Sony Pictures Animation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sony Picture Animation
Cabang perusahaan dari Sony Pictures Entertainment
Sektor Industri film animasi
Didirikan May 2002
Markas Culver City, California, Amerika Serikat
Tokoh
Michelle Raimo Kouyate, President
Produk Film animasi
Pemilik Sony Corporation
Karyawan 50 (2013)
Induk Sony Pictures Entertainment
Situs web sonypicturesanimation.com

Sony Pictures Animation adalah perusahaan produsen film animasi asal Amerika Serikat yang dimiliki oleh Sony Pictures Entertainment, didirikan pada Mei 2002. Bekerja sama dengan Sony Pictures Imageworks yang mengerjakan produksi digital. Film bioskop didistribusikan oleh Columbia Pictures, sedangkan distribusi dalam bentuk video oleh Sony Pictures Home Entertainment.

Film pertamanya adalah Open Season yang rilis pada 2006, dilanjutkan serinya dalam bentuk video. Filmnya yang lain adalah seri The Smurfs dan Cloudy with a Chance of Meatballs.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 2001, Sony Pictures Entertainment mempertimbangkan untuk menjual fasilitas visual efeknya, Sony Pictures Imageworks (SPI), namun gagal menemukan pembeli yang cocok. Setelah terkesan dengan hasil buatan CGI untuk film Stuart Little 2, juga melihat kesuksesan film Shrek dan Monsters, Inc., Sony mengkonfigurasi ulang SPI menjadi studio animasi. Astro Boy, yang telah dipersiapkan Sony sejak 1997 untuk dijadikan film live action, ditetapkan menjadi film CGI pertama SPI. Pada Mei 2002, Sony Pictures Animation sudah dinyatakan mampu untuk mengembangkan tokoh, cerita, dan film, dengan SPI mengambil alih produksi digital namun tetap mengerjakan efek visualnya. Sementara itu, SPI memproduksi 2 film pendek, The ChubbChubbs! dan Early Bloomer, sebagai pengujian kelebihan dan kekurangan SPI dalam memproduksi CG animasi.

Pada hari jadinya yang pertama, Sony Pictures Animation mengumumkan daftar penuh mengenai proyek animasi yang dalam tahap pengembangan: Open Season, adaptasi dari cerita rakyat Celtic Tam Lin, Cloudy with a Chance of Meatballs, Surf's Up, dan film pendek The ChubbChubbs! dalam versi durasi panjang.

Film pertamanya adalah Open Season yang rilis pada September 2006 yang menjadi film Sony dengan pendapatan tertinggi kedua tahun 2007 dan melahirkan 2 sekuel dalam bentuk video. Film kedua adalah Surf's Up yang rilis pada Juni 2007 dan dinominasikan untuk Film Animasi Terbaik Academy Award, dan memenangkan dua Annie Award.

Referensi[sunting | sunting sumber]