Okeh Records

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rekaman OKeh
Perusahaan induk Sony Music Entertainment
Didirikan 1918; 105 tahun yang lalu    (1918
Pendiri Otto Heinemann
Distributor (s) Sony Masterworks Recordings (penerbit ulang)
Genre Berbagai (1916-1953) Rhythm & Blues (1953-1970) Blues (1994-2000) Jazz (2013-)


Negara asal Amerika Serikat
Lokasi Kota New York
Situs web resmi okeh-records.com

OKeh Records ( /ˌˈk/ ) adalah label rekaman Amerika yang didirikan oleh Otto Heinemann Phonograph Corporation, pemasok fonograf yang didirikan pada tahun 1916, [1] yang bercabang menjadi rekaman fonograf pada tahun 1918. [2] Nama tersebut dieja "OkeH" dari inisial Otto KE Heinemann namun kemudian diubah menjadi "OKeh". Sejak tahun 1965, OKeh menjadi anak perusahaan Epic Records, anak perusahaan Sony Music . Saat ini, OKeh adalah merek jazz, didistribusikan oleh Sony Masterworks .

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Rekaman potongan lateral oleh Billy Murray dari tahun 1919
Iklan tahun 1928

OKeh didirikan oleh Otto (Jehuda) Karl Erich Heinemann (Lüneburg, Jerman, 20 Desember 1876 – New York, AS, 13 September 1965) seorang manajer Jerman-Amerika untuk Odeon Records cabang AS, yang dimiliki oleh Carl Lindstrom . Pada tahun 1916, Heinemann mendirikan Otto Heinemann Phonograph Corporation, mendirikan studio rekaman dan pabrik press di New York City, dan memulai label tersebut pada tahun 1918 [3]

Cakram pertama dipotong secara vertikal, tetapi kemudian metode potongan lateral yang lebih umum digunakan. [4] Perusahaan induk label tersebut berganti nama menjadi General Phonograph Corporation, dan nama pada label rekamannya diubah menjadi OKeh. Cakram umum berukuran 10 inci dijual seharga 75 sen, sedangkan cakram 12 inci seharga $1,25. Direktur musik perusahaan tersebut adalah Frederick W. Hager, yang juga menggunakan nama samaran Milo Rega.

OKeh mengeluarkan lagu-lagu populer, nomor tari, dan sandiwara vaudeville serupa dengan label lain, tetapi Heinemann juga ingin menyediakan musik untuk penonton yang diabaikan oleh perusahaan rekaman besar.[butuh rujukan]</link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (September 2017)">kutipan diperlukan</span> ] OKeh memproduksi rekaman dalam bahasa Jerman, Ceko, Polandia, Swedia, dan Yiddish untuk komunitas imigran di Amerika Serikat. Beberapa dibuat dari master yang disewa dari label Eropa, sementara yang lain direkam oleh OKeh di New York.

Rilisan awal OKeh menyertakan musik dari New Orleans Jazz Band. Pada tahun 1920, Perry Bradford mendorong Fred Hager, direktur artis dan repertoar ( A&R ), untuk merekam penyanyi blues Mamie Smith . [5] Rekaman tersebut populer, dan label tersebut mengeluarkan serangkaian rekaman balapan yang disutradarai oleh Clarence Williams di New York City dan Richard M. Jones di Chicago. Dari tahun 1921 hingga 1932, serial ini menyertakan musik oleh Williams, Lonnie Johnson, King Oliver, dan Louis Armstrong . Juga rekaman untuk label tersebut adalah Bix Beiderbecke, Lillie Delk Christian, Bennie Moten, Frankie Trumbauer, dan Eddie Lang . [4] Salah satu serial yang lebih populer adalah Hot Five dan Hot Seven karya Louis Armstrong, yang merekam sekitar 3 sesi per tahun antara tahun 1925 dan 1928, yang mencakup hits populer seperti " Heebie Jeebies ", "Cornet Chop Suey", dan " West End Blues " .[6] Setelah kesuksesan rekaman ini, rekaman Armstrong juga dipindahkan ke serial populer, yang dipasarkan ke khalayak kulit putih pada tahun 1928 [7] Sebagai bagian dari Perusahaan Carl Lindström, rekaman OKeh didistribusikan oleh label lain milik Lindstrom, termasuk Parlophone di Inggris. </link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (March 2018)">kutipan diperlukan</span> ] Meskipun musisi tidak menerima banyak bayaran untuk memasuki studio, mereka memiliki hak cipta atas lagu yang mereka rekam dengan harapan band lain akan merekam lagu tersebut; pada gilirannya, mereka akan mendapat aliran royalti yang stabil [8]

Pada tahun 1926, OKeh dijual ke Columbia Records . [4] [9] Kepemilikan diubah menjadi American Record Corporation (ARC) pada tahun 1934, dan seri rekor balapan dari tahun 1920-an berakhir. CBS membeli perusahaan itu pada tahun 1938. OKeh adalah label untuk ritme dan blues pada tahun 1950an, namun album jazz terus dirilis, seperti karya Wild Bill Davis dan Red Saunders . [4]

The OKeh Laughing Record[sunting | sunting sumber]

OKeh Laughing Record direkam di Jerman oleh Beka Records pada tahun 1920, dan kemudian dibeli dari label rekaman tersebut oleh OKeh Records di AS. [10] Ini menampilkan penyanyi opera Lucie Bernardo dan Otto Rathke yang tertawa selama hampir tiga menit sambil ditemani oleh kornetist Felix Silbers. Mereka merekam enam rekaman pada hari yang sama. [11] Album ini menjadi buku terlaris di AS pada tahun 1922, dan diperkirakan telah terjual sekitar satu juta rekaman. [12] [11] OKeh Records segera menyusul dengan "Second Laughing Record", "The OKeh Laughing Dance Record" dan "The OKeh Crying Record". Label rekaman lain juga merilis rekaman serupa. [11] Hal ini mungkin memengaruhi studio untuk memasukkan penonton langsung dan lagu-lagu tawa dalam pertunjukan mereka. [11] Itu diterbitkan di Inggris sebagai The Parlophone Laughing Record dan ditampilkan secara luas dalam kartun pendek Walter Lantz Productions /Universal Studios 1955 Sh-hhhhh, film pendek terakhir yang disutradarai oleh Tex Avery . [10]

Rekor balapan dan rekaman jarak jauh[sunting | sunting sumber]

" Wang Wang Biru ", 1921

General Phonograph Corporation menggunakan lagu populer Mamie Smith " Crazy Blues " untuk mengembangkan pasar baru pada tahun 1920 dan mereka tidak dapat menyimpan rekamannya di rak karena popularitasnya.[13] Potret Smith dan daftar catatannya dicetak dalam iklan di surat kabar seperti Chicago Defender, Atlanta Independent, New York Colored News, dan lainnya yang populer di kalangan orang Afrika-Amerika (meskipun catatan Smith adalah bagian dari seri 4000 reguler OKeh). Okeh semakin menonjol dalam demografi, ketika musisi Afrika-Amerika Sara Martin, Eva Taylor, Shelton Brooks, Esther Bigeou, dan Handy 's Orchestra merekam untuk label tersebut. OKeh mengeluarkan seri 8000 untuk rekor balapan . Kesuksesan seri ini membuat OKeh mulai merekam musik di tempat pertunjukannya, yang dikenal sebagai rekaman jarak jauh atau rekaman lokasi.[14] Mulai tahun 1923, OKeh mengirimkan peralatan rekaman bergerak untuk berkeliling negeri dan artis rekaman yang belum pernah terdengar di New York atau Chicago.[15] Perjalanan reguler dilakukan sekali atau dua kali setahun ke New Orleans, Atlanta, San Antonio, St. Louis, Kansas City, dan Detroit. Studio OKeh di Atlanta juga melayani apa yang disebut sebagai bintang "Hillbilly" (sekarang Country) pada saat itu. Salah satu yang pertama adalah "Fiddlin'" John Carson, yang diyakini telah membuat rekaman musik country pertama di sana pada bulan Juni 1923. Rekor dua sisi dengan " The Little Old Log Cabin in the Lane " dan "The Old Hen Cackled and the Rooster's Going To Crow."

1940–1970[sunting | sunting sumber]

Rilisan OKeh jarang terjadi setelah tahun 1932, meskipun label tersebut berlanjut hingga tahun 1935. Pada tahun 1940, setelah Columbia kehilangan hak atas nama Vocalion dengan menghilangkan label Brunswick, nama OKeh dihidupkan kembali untuk menggantikannya, dan logo skrip diperkenalkan pada rekaman demonstrasi yang mengumumkan acara tersebut. Label tersebut kembali dihentikan pada tahun 1946 dan dihidupkan kembali pada tahun [16] .

Pada tahun 1953, OKeh menjadi label R&B eksklusif ketika induknya, Columbia, memindahkan artis musik pop OKeh ke Epic Records yang baru dibentuk.[17] Divisi penerbitan musik OKeh berganti nama menjadi April Music.

Pada tahun 1963, Carl Davis menjadi manajer A&R OKeh dan meningkatkan penjualan OKeh selama beberapa tahun. [18] Epic mengambil alih manajemen Okeh pada tahun 1965. Di antara artis selama fase pop OKeh tahun 1950an dan 1960an adalah Johnnie Ray dan Little Joe &amp; the Thrillers .

Dengan musik soul menjadi populer pada tahun 1960an, OKeh mengontrak Major Lance, yang memberi label tersebut dua kesuksesan besar dengan " The Monkey Time " dan " Um, Um, Um, Um, Um, Um ". Rocker tahun lima puluhan Larry Williams menemukan rumah musik di OKeh selama jangka waktu tertentu di tahun 1960-an, merekam dan memproduksi funky soul dengan band yang menampilkan Johnny "Guitar" Watson . Dia dipasangkan dengan Little Richard, yang telah dibujuk untuk kembali ke musik sekuler. Williams memproduseri dua album Little Richard untuk OKeh pada tahun 1966 dan 1967, yang mengembalikan Little Richard ke tangga album Billboard untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun dan menghasilkan singel hit "Poor Dog". [19] Dia juga bertindak sebagai direktur musik untuk pertunjukan live Little Richard di OKeh Club di Los Angeles. Pemesanan untuk Little Richard selama periode ini meroket. [19] Williams juga merekam dan merilis materinya sendiri dan bersama Watson, dengan kesuksesan yang lumayan di tangga lagu.

Sebagian besar kesuksesan OKeh di tahun 1960an bergantung pada produser Carl Davis dan penulis lagu Curtis Mayfield .[20] Setelah mereka meninggalkan label (karena perselisihan dengan kepala Epic/OKeh Len Levy), penjualan OKeh secara bertahap merosot, dan label tersebut diam-diam dihentikan oleh Columbia pada tahun 1970.

1993–2000[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, Sony Music mengaktifkan kembali label OKeh (di bawah distribusi oleh Epic Records ) sebagai label blues zaman baru. Pemain baru pertama OKeh termasuk G. Love &amp; Special Sauce, Keb' Mo, Popa Chubby, dan Little Axe . Sepanjang tahun pertama, untuk merayakan peluncuran kembali, single untuk G. Love, Popa Chubby dan Keb' Mo dirilis dalam bentuk vinyl 10 inci. Pada tahun 2000, label OKeh kembali dihentikan, dan G. Love & Special Sauce dipindahkan ke Epic. Itu diluncurkan kembali pada tahun 2013 sebagai lini jazz di bawah Sony Masterworks. [21]

Sejak 2013[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2013, Sony Music mengaktifkan kembali label OKeh sebagai lini jazz utama Sony di bawah Sony Masterworks . Jejak ini merupakan bagian dari Sony Masterworks di AS, cabang domestik Sony Classical, yang berfokus pada artis baru dan mapan yang mewujudkan "ekspresi global dalam jazz". Artis baru tersebut antara lain David Sanborn, Bob James, Bill Frisell, Regina Carter, Somi, dan Dhafer Youssef . [22]

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Sony Music Entertainment memiliki hak global atas katalog OKeh Records melalui Epic Records dan anak perusahaan Sony yang menerbitkan ulang Legacy Recordings . [21] Hak EMI atas katalog OKeh di Inggris berakhir pada tahun 1968, dan CBS Records mengambil alih distribusinya.[23]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jackson, L. A. (2010). Musicology 2101: A Quick Start Guide to Music Biz History. MKM Publishing. hlm. 114–. ISBN 978-1-4507-0166-2. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  2. ^ Hoffman, Frank (2004-08-21). Encyclopedia of Recorded Sound. Taylor & Francis. hlm. 765–. ISBN 978-0-203-48427-2. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  3. ^ Smith, Caspar Llewellyn (2011-06-15). "Okeh Records releases the first blues record". The Guardian. ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2018-01-08. 
  4. ^ a b c d Rye, Howard (2002). Kernfeld, Barry, ed. The New Grove Dictionary of Jazz. 3 (edisi ke-2nd). New York: Grove's Dictionaries. hlm. 186–187. ISBN 1-56159-284-6. 
  5. ^ Giles Oakley (1997). The Devil's MusicPerlu mendaftar (gratis). Da Capo Press. hlm. 83/4. ISBN 978-0-306-80743-5. 
  6. ^ Brothers, Thomas (2014). Louis Armstrong: Master of Modernism. New York, NY: W.W. Norton & Company. hlm. 204–16. ISBN 978-0-393-06582-4. 
  7. ^ Brothers, Thomas (2014). Louis Armstrong: Master of Modernism. New York, NY: W.W. Norton & Company. hlm. 357–59. ISBN 978-0-393-06582-4. 
  8. ^ Brothers, Thomas (2014). Louis Armstrong: Master of Modernism. New York, NY: W.W. Norton & Company. hlm. 107. ISBN 978-0-393-06582-4. 
  9. ^ Laird, Ross; Rust, Brian (2004). Discography of OKeh Records, 1918-1934. Greenwood Publishing Group. hlm. 11–. ISBN 978-0-313-31142-0. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  10. ^ a b "Okeh Laughing Record : Okeh : Free Download & Streaming : Internet Archive". 30 November 1922. Diakses tanggal 2013-03-11. 
  11. ^ a b c d Wilson, R. J. (July 25, 2017). "The Bizarre History Of The Okeh Laughing Record". Urbo. Diakses tanggal July 1, 2020. 
  12. ^ Maslon, Laurence; Kantor, Michael (2008). Make 'Em Laugh: The Funny Business of America (edisi ke-1st). Twelve. ISBN 978-0446505314. Diakses tanggal July 1, 2020. 
  13. ^ Brothers, Thomas (2014). Louis Armstrong: Master of Modernism. New York, NY: W.W. Norton & Company. hlm. 53. ISBN 978-0-393-06582-4. 
  14. ^ Laird, Ross; Brian Rust (2004-07-30). Discography or OKeh Records, 1918–1934. Westport, Connecticut: Praeger Publishing. ISBN 978-0-313-31142-0. 
  15. ^ Tsotsi, Tom (1988). "Gennett-Champion Blues". 78 Quarterly. 1 (3): 31. Diakses tanggal 24 December 2018. 
  16. ^ Zolten, Jerry (February 6, 2003). Great God A'Mighty! The Dixie Hummingbirds: Celebrating the Rise of Soul Gospel Music. Oxford University Press. hlm. 194–. ISBN 978-0-19-534845-3. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  17. ^ "Billboard". Nielsen Business Media. 6 November 1954. 
  18. ^ "Okeh Names Carl Davis". Google Books. Billboard. 13 April 1963. Diakses tanggal 11 March 2013. 
  19. ^ a b White (2003), p. 268.
  20. ^ Williams, Richard (19 August 2012). "Carl Davis obituary". The Guardian. 
  21. ^ a b Publishing, Rames El Desouki, The Traveller. "CVINYL.COM – Label Variations: Okeh Records". www.cvinyl.com. Diakses tanggal 2018-01-08.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama ":0" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  22. ^ "Sony Classical Relaunching OKeh Records Jazz Imprint". Billboard. 11 January 2013. Diakses tanggal 11 September 2016. 
  23. ^ Billboard – Google Books. 1968-05-11. Diakses tanggal 2013-03-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]