4:03 DVD, Anamorphic Widescreen DVD, MiniDV, Digital8
  • 720 × 360 (504 baris per tinggi gambar): Letterbox Widescreen DVD
  • 1280 × 720 (896 baris per tinggi gambar): AVCHD-lite (720p)
  • 1440 × 1080 (1008 baris per tinggi gambar): MiniDV (high-def varian)
  • 1920 × 1080 (1344 baris per tinggi gambar): (1080i/p) AVCHD, Blu-ray, HD DVD

Tautan External[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "This is a revolution!", Sony History, Sony.net