Sosialis Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sosialis Internasional (bahasa Inggris: Socialist International) (SI) adalah sebuah organisasi internasional untuk partai-partai demokratik sosial dan sosialis demokrat.

Asal-usul Sosialis Internasional adalah Internasional Kedua, yang dibentuk pada 1889. Setelah terpecah oleh karena Perang Dunia I, organisasi ini dibentuk kembali pada 1923 (sebagai Buruh dan Sosialis Internasional), dan dilembagakan kembali dalam bentuknya yang sekarang setelah Perang Dunia II. Pada waktu itu banyak partai sosialis yang ditekan di Eropa yang diduduki oleh Nazi.

Di antara tindakan-tindakan Internasional Kedua yang paling terkenal adalah penetapannya pada tahun 1889 yang menjadikan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional dan pada 1910 yang menetapkan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional.

Setelah masa Perang Dunia II, SI membantu partai-partai demokratis sosial untuk membangun diri ketika sistem diktatur digantikan oleh demokrasi di Spanyol dan Portugal. Pada tahun 1980-an, kebanyakan partai-partai SI memberikan dukungan mereka kepada FSLN (Front Pembebasan Nasional Sandinista) di Nikaragua, yang pemerintahan sayap kirinya membangkitkan sikap bermusuhan dari Amerika Serikat. Sejak saat itu, SI telah menerima partai-partai anggota bukan saja FSLN tetapi juga partai-partai bekas Komunis seperti Demokrat Kiri (Democratici di Sinistra (DS)) dari Italia dan Front untuk Pembebasan Mozambik (FRELIMO).

Partai Kaum Sosialis Eropa, sebuah partai politik Eropa yang aktif di Parlemen Eropa, adalah sebuah organisasi rekanan dari Sosialis Internasional

Presiden SI sekarang adalah George Papandreou, yang sudah menjabat sejak 2006.

Partai anggota penuh[sunting | sunting sumber]

Partai-partai konsultatif[sunting | sunting sumber]

Partai-partai peninjau[sunting | sunting sumber]

Organisasi terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]