Platformisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Simbol platformisme berdasarkan CNT

Platformisme adalah bentuk organisasi anarkis yang mencari persatuan di antara para pesertanya, yang memiliki ciri khas yaitu gagasan bahwa setiap organisasi platformis harus hanya memasukkan orang-orang yang sepenuhnya setuju dengan gagasan utama kelompok dan menolak orang yang tidak setuju. Platformisme menekankan perlunya organisasi anarkis yang terorganisir secara ketat yang mampu mempengaruhi gerakan kelas pekerja dan petani.[1]

Kelompok platformis menolak model vanguardisme Leninis, sebaliknya bertujuan untuk "membuat gagasan anarkis sebagai gagasan terdepan dalam perjuangan kelas".[2] Menurut platformisme, empat prinsip utama yang harus dijalankan oleh organisasi anarkis yaitu kesatuan ideologi, kesatuan taktik, tanggung jawab kolektif, dan federalisme.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "J.3 What kinds of organisation do anarchists build? | Anarchist Writers". anarchism.pageabode.com. Diakses tanggal 2019-01-31. 
  2. ^ Workers Solidarity Movement, 2012, "Why You Should Join the Workers Solidarity Movement" Diarsipkan 2017-01-03 di Wayback Machine.. Accessed 5 January 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Anarko-komunisme