Peanuts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peanuts
Peanuts gang.png
The Peanuts gang
Atas: Woodstock, Snoopy, dan
Charlie Brown
Bawah: Franklin, Lucy van Pelt,
Linus van Pelt, Peppermint Patty,
Sally Brown
Pengarang Charles M. Schulz
Status sekarang / jadwal terbitan Tamat (masih dipasang sebagai ulangan)
Tanggal diluncurkan 2 Oktober 1950
Terbit terakhir 13 Februari 2000 (strip asli terakhir)
Sindikat United Feature Syndicate
Genre Humor

Peanuts adalah strip komik harian yang ditulis dan diilustrasikan oleh Charles M. Schulz, yang beredar sejak 2 Oktober 1950 hingga sehari setelah kematian Schulz, 13 Februari 2000. Komik ini adalah salah satu yang paling populer dan berpengaruh dalam sejarah media strip komik. Pada puncaknya, Peanuts dimuat pada lebih dari 2.600 surat kabar, dengan pembaca sekitar 355 juta orang di 75 negara, dan diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Komik ini menolong menciptakan standar empat bingkai strip sebagai strip komik di Amerika Serikat. Cetak ulangnya masih dimuat dalam berbagai surat kabar.

Selain itu, Peanuts juga cukup berhasil untuk film-film khusus televisinya, dan beberapa di antaranya, termasuk A Charlie Brown Christmas dan It's the Great Pumpkin, Charlie Brown memperoleh, atau dicalonkan untuk mendapatkan, penghargaan Emmy. Film-film ini masih tetap populer hingga sekarang, dan biasanya disiarkan pada stasiun ABC pada waktu-waktu yang sesuai dengan judulnya.

Charles M. Schulz[sunting | sunting sumber]

Charles M. Schulz, pencipta Peanuts

Charles M. Schulz dilahirkan pada 26 November 1922 di Minneapolis, Minnesota, dan dibesarkan di St. Paul, Schulz tinggal dan bekerja selama lebih dari 30 tahun di Santa Rosa, California. Sebelum pindah ke Santa Rosa, Schulz mempunyai sebuah studio di Sebastopol, California, namun hancur terbakar pada 1966. Museum Charles M. Schulz di Santa Rosa mengabadikan dan memperingati karyanya dan seni kartun.

Schulz meninggal dunia pada 12 Februari 2000 karena komplikasi kanker usus.

Pada 2001, Sonoma County Board of Supervisors mengganti nama Bandar Udara Sonoma County, yang terletak beberapa mil di barat laut kota Santa Rosa, menjadi Bandar Udara Charles M. Schulz untuk menghormatinya. Logo bandara itu yang menarik menampilkan Snoopy yang mengenakan kacamata ski dan syal di leher, terbang ke angkasa di atas rumah anjingnya yang merah. Sebuah patung perunggu Charlie Brown dan Snoopy berdiri di Taman Depot di pusat kota Santa Rosa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peanuts dimulai dalam Li'l Folks, sebuah komik panel mingguan yang muncul di surat kabar di kota Schulz, St. Paul Pioneer Press, dari 1947 hingga 1949. Ketika karyanya dipilih oleh United Features Syndicate, mereka memutuskan untuk memilih strip komik baru yang telah ia kerjakan. Strip ini agak mirip dengan komik panel, tetapi mempunyai sejumlah tokoh, dan bukan hanya tokoh kecil tanpa nama yang berganti-ganti untuk setiap halaman. Mungkin namanya akan tetap sama, apabila namanya tidak terlalu dekat dengan dua komik lainnya pada waktu itu: Li'l Abner karya Al Capp dan strip yang kini telah terlupakan yang berjudul Little Folks. Untuk menghindari kebingungan, sindikat itu memutuskan untuk memberikan nama "Peanuts", yang Schulz sendiri tidak sukai. Dalam sebuah wawancara pada 1987, Schulz berkata "Konyol sekali, tidak ada artinya, sungguh membingungkan, dan tidak punya martabat—saya rasa humor saya bermartabat".

Rujukan[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]