Gunung Tandikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Tandikat
Gunuang Tandikek
ْ Mount Tandikat
ْ جبال تنديكت
Gunung Tandikat dan Gunung Singgalang di belakang
Titik tertinggi
Ketinggian2.438 m (7.999 ft)[1]
Masuk dalam daftarRibu
Koordinat0°25′57″S 100°19′01″E / 0.43250°S 100.31694°E / -0.43250; 100.31694
Geografi
Gunung Tandikat di Sumatra
Gunung Tandikat
Gunung Tandikat
PegununganBukit Barisan
Geologi
Jenis gunungStratovolcano
Busur/sabuk vulkanikBusur Sunda / Sabuk alpida
Letusan terakhir1914
Pendakian
Rute termudahAnai Resort
Rute normalAnai Resort
Singgalang Gantiang
Malalak
Gunung Tandikat (kiri) dan Gunung Singgalang (kanan) dari puncak Gunung Marapi

Gunung Tandikat (Minang:Tandikek) atau Puncak Tri Arga (penyangga langit Minang) adalah gunung berapi aktif yang terletak di Dataran Tinggi Minangkabau. Letaknya 7,5km dari kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini membentang dari utara ke selatan. Sebelah barat berbatasan dengan Danau Maninjau, sisi utara berdampingan dengan Gunung Singgalang, sementara di sebelah timur terdapat gugusan pegunungan vulkanik tersier tua.[2][3] Gunung ini bertipe stratovolcano serta memiliki tiga kawah yang masing-masing diberi nama kawah A, B, dan K.[4]

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Gunung ini jarang digunakan untuk kegiatan pendakian. Hewan liar seperti harimau sumatra masih bisa ditemui di hutan-hutan Gunung Tandikat. Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan alat dan kemampuan navigasi yang memadai. Jalan setapak tidak memiliki jalur yang jelas, beberapa hilang atau terputus serta hutan dengan pepohonan rapat dan kondisi lembap. Pada ketinggian 650-1.700 Mdpl, dijumpai banyak sekali pacet di sekitar jalan setapaknya.

Tandikat juga merupakan bagian dari 3 puncak gunung di Minangkabau yang dikenal dengan Puncak-puncak Tri Arga (yaitu Singgalang, Marapi dan Tandikat). Meski Tandikat kurang populer di kalangan para pendaki, justru hal tersebut dianggap menjadi sebuah keuntungan atau nilai lebih. Suasana yang alami dan jarang dijamah manusia menjadikannya berbeda dengan kedua puncak gunung yang lain.

Puncak Gunung Tandikek dari Kawasan Wisata Puncak Anai

Jalur rintisan[sunting | sunting sumber]

Pendakian dilakukan dari Lembah Anai Resort yang merupakan jalur rintisan pendakian menuju ke puncak Tandikat. Pada tahun 1998 sebuah jalur pendakian dari titik ini dirintis oleh tim Mapala Unand dengan waktu tempuh 5 hari mendaki dan 2 hari turun. Jalur ini dimulai dari tower Satelindo di kawasan Anai Resort pada koordinat 00°28’52,6” LS - 100°19’14,4” BT dengan elevasi 665 Mdpl.

Puncaknya dapat ditempuh dari sisi barat lurah dalam, menuju ke arah utara melalui jalan setapak, namun jalannya sangat rumit karena semak-semak yang rapat dan didominasi oleh pakis dan rotan. Diperlukan adanya penunjuk jalan agar tidak tersesat. Di samping itu pendaki akan menyeberangi banyak anak sungai yang aliran airnya menjadi cukup deras ketika hujan.

Sekitar 45 menit berjalan santai dari tower akan tiba di air terjun Lurah. Air terjun berada di tengah hutan dan tidak banyak orang yang mengunjunginya, dengan tinggi sekitar 25 meter dan kolam yang cukup dalam, tidak mudah bagi pendaki untuk mengunjunginya. Air terjun ini merupakan wilayah perlintasan hewan primata seperti siamang dan simpai.

Perjalanan akan mengarah ke barat menuju punggungan di atas sungai Paraman Sani, yang merupakan sumber air untuk Anai Resort. Jalur jalan setapak ini sudah tersedia hingga ketinggian 867 Mdpl. Dari sini jalan dilanjutkan hingga melewati Bukit Sangkur, dari puncak bukit ini terlihat pemandangan lembah yang sangat indah dan sungai Paraman Sani yang membelah Gunung Tandikat dan Gunung Gadang. Dari tebing gunung Tandikat akan banyak terlihat air terjun yang muncul jika hujan turun.

Antara ketinggian 1.000 hingga 1.500 Mdpl, rute yang ditempuh mencapai tingkat kemiringan 85° hingga 90°. Pada saat cuaca cerah, pemandangan dari titik-titik tertentu di punggungan tersebut terlihat jelas, seperti kota Pariaman dan batas pantainya. Pada ketinggian sekitar 1.200 Mdpl jurang di kanan kiri jalan mendominasi jalur ini.

Akses pendakian lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Rute Desa Singgalang Ganting

Dari Kota Padang, naik bus antar kota tujuan Bukittinggi dan turun di Padang Panjang, kemudian dilanjutkan dengan angkutan pedesaan tranek menuju Desa Singgalang Ganting melewati pemandian alam terkenal di kota Padang Panjang yaitu Lubuk Mata Kucing. Biasanya para pendaki bermalam di rumah penduduk desa, yang merupakan kuncen (juru kunci) gunung ini, dan memulai pendakian di keesokan harinya.

  • Rute Desa Malalak

Desa ini terletak tidak jauh dari Kota Bukittinggi dan bisa dicapai dengan angkutan pedesaan. Rute yang bisa ditempuh adalah dari Desa Singgalang Ganting. Di sepanjang jalan setapak menuju puncak, beberapa kali kita akan menjumpai sungai-sungai kecil.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Gunung Singgalang (kiri) dan Gunung Tandikek (kanan) dari Danau Maninjau

Gunung Tandikat termasuk dalam ketinggian menengah, terdapat daerah permukiman yang berada agak jauh di luar kawasan rawan bencana. Hanya ada beberapa kampung (desa) yang berada pada kawasan rawan bencana I, yaitu: desa-desa yang berada di bagian selatan, karena bukaan kawah yang cenderung mengarah ke bagian selatan, sehingga banyak sungai yang berhulu dari puncak. Sedangkan perkampungan lain umumnya terletak pada daerah pergunungan yang berjarak lebih dari 6km dari pusat erupsi dan relatif aman terhadap bahaya aliran, namun masih ada kemungkinan dapat terjangkau oleh jatuhan piroklastik, yang diperkirakan dapat mencapai 8km dari pusat erupsi.

Inventarisasi sumber daya gunung api[sunting | sunting sumber]

Hasil erupsi Gunung Tandikat pada masa lampau banyak menghasilkan batuan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bahan bangunan, sebagai material dasar untuk pembangunan gedung, jalan raya dan keperluan lain. Selain itu dengan dipeliharanya hutan lindung di gunung Tandikat, yang memiliki sumber daya alam berupa cadangan air tanah, untuk irigasi, air minum di kota-kota dan kebutuhan lain. Banyak sungai kecil yang membelah lembah–lembah di Tandikat, mata air pun banyak ditemukan karena kondisi hutannya yang relatif terjaga.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Gunung Tandikat memiliki beberapa tempat yang dapat dijadikan objek tujuan wisata. Keadaan puncaknya yang banyak ditumbuhi oleh pohon dan semak-semak, dalam beberapa waktu akan memutus akses perjalanan sehingga kegiatan merintis jalan menuju puncak harus terus dilakukan. Selain itu pengunjung bisa menuruni kawah gunung, di dasar kawah terdapat beberapa lubang kepundan kecil yang mengeluarkan asap belerang serta berbunyi menderu. Dasar kawah ini cukup luas dan bisa untuk mendirikan tenda. Di samping itu juga terdapat telaga kecil yang airnya memiliki rasa belerang. Di sekitar Gunung Tandikat terdapat banyak air terjun, baik yang bersifat musiman maupun permanen. Sungai-sungai memiliki air yang jernih, nyaris tidak terdapat endapan lumpur di dalamnya. Kawasan hutan lindungnya merupakan tempat hidup banyak jenis hewan liar. Burung rangkong, simpai dan siamang akan mudah ditemui, terutama dalam perjalanan mendaki dari arah Lembah Anai Resort.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sumbar.bps.go.id Nama Gunung, Lokasi dan Tingginya Diarsipkan 2023-04-17 di Wayback Machine.
  2. ^ "Gunung Tandikek Bergejolak". RiauPos.co. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-28. Diakses tanggal 2022-09-23. 
  3. ^ "Gunung Tandikat Tempat Asyik Untuk Berpetualang di Sumatera Barat". KSMTOUR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-23. Diakses tanggal 23 September 2022. 
  4. ^ "Gunung Tandikat, Salah Satu Puncak Tri Arga Bumi Minang". gunung.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-27. Diakses tanggal 23 September 2022.