Georg Büchner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Georg Büchner. Gambar oleh Alexis Muston 1835

Karl Georg Büchner (lahir di Goddelau dekat Darmstadt, Hesse-Darmstadt, 17 Oktober 1813 – meninggal 19 Februari 1837 pada umur 23 tahun) adalah seorang dramatis dan penulis prosa Jerman. Saudaranya adalah Ludwig Büchner, seorang dokter dan filsuf. Bakat Georg Büchner umumnya sangat dihormati di Jerman. Ia diyakini bahwa, andakata ia tidak meninggal dalam usia yang masih sangat muda, mungkin ia akan mencapai posisi yang sangat sentral seperti tokoh-tokoh sastra Jerman lainnya seperti Johann Wolfgang von Goethe dan Friedrich Schiller.

Büchner dilahirkan dari anak seorang dokter. Ia masuk ke sekolah menengah Humanis yang memusatkan perhatian pada bahasa-bahasa modern, termasuk Perancis, Italia dan Inggris. Namun demikian, Büchner belajar ilmu kedokteran di Strasbourg.

Pada 1828 ia jadi tertarik akan politik dan bergabung dengan kelompok penggemar William Shakespeare yang belakangan kemungkinan menjadi bagian Gießen dan Darmstadt dari "Gesellschaft für Menschenrechte" (Perhimpunan untuk Hak Asasi Manusia). Di Strasbourg, ia tenggelam dalam sastra Perancis dan pemikiran politik. Pada 1835, Büchner menerjemahkan dua karya oleh Victor Hugo, Lucrèce Borgia dan Marie Tudor. Dua tahun kemudian, disertasinya, "Mémoire sur le Système Nerveux du Barbeaux (Cyprinus barbus L.)" diterbitkan di Paris dan Strasbourg. Ia dipengaruhi oleh teori-teori komunis utopia dari François-Noël Babeuf dan Claude Henri de Saint-Simon.

Sementara melanjutkan studinya di Gießen ia membentuk sebuah perhimpunan rahasia yang bertujuan untuk mengembangkan perjuangan revolusioner. Dengan bantuan dari Friedrich Ludwig Weidig ia menerbitkan lembaran Der hessische Landbote, yang ditujukan pada apa yang dipahami sebagai pendidikan politik dan indoktrinasi kaum petani. Büchner dituduh melakukan pengkhianatan, dan karena itu ia melarikan diri ke Perancis.

Pada 1835, dramanya yang pertama, Dantons Tod (Kematian Danton), tentang revolusi Perancis, diterbitkan, diikuti oleh Lenz (mulanya diterbitkan sebagiand i Deutsche Revue oleh Karl Gutzkow dan Wienberg, namun segera dilarang); Lenz adalah sebuah novella yang didasarkan pada kehidupan penyair Sturm und Drang Jakob Michael Reinhold Lenz. Pada 1836 dramanya yang kedua, Leonce dan Lena menggambarkan kaum bangsawan. Dramanya yang paling terkenal namun tidak selesai adalah, Woyzeck, sebuah karya sastra pertama dalam bahasa Jerman yang tokoh-tokoh utamanya adalah anggota dari kelas pekerja. Karya ini diterbitkan secara anumerta, dan menjadi dasar bagi opera karya Alban Berg, Wozzeck yang dipertunjukkan pertama kali pada 1925.

Pada 1870-an, Büchner hampir dilupakan di Jerman ketika Karl-Emil Franzos menyunting karya-karyanya. Tulisannya ini kelak menimbulkan pengaruh besar terhadap naturalisme dan ekspresionisme. Arnold Zweig melukiskan Lenz, satu-satunya karya prosa Büchner, sebagai "permulaan dari prosa Eropa modern".

Ia menjabat sebagai profesor anatomi di Universitas Zurich ketika ia meninggal karena tipus pada usia 23 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

  • Georg Büchner, Complete Plays and Prose, terj. Carl Richard Mueller (Hill and Wang, 1963)
  • Georg Büchner, The Complete Plays: Danton's Death; Leonce and Lena; Woyzeck; Lenz; the Hessian Messenger; on Cranial Nerves; Selected Letters terj. John Reddick (Penguin Classics, 1993) ISBN 0-14-044586-2.
  • Georg Büchner, Danton's Death, Leonce and Lena and Woyzeck, terj. Victor Price, (Oxford World's Classics, 1998). ISBN 0-19-283650-1.

Ada banyak terjemahan dari masing-masing dramanya.