Gunung Salak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Salak
Mount Salak
Gunung Salak, dilihat dari arah Bogor
Titik tertinggi
Ketinggian2.211 m (7.287 kaki)
Koordinat6°43′0″S 106°44′0″E / 6.71667°S 106.73333°E / -6.71667; 106.73333
Geografi
Gunung Salak di Jawa
Gunung Salak
Gunung Salak
Hidrologi
Geologi
Jenis gunungStratovolcano
Busur/sabuk vulkanikBusur Sunda / Sabuk alpida
Letusan terakhir1938
Pendakian
Rute termudahJalur Pasir Reungi
Rute normalJalur Pasir Reungi Bogor
Jalur Cidahu Sukabumi
Jalur Citaman / Cimelati Cicurug Sukabumi

Gunung Salak (Aksara Sunda Baku: ᮌᮥᮔᮥᮀ ᮞᮜᮊ᮪) merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, di Pulau Jawa. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengelolaan kawasan hutannya semula berada di bawah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor, tetapi sejak 2003 menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun, dan dikelola sebagai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Gunung Salak berusia relatif tua sehingga memiliki beberapa puncak. Geoposisi puncak tertinggi gunung ini ialah 6°43' LS dan 106°44' BT dan dinamakan Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 m dari permukaan laut (dpl.).

Banyak yang mengira asal nama "Salak" adalah dari tanaman salak, akan tetapi sesungguhnya berasal dari kata bahasa Sanskerta, salaka yang berarti "perak".

Vulkanologi dan geologi[sunting | sunting sumber]

Gunung Salak dari arah timur.

Gunung Salak merupakan gunung api strato tipe A. Puncak tertinggi (Puncak Salak I) menurut Hartmann (1938) adalah puncak berusia tertua. Puncak Salak II berketinggian 2.180 m dpl. dianggap yang tertua kedua. Selanjutnya muncul Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl.

Terdapat sejumlah kawah aktif yang tidak berada di puncak. Kawah terbesar, Kawah Ratu, merupakan kawah termuda. Kawah Cikuluwung Putri dan Kawah Hirup merupakan bagian dari sistem Kawah Ratu.

Semenjak tahun 1600-an tercatat terjadi beberapa kali letusan, di antaranya rangkaian letusan antara 1668-1699, 1780, 1902-1903, dan 1935. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1938, berupa erupsi freatik yang terjadi di Kawah Cikuluwung Putri. Menurut catatan PVMBG, erupsi terbesar pernah terjadi pada tahun 1699, yang bersifat erupsi magmatis dan bersifat merusak, catatan korban tidak diketahui.

Secara morfologi, Gunung Salak memiliki banyak jurang curam dan dalam. Karena seluruh tubuh gunung sampai puncak tertutup hutan lebat, kontur gunung ini tidak mudah terlihat. Hal ini sering kali menipu pendaki maupun penerbang yang melewati kawasan pegunungan ini.

Tutupan hutan[sunting | sunting sumber]

Hutan di kaki Gunung Salak

Hutan-hutan di Gunung Salak terdiri dari hutan pegunungan bawah (submontane forest) dan hutan pegunungan atas (montane forest).

Bagian bawah kawasan hutan, semula merupakan hutan produksi yang ditanami Perum Perhutani. Beberapa jenis pohon yang ditanam di sini adalah tusam (Pinus merkusii) dan rasamala (Altingia excelsa). Kemudian, sebagaimana umumnya hutan pegunungan bawah di Jawa, terdapat pula jenis-jenis pohon puspa (Schima wallichii), saninten (Castanopsis sp.), pasang (Lithocarpus sp.) dan aneka jenis huru (suku Lauraceae).

Di hutan ini, pada beberapa lokasi, terutama di arah Cidahu, Sukabumi, ditemukan pula jenis tumbuhan langka yang bernama Rafflesia rochussenii yang menyebar terbatas sampai Gunung Gede dan Gunung Pangrango di dekatnya.

Pada daerah-daerah perbatasan dengan hutan, atau di dekat-dekat sungai, orang menanam jenis-jenis kaliandra merah (Calliandra calothyrsus), dadap cangkring (Erythrina variegata), kayu afrika (Maesopsis eminii), jeunjing (Paraserianthes falcataria) dan berbagai macam bambu.

Margasatwa[sunting | sunting sumber]

Elang-Ular Bido Pusat Rehabilitasi Elang Pusat Suaka Satwa Elang Loji, Cijeruk yang ada di kaki Gunung Salak.

Aneka margasatwa ditemukan di lereng Gunung Salak, mulai dari kodok dan katak, reptil, burung hingga mamalia. Hasil penelitian D.M. Nasir (2003) dari Jurusan KSH Fakultas Kehutanan IPB, mendapatkan 11 jenis kodok dan katak di lingkungan S. Ciapus Leutik, Desa Tamansari, Kab. Bogor. Jenis-jenis itu ialah Bufo asper, B. melanostictus, Leptobrachium hasseltii, Fejervarya limnocharis, Huia masonii, Limnonectes kuhlii, L. macrodon, L. microdiscus, Rana chalconota, R. erythraea dan R. hosii. Hasil ini belum mencakup jenis-jenis katak pohon, dan jenis-jenis katak pegunungan lainnya yang masih mungkin dijumpai. Di Cidahu juga tercatat adanya jenis bangkong bertanduk (Megophrys montana) dan katak terbang (Rhacophorus reinwardtii).

Berbagai jenis reptil, terutama kadal dan ular, terdapat di gunung ini. Beberapa contohnya adalah bunglon Bronchocela jubata dan B. cristatella, kadal kebun Mabuya multifasciata dan biawak sungai Varanus salvator. Jenis-jenis ular di Gunung Salak belum banyak diketahui, namun beberapa di antaranya tercatat mulai dari ular tangkai (Calamaria sp.) yang kecil pemalu, ular siput (Pareas carinatus) hingga ular sanca kembang (Python reticulatus) sepanjang beberapa meter.

Gunung Salak telah dikenal lama sebelumnya sebagai daerah yang kaya burung, sebagaimana dicatat oleh Vorderman (1885). Hoogerwerf (1948) mendapatkan tidak kurang dari 232 jenis burung di gunung ini (total Jawa: 494 jenis, 368 jenis penetap). Beberapa jenis yang cukup penting dari gunung ini ialah elang jawa (Spizaetus bartelsi) dan beberapa jenis elang lain, ayam-hutan merah (Gallus gallus), Cuculus micropterus, Phaenicophaeus javanicus dan P. curvirostris, Sasia abnormis, Dicrurus remifer, Cissa thalassina, Crypsirina temia, burung kuda Garrulax rufifrons, Hypothymis azurea, Aethopyga eximia dan A. mystacalis, serta Lophozosterops javanica.

Sebagaimana halnya reptil dan kodok, catatan mengenai mamalia Gunung Salak pun tidak terlalu banyak. Akan tetapi di gunung ini jelas ditemukan beberapa jenis penting seperti macan tutul (Panthera pardus), owa jawa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata) dan trenggiling (Manis javanica).

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Area kompleks gunung Salak menjadi hulu bagi dua daerah aliran sungai sekaligus batas pemisah antara DAS yang mengalirkan airnya ke pesisir utara dan selatan pulau Jawa, yaitu DAS Cisadane dimana aliran utamanya mengalir menuju pantai utara Jawa dan bermuara di wilayah perairan laut Jawa. Sedangkan DAS Cimandiri aliran utamanya mengalir ke arah pantai selatan Jawa dan bermuara di teluk Pelabuhan Ratu, wilayah perairan samudera Hindia. Dibandingkan DAS Cimandiri yang memiliki luas 1.832 km2 (707 sq mi)[1], DAS Cisadane mengambil porsi lebih dari 50% daerah tangkapan air pada lereng utara serta sebagian lereng timur dan barat komplek gunung Salak tersebut yang merupakan wilayah Kabupaten Bogor.[2]

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Litografi tentang Gunung Salak berdasarkan salah satu lukisan Raden Saleh.

Gunung Salak, meskipun tergolong sebagai gunung yang rendah, akan tetapi memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, baik karena karakteristik vegetasi maupun medannya. Gunung Salak dapat didaki dari berbagai jalur. Puncak yang paling sering dikunjungi pendaki adalah Puncak Salak I atau dikenal sebagai Puncak Manik, yang dapat didaki dari jalur Pasir Reungit, Kec. Pamijahan melalui Kawah Ratu, dekat Gunung Bunder. Jalur lainnya adalah "jalan belakang" lewat Kec. Cidahu, Sukabumi di sebelah selatan.

Gunung Salak populer sebagai ajang tempat pendidikan bagi klub-klub pecinta alam, terutama sekali daerah punggungannya dikarenakan medan hutannya yang rapat dan juga jarang pendaki yang mengunjungi gunung ini. Gunung ini juga memiliki jalur yang cukup sulit bagi para pendaki pemula dikarenakan jalur yang dilewati jarang ditemukan cadangan air kecuali di Pos I melalui jalur pendakian Kawah Ratu. Namun, di puncak Salak I kadang dapat ditemukan kubangan air hujan selama musim hujan.

Jalur pendakian lainnya adalah Jalur Cimelati yang pintu masuknya berada di desa Pasawahan, Cicurug. Jika melewati track ini kita kan bertemu sebuah Vila besar sebelum mencapai pos/shelter 1 dan di sini juga terdapat beberapa air terjun. Di jalur ini banyak air yang cukup, dan tempat terakhir kita mengambil air sekitar 5 Meter kurang lebih dari pos/shelter 3 karna ada saluran air milik warga setempat yang di sebut juga dengan Pos/shelter Air, Setelah pos/shelter ini kita tidak bisa menemukan air maka bawalah cadangan air setelah kita melewati pos/shelter ini. jika anda melewati ini akan melewati 7 pos/shelter yang mana akan tertanda/di beri nama di setiap pos/shelter. dan pos yang ke 7 adalah puncak salak I. *note Jalur resmi menuju puncak salak 1, saat ini hanya ada 3 jalur yang boleh di akses 1. jalur pasirengit bogor, 2. jalur Cidahu Sukabumi, 3. Jalur Citaman / Cimelati Cicurug Sukabumi (dalam proses peresmian) bisa mengunungi website informasi seputar gunung salak ini di (Gunungsalak.com)

Gunung Salak dan kecelakaan penerbangan[sunting | sunting sumber]

Gunung Salak memiliki sejarah yang terkait dengan beberapa kecelakaan penerbangan. Kejadian paling terkenal terjadi pada tahun 2012, ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh di kawasan tersebut dan menewaskan semua penumpang di dalamnya.

Selain kejadian tersebut, pada tahun 2002, sebuah pesawat Garuda Indonesia juga jatuh di dekat Gunung Salak, menewaskan 21 orang di dalamnya. Selain itu, pada tahun 1992, sebuah pesawat Merpati Nusantara Airlines juga jatuh di dekat gunung ini, menewaskan 27 orang.

Kondisi geografis dan cuaca yang tidak stabil di daerah tersebut, serta kesalahan manusia, dikatakan menjadi faktor utama dari beberapa kecelakaan penerbangan yang terjadi di dekat Gunung Salak. Pihak berwenang di Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, termasuk meningkatkan pelatihan pilot dan mengambil tindakan keamanan yang lebih ketat dalam operasi penerbangan.

Namun demikian, Gunung Salak dan daerah sekitarnya tetap menjadi tempat yang menantang bagi penerbangan karena topografi yang terjal dan kondisi cuaca yang sulit diprediksi. Oleh karena itu, para profesional penerbangan selalu disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih ketat dan memperhatikan kondisi cuaca dan keamanan dalam melakukan operasi penerbangan di daerah tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]