Astro Boy (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Astro Boy
Astro boy ver7.jpg
Poster rilis
SutradaraDavid Bowers
ProduserMaryann Garger
PenulisOsamu Tezuka (manga)
Timothy Harris (screenplay)
PemeranFreddie Highmore
Nicolas Cage
Donald Sutherland
Kristen Bell
Eugene Levy
Nathan Lane
Bill Nighy
Madeline Carroll
Matt Lucas
Penata musikJohn Ottman
PenyuntingRobert Anich Cole
Perusahaan
produksi
DistributorSummit Entertainment (AS)
Hoyts Distribution (Australia)
E1 Entertainment (UK)
Kadokawa Pictures (Jepang)
Tanggal rilis
10 Oktober 2009 (Jepang)
23 Oktober 2009 (Amerika Serikat)
4 November 2009 (Indonesia)
Negara Amerika Serikat
 Jepang
 Hong Kong
BahasaInggris
AnggaranUS$65 juta[2]
Pendapatan
kotor
US$42 juta[3]

Astro Boy, yang juga disebut Atom (アトム, Atomu) di Jepang, adalah sebuah animasi 3-D film komputer 2009 yang didasarkan pada waralaba Jepang yang sangat sukses dengan nama yang sama oleh Osamu Tezuka. Film ini diproduksi oleh Imagi Animation Studios, di perusahaan produksi animasi TMNT. Studio mengumumkan proyek pada bulan September 2006. Diarahkan oleh David Bowers (Flushed Away) dan diproduksi oleh Maryann Garger dengan Pilar Flynn sebagai rekan produser. Telah diumumkan bahwa Freddie Highmore akan memberikan suara untuk karakter Astro Boy dalam film. Film fitur suara Freddie Highmore, Kristen Bell, Nathan Lane, Eugene Levy, Matt Lucas, Bill Nighy, Donald Sutherland dan Nicolas Cage. Sebuah trailer pendek dari film ini ditampilkan di Amerika Utara Home Teater PlayStation Home dari 28 Desember 2008 hingga 8 Januari 2009. Pada Selasa, 11 Agustus 2009 sebuah trailer Inggris dirilis secara eksklusif di MSN Video & pada Senin, 31 Agustus, 2009. Film diatur akan dirilis pertama kali di Jepang pada 10 Oktober 2009, sebelum rilis Amerika Serikat pada 23 Oktober 2009 dan Indonesia pada 4 November 2009.

Film ini pertama kali dirilis di Hong Kong pada 8 Oktober 2009, dan di Amerika Serikat pada 23 Oktober 2009. Film ini secara umum menerima tinjauan beragam dari para kritikus film dan menjadi bom box office, yang mana menghasilkan keuntungan sebesar $42[3] juta di seluruh dunia dibandingkan anggarannya yang sebesar $65 juta.[2] Akibat kegagalan keuangan film tersebut, Imagi ditutup pada tanggal 5 Februari 2010, dan Astro Boy menjadi film terakhir yang diproduksi oleh studio tersebut. Klip eksklusif "Escape Kota Metro" dirilis 18 September 2009. Sejak tahun 2012 hingga sekarang, film ini disulih-suarakan ke dalam bahasa Indonesia dan ditayangkan di Global TV.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sebuah cerita asal futuristik ditetapkan di Kota Metro, Astro Boy (Freddie Highmore) adalah tentang seorang robot muda dengan kekuatan luar biasa yang diciptakan oleh ilmuwan cemerlang, Dr. Tenma (Nicolas Cage), menurut gambaran dari putranya yang tewas bernama Toby. Namun, karena tidak dapat memenuhi harapan orang berduka, Astro Boy ditolak oleh Dr. Tenma dan diusir, sembaring Astro Boy mencari jati dirinya dan terbang dari rumah. Ia berada dalam suatu perjalanan untuk mencari penerimaan, menjadi bagian dari sekelompok anak-anak gaduh dipimpin oleh seorang gadis bernama Cora (Kristen Bell), dan mengalami pengkhianatan dan akhirat robot gladiator dipimpin oleh serakah ring master, Ham Egg (Nathan Lane), sebelum ia kembali untuk menyelamatkan Kota Metro dan berdamai dengan ayah yang telah menolaknya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, Sony Pictures Entertainment membeli hak film Astro Boy dari Tezuka Productions, berniat untuk menghasilkan kombinasi bersama live-action/animatronics/CGI film Jim Henson Productions awalnya dijadwalkan untuk rilis Natal 2000, dengan Eric Leighton (Dinosaur) terlampir langsung. Tidak lebih muncul dari pengumuman ini.

Pada bulan Juni 2004, Animator Leighton digantikan dengan Genndy Tartakovsky (Dexter's Laboratory, Samurai Jack) dengan yang dijadwalkan rilis 2007. Namun, beberapa saat setelah pengumuman ini dibuat, film Tartakovsky kiri untuk memproduksi sekuel Dark Crystal, The Power of the Dark Crystal, juga untuk Jim Henson Productions.

Pada musim panas 2006, diumumkan bahwa Hong Kong yang berbasis perusahaan animasi Imagi Animation Studios akan memproduksi all-CGI berdasarkan film animasi Astro Boy, sebagai bagian dari distribusi gambar tiga berurusan dengan Warner Bros dan The Weinstein Company bersama TMNT, dan Gatchaman. Film ini akan dirilis pada 2009. Pada tahun 2007, Colin Brady (Everyone's Hero) telah ditandatangani pada untuk mengarahkan film. Pada tahun 2008, KTT Hiburan mengambil alih hak distribusi film. Pada tahun yang sama, Brady digantikan dengan David Bowers.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Summit Entertainment bermitra dengan McDonald's untuk memproduksi ikatan pemasaran untuk Astro Boy.[4][5] IDW Publishing akan merilis penjilidan dari Astro Boy: Film Adaptasi ditulis oleh Scott Tipton dan ditarik oleh EJ Su, serta Astro Boy Movie prequel: Underground ditulis oleh Scott Tipton dan digambar oleh Diego Jourdan, dengan sampul karya seni yang dilukis oleh Ashley Wood.

Dimulai pada Mei 2009 dan berlanjut hingga September 2009, IDW Publishing menerbitkan "prekuel" dan adaptasi buku komik dari film tersebut sebagai seri mini dan dalam format novel grafis bertepatan dengan rilis film di Amerika Utara pada Oktober 2009. Panel film diadakan di San Diego Comic-Con pada 23 Juli 2009.[6]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan video berdasarkan film ini dirilis pada 20 Oktober 2009, oleh D3 Publisher yang bertepatan dengan rilis teatrikal film tersebut.[7] Permainan bernama Wii, PlayStation 2, dengan versi PSP dikembangkan oleh High Voltage Software, dan versi Nintendo DS oleh Art Co., Ltd.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Astro Boy". variety.com. Diakses tanggal 26 Februari, 2007. 
  2. ^ a b Frater, Patrick (10 Oktober, 2009). "Imagi hitches rocket to 'Astro Boy'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2012. Diakses tanggal 18 April, 2012. 
  3. ^ a b Where Data and Movie Business Meet The Number, Astro Boy
  4. ^ Frater, Patrick (10 Oktober, 2009). "Imagi hitches rocket to 'Astro Boy'". The Hollywood Reporter. Busan: MRC Media & Info. Diakses tanggal 30 Desember, 2020. 
  5. ^ Luster, Joseph (19 Oktober, 2009). "Grab a Burger and Fries, Some Astro Boy Toys". Otaku USA Magazine. Sovereign Media. Diakses tanggal 30 Desember, 2020. 
  6. ^ "SDCC 09: Astro Boy Takes on Comic-Con". IGN. July 23, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2009. Diakses tanggal April 18, 2012. 
  7. ^ "Imagi Studios & D3Publisher Ink Exclusive Worldwide Videogame Publishing Agreement for Astro Boy". D3Publisher. November 5, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2012. Diakses tanggal April 20, 2012. 
  8. ^ "D3Publisher to Bring Summit Entertainment and Imagi Studios' ASTRO BOY to Wii™, Nintendo DS™, PlayStation®2 System, and PSP® System This Fall". Business Wire. 7 Mei, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 6, 2011. Diakses tanggal April 20, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]